Tanggal:24 July 2024

6 Cara Jitu Mempertahankan Pelanggan, Dijamin Tidak Akan Kabur!

Cara jitu mempertahankan pelanggan di tokomu.

Di dalam mengembangkan bisnis, salah satu masalah yang seringkali dihadapi oleh para pembisnis adalah bagaimana cara mendapatkan dan mempertahankan pelanggan. Apalagi khususnya untuk para pembisnis muda yang baru saja memulai bisnisnya tersebut. Mendapatkan dan mempertahankan pelanggan dirasa cukup sulit bagi mereka. Jika keadaan demikian terus berkelanjutan, tak mendapatkan pelanggan dan tak ada pembelian yang masuk, yang ada bisnis mereka tersebut akan terancam untuk gulung tikar. Lalu, apa yang harus mereka lakukan? Tentunya, dengan meningkatkan promosi menjadi salah satu jalan untuk mengatasinya. Namun, bagaimana jika promosi telah dilakukan, tetapi hanya berdampak kecil dan tak bisa mempertahankan pelanggan karena adanya produk saingan sejenis yang jauh lebih menarik? Nah, mungkin dengan mengikuti cara-cara jitu mempertahankan pelanggan berikut, permasalahan yang dialami di atas dapat terselesaikan. Tanpa banyak basa-basi lagi, berikut cara-caranya untukmu.

1. Produk Harus Berkualitas Baik

Cara jitu mempertahankan pelanggan di tokomu #1 adalah produk harus berkualitas baik.
Cara jitu mempertahankan pelanggan di tokomu #1 adalah produk harus berkualitas baik. Sumber: Pexels

Cara mempertahankan pelanggan #1 yang harus kamu lakukan adalah produk yang kamu jual haruslah berkualitas. Tidak ada pelanggan yang ingin membeli dan berlangganan di toko yang menjual produk dengan kualitas jelek. Oleh karena itulah, produk yang kamu jual harus memiliki kualitas baik, dengan desain menarik minat pembeli dan sesuai tren.

2. Tetapkan Standar Pelayanan yang Baik

Cara jitu mempertahankan pelanggan di tokomu #2 adalah selalu bersikap ramah dengan pelanggan tersebut.
Cara jitu mempertahankan pelanggan di tokomu #2 adalah selalu bersikap ramah dengan pelanggan tersebut. Sumber: Pexels

Cara mempertahankan pelanggan #2 yang juga harus kamu lakukan adalah menetapkan standar pelayanan yang baik. Pelayanan yang ramah dan cepat tentunya akan membuat pelanggan betah untuk berbelanja di tokomu tersebut. Untuk itulah, latih karyawanmu untuk bersikat ramah dan baik pada pelanggan, serta untuk membalas pesan pelanggan secepat mungkin ya!

Baca Juga: Cara Menarik Pelanggan untuk Membeli Produk Kita

3. Adakan Giveaway untuk Pelanggan Tetap

Cara jitu mempertahankan pelanggan di tokomu #3 adalah adakan giveaway.
Cara jitu mempertahankan pelanggan di tokomu #3 adalah adakan giveaway. Sumber: Pexels

Cara mempertahankan pelanggan #3 yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mengadakan giveaway pada pelanggan-pelanggan tetapmu. Sesekali, adakan giveaway salah satu produk yang tokomu jual. Adanya pengadaan giveaway tersebut tentunya dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap usahamu.

4. Berikan Diskon, Gratis Ongkir, Voucher

Cara jitu mempertahankan pelanggan di tokomu #4 adalah dengan memberikan diskon.
Cara jitu mempertahankan pelanggan di tokomu #4 adalah dengan memberikan diskon. Sumber: Pexels

Cara mempertahankan pelanggan #4 yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan diskon, gratis ongkir, ataupun voucher. Tak ada pembeli ataupun pelanggan yang tak menyukai ketiga hal tersebut. Oleh karena itu, untuk mendapatkan loyalitas mereka, sering-seringlah memberikan diskon, gratis ongkir, ataupun voucher untuk setiap kali pembelian. Nah, untuk menghindari adanya kerugian yang bisa saja kamu dapatkan, kamu bisa memberikan diskon, gratis ongkir, ataupun voucher ini dengan berbagai ketentuan yang berlaku.

5. Jalin Hubungan dengan Pelanggan

Cara jitu mempertahankan pelanggan di tokomu #5 adalah dengan menjalin hubungan yang erat dengan pelanggan tersebut.
Cara jitu mempertahankan pelanggan di tokomu #5 adalah dengan menjalin hubungan yang erat dengan pelanggan tersebut. Sumber: Pexels

Cara mempertahankan pelanggan #5 yang juga bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan menjalin hubungan dengan pelanggan. Bagaimana maksudnya? Komunikasi tidak hanya kamu lakukan ketika pelanggan ingin membeli produk kamu saja. Jalin komunikasi yang berkelanjutan juga ketika pelanggan telah membeli produknya. Misalnya saja dengan kamu menanyakan kualitas produk, kepuasaan pelangga, review produk dan lain sebagainya. Selain itu, jalin hubungan yang erat dengan para pelangganmu, misalnya dengan sering membuat postingan yang membutuhkan komunikasi dua arah antara kamu dan pelanggan seperti QnA, dan lain sebagainya.

6. Buat Transaksi Lebih Mudah

Cara jitu mempertahankan pelanggan di tokomu terakhir adalah dengan membuat transaksi pembeli menjadi mudah.
Cara jitu mempertahankan pelanggan di tokomu terakhir adalah dengan membuat transaksi pembeli menjadi mudah. Sumber: Pexels

Nah, cara mempertahankan pelanggan terakhir yang bisa kamu lakukan juga adalah dengan membuat transaksi lebih mudah. Banyak para pembeli yang tertarik untuk membeli produkmu dan berlangganan akhirnya menggagalkan niat mereka karena adanya transaksi atau proses pembelian yang ribet. Untuk itulah, kamu harus membuat transaksi pembelian di tokomu tersebut menjadi lebih mudah dan sederhana ya!

Untuk kamu yang ingin menjadi pengusaha sukses dengan usahamu itu juga semakin besar, serta dapat menjangkau dan mempertahankan banyak pelanggan, yuk ikuti kursus Kiat Menjadi Pengusaha Sukses yang diadakan oleh Vocasia ini. Di dalam kursus tersebut, kamu akan diajarkan bagaimana melipatgandakan usahamu, membangun sistem usaha yang kokoh yang menjamin kelangsungan usaha, menyiapkan strategi ketika menghadapi masa kritis usaha, merencang pengembangan usaha, hingga strategi penjualan dan pemasaran yang efektif, dan lain sebagainya. Dengan didampingi mentor berpengalaman yang telah berkecimpung di dunia pemasaran, digital marketing, dan sebagainya selama kurang lebih 18 tahun, tentunya kamu akan sangat rugi jika tak segera mendaftar di kelas tersebut.

Segera daftar kursus online ini, sebelum kehabisan. Nah, kamu bisa mendapatkan kurus tersebut di sini. Jangan sampai kelewatan dan menyesal karena tidak mengikuti kursus tersebut ya! Ayu buat bisnismu semakin maju dan pelangganmu betah berbelanja dengan ikuti kursus ini sekarang juga, diskon 72% juga loh! Sayang kalau dilewatkan!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *