Tanggal:14 June 2024

10 Makanan Khas Surabaya!

Di provinsi Jawa Timur, banyak sekali kota-kota besar yang memiliki kuliner yang berlimpah. Kota Malang, Banyuwangi dan masih banyak lagi. Kali ini, kita akan membahas makanan khas kota Surabaya! Kota Surabaya sendiri memiliki banyak sekali hidangan kuliner, mulai dari hidangan pembuka, utama dan penutup. Kota yang juga disebut sebagai kota pahlawan ini pastinya memiliki makanan-makanan khas yang wajib kamu coba jika sedang mengunjungi Surabaya! Jadi, ada apa saja ya makanan-makanan khas dari si kota Pahlawan? Yuk kita simak bareng!

1. Rawon

Rawon
Rawon. Photo: Unilever Food Solutions

Makanan utama yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Surabaya. Tidak hanya di kota itu, hampir semua masyarakat Indonesia pasti tahu hidangan satu ini yang berwarna hitam pada kuahnya, dan memiliki daging sapi yang super empuk dan lezat. Rawon yang berasal dari kota Surabaya ini memiliki komposisi bahan seperti daging, jeruk nipis, serai, jahe, dan masih banyak lagi! Kamu juga dapat hidangkan menu makanan yang satu ini dengan sepiring nasi, kerupuk emping, telur asin, dan sambal.

Baca Juga :

15 Makanan Khas Lebaran

Makanan Khas Solo Yang Wajib Kamu Coba!

2. Soto Gubeng

Soto Gubeng
Soto Gubeng. Photo:

Kamu sudah pernah mencicipi Soto Gubeng belom? Soto yang juga berasal dari kota Surabaya ini adalah makanan khas yang orang Surabaya minati, terutama makanan soto atau kuah sejenisnya. Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat Soto Gubeng sendiri adalah ayam fillet, sereh, daun salam, daun jeruk, kaldu bubuk, garam dan juga air. Kalau kamu sedang berkunjung di Surabaya, wajib banget nih cobain Soto Gubeng!

Baca Juga:

Pengertian dan Jenis-Jenis UMKM

Daftar Makanan Untuk Melancarkan Pencernaan

3. Tahu Tek

Tahu Tek
Tahu Tek. Photo: Qoechingphie

Tahu Telor? Bukan! Hidangan kuliner yang satu ini memang mirip dengan tahu telor, tetapi ini namanya Tahu Tek. Makanan yang pastinya berasal dari Surabaya ini adalah makanan khas tradisional di daerah tersebut. Dengan komposisi bahan seperti lontong, kentang, toge, tahu, dan juga telur. Penutupan dalam pembuatan Tahu Tek adalah bumbu kacang yang disiram diatas bahan-bahan semua tadi, jadi deh Tahu Tek yang siap disantap! Kamu sudah cobain?

Baca Juga | Daftar Makanan Khas Jawa Tengah, Lezat!

Baca Juga | Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

4. Rujak Cingur

Rujak Cingur
Rujak Cingur. Photo: Madiun Pos

Rujak? Asem Dong? Tidak dengan yang satu ini! Istilah dari nama makanan ini adalah cingur yang berarti mulut. Rujak Cingur memiliki komposisi bahan seperti sayuran, mulut sapi, dan lain-lain. Bumbu dari hidangan ini sendiri yang membuat rasa menjadi sangat unik dan khas Surabaya banget lho! Jangan lupa cicipi hidangan yang satu ini kalau kamu lagi di Surabaya ya!

Baca Juga :

10 Oleh-Oleh Kekinian Khas Semarang

6 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

5. Lontong Balap

Lontong Balap
Lontong Balap. Photo: Lontong Balap – Asli Pak Gendut

Kalau kamu pecinta lontong, wajib banget cobain hidangan kuliner khas Surabaya yang satu ini. Lontong Balap adalah hidangan yang berbasis bahan lontong tentunya dan juga toge, tahu goreng, saus tiram, dan sambal petis. Nama dari hidangan ini sendiri memiliki cerita, karena para penjual lontong selalu berbalap-balapan untuk menempati posisi jualan di pasar yang menjual hidangan ini. Unik juga ya ceritanya!

Baca Juga :

21 Bisnis Ide Kuliner Di Pagi Hari

13 Peluang Usaha Makanan Paling Laris

6. Sego Sambel

Sego Sambel. Photo: Traveloka

Para pecinta pedas, pastinya harus cobain yang namanya Sego Sambel. Hidangan khas Surabaya ini terkenal dengan rasa pedasnya yang pastinya diminati banyak penggemar kuliner dengan rasa-rasa pedas. Hidangan ini memiliki komposisi bahan yaitu nasi, telur dadar, kedelai goreng, tempe, ayam atau daging, dan juga tahu. Konon, hidangan ini bikin kamu nagih banget karena sambalnya yang benar-benar pedas dan gurih banget pas kamu santap. Kamu yang suka pedas wajib banget cobain ini!

Baca Juga | Makanan Berwarna Biru yang Bikin Moodmu Naik

Baca Juga | Buah Asal Indonesia yang Mendunia

7. Pohong Tata

Pohong Tata
Pohong Tata. Photo: Pergi Kuliner

Pohong Tata adalah makanan khas Surabaya yang berbahan dasar Singkong. Pastinya, bahan-bahan lainnya yang dibutuhkan untuk Pohong Tata seperti pemanis untuk menambah rasa Singkongnya lebih enak, gurih dan lezat yaitu bubuk asinan atau manis-manis sesuai kemauan kamu! Sederhananya, Pohong Tata juga dapat kamu sebut sebagai Singkong Goreng. Kamu sudah cobain Pohong Tata di Surabaya?

Baca Juga :

4 Tips dan Saran Untuk Usaha Branding Makanan

10 Ide Jualan Makanan Pedas

8. Lontong Kupang

Lontong Kupang
Lontong Kupang. Photo: Kupang Khas Sidoarjo

Warga Sidoarjo pasti sudah tidak asing dengan hidangan yang satu ini. Lontong Kupang adalah makanan khas tradisional Sidoarjo yang berbahan dasar kerang laut. Bentuk dari kerang laut ini sangat kecil dan berwarna putih. Kamu juga dapat menemukan hewan ini di daerah pinggir pantai atau lumpur air asin. Kalau kamu sedang berkunjung ke Sidoarjo, wajib banget nih buat cobain Lontong Kupang. Awas aja sampe ketagihan ya!

Baca Juga | Cara Ternak Udang di Rumah

Baca Juga | Oleh-Oleh Kekinian Khas Semarang

9. Kepiting Surabaya

Kepiting Surabaya
Kepiting Surabaya. Photo: Travelling Yuk

Seafood Lovers mana nih suaranya? Karena makanan khas Surabaya yang satu ini cocok banget buat kamu yang suka makanan seafood! Kepiting Surabaya dikenal dengan rasanya yang super lezat dan porsinya yang sangat cukup banget untuk kamu dan teman, keluarga dan kerabat untuk disantap bareng-bareng. Yuk cobain Kepiting Surabaya!

Baca Juga :

8 Makanan Yang Wajib Kamu Coba

Bisnis Franchise Kebab Monster

10. Sate Karak

Sate Karak
Sate Karak. Photo: Dimana Aja

Hidangan kuliner terakhir yang berasal dari Surabaya ini salah satu paling unik dari hidangan-hidangan lainnya. Pada saat kamu mendengarkan nama dari hidangan ini, Sate Karak mungkin dipikiranmu adalah nasi basi atau nasi yang sudah keras. Tetapi, Sate Karak adalah hidangan yang terbuat dari usus, gajih, sate jeroan dan dihidangkan dengan nasi ketan hitam. Kamu yang ingin makanan unik dan lezat, yuk cobain Sate Karak!

Setelah melihat semua makanan-makanan khas Surabaya dalam list kali ini, makanan mana saja yang sudah kamu coba dan belum coba?

Baca Juga | Daftar Toko Roti di Semarang

Baca Juga | Aplikasi yang Mendukung UMKM

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *