Tanggal:29 February 2024

Resep Pempek dan Cara Membuatnya, Dijamin Lezat!

Makanan pempek tentu sudah akrab terdengar di telinga kamu. Pempek sendiri adalah makanan khas dari daerah Palembang yang terkenal hingga penjuru negeri. Tapi, apakah kamu penasaran dengan cara membuatnya? Resep pempek terbilang cukup mudah dilakukan, loh. Kamu sebagai pecinta kuliner nusantara pasti sudah sangat lekat dengan makanan yang ini. Pempek bisa dibilang jajanan yang dapat dinikmati seluruh usia. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa sangat menyukai makanan ini. Pempek bisa kamu jumpai di mana saja. Bahkan, di lingkungan sekitar kamu pun pasti ada penjual pempek. Kamu juga wajib mempraktikkan resep pempek ini di rumah kamu, ya.

Resep pempek terbilang begitu mudah dipraktikkan di rumah. Kamu juga bisa memilih berbagai jenis pempek sesuai selera. Pempek tanpa bahan ikan ataupun menggunakan ikan bisa kamu padankan. Semuanya tergantung selera kamu, ya. Kamu bisa menambahkan paduan udang, ikan, bahkan abon sekali pun. Pempek memang jajanan yang sangat merakyat. Hampir semua orang suka dengan makanan lezat ini. Kamu bisa menyiapkan bahan dan mulai meracik pembuatan pempek. Resep pempek ini bisa kamu coba sendiri dan dijamin lezat pastinya. Yuk, simak resep dan cara pembuatannya!

Baca juga: 7 Makanan Khas Jawa Tengah, Bikin Kamu Doyan!

1. Resep Pempek Palembang

Bahan-bahan :

250 gram ikan tengiri

180 gram tepung tapioka

3 sdm tepung terigu

180 ml air es

5 siung bawang putih, dihaluskan

1 butir telur (ambil putihnya)

4 butir kuning telur (untuk isian pempek selam)

1 sdt gula

Garam

Bahan Kuah Cuko :

3 batok gula merah

700 ml air

1 sdm asam jawa

1 sdm gula pasir

3 siung bawang putih, dihaluskan

8 buah cabe rawit

2 sdt ebi, dihaluskan

1 sdt gula pasir

Cara Membuat :

1. Haluskan ikan tengiri dengan food processor atau peralatan dapur lainnya.

2. Campur daging ikan yang sudah dihaluskan dengan bawang putih, tepung tapioka, tepung terigu, dan 1 putih telur. Uleni sambil diberi air es sedikit demi sedikit sampai adonan mudah dibentuk.

3. Ambil adonan secukupnya lalu bentuk bulat. Kemudian beri cekungan, isi dengan kuning telur, dan tutup pinggirannya.

4. Rebus adonan pempek yang sudah dibentuk sampai mengapung.

5. Untuk membuat kuah cuko, didihkan gula jawa dan air. Lalu masukkan gula pasir, garam, asam jawa, ebi, dan cabai yang sudah dihaluskan. Didihkan lalu saring kuahnya.

6. Selamat menikmati sajian pempek dengan kuah cuko. Kamu juga bisa menambahkan irisan mentimun supaya lebih lezat lagi pastinya.

Baca Juga : 10 Oleh-Oleh Kekinian Khas Semarang Yang Wajib Dicoba, Ada Lumpia?

2. Pempek Kukus tanpa Ikan

Bahan-bahan :

200 gram tepung sagu

100 gram tepung terigu

1 sdt kaldu jamur

1/2 sdt gula pasir

2 siung bawang putih halus

220 ml air mendidih

1 butir telur ayam

Cara Membuat :

1. Campur tepung terigu, bawang putih, kaldu jamur, dan gula. Lalu kamu bisa menuang air sedikit demi sedikit. Diamkan hingga adonan mencapai suhu ruangan.

2. Tambahkan telur dan aduk hingga rata.

3. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit ke adonan sambil kamu uleni.

4. Gulung adonan bulat memanjang atau bisa juga kamu tuang langsung ke loyang. Bentuk pempek bisa disesuaikan dengan kesukaan kamu, ya.

5. Panaskan kukusan.

6. Kukus pempek selama kurang lebih 30 menit.

7. Pempek yang sudah dikukus bisa kamu goreng sesuai selera.

Baca juga: 10 Makanan Khas Surabaya!

Resep pempek di atas wajib banget kamu coba! Pempek yang kamu buat dijamin lezat dan enak pastinya. Kamu bisa menyajikan pempek sebagai makanan camilan, loh. Pempek juga bisa kamu nikmati di siang maupun sore hari. Ya tentu saja sebagai teman penunda lapar. Resep pempek ini bisa kamu buat dengan bahan sederhana. Kamu bisa menyajikannya dengan kombinasi pelengkap lainnya. Pempek bisa disantap tanpa kuah cuko juga, loh. Semuanya sesuaikan dengan selera kamu. Selamat mencoba!

Dan bagi kamu yang ingin lebih mahir membuat pempek, bisa mengikuti kursus dari Vocasia. Kursus online aneka usaha pempek dapat membantu kamu lebih dalam menguasai bidang usaha kuliner ini. Kamu akan didampingi langsung oleh instruktur ahli dibidangnya loh. Yuk, buruan upgrade kemampuan usaha kuliner pempek kamu bersama Vocasia!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *