Tanggal:21 June 2024

12 Cara Menarik Pelanggan untuk Membeli Produk Kita, Dijamin Langsung Banjir Order!

Cara menarik pelanggan untuk membeli produk.

Apakah kamu merasa bahwa bisnis yang kamu dirikan terbilang lesu dengan minimnya pembelian yang masuk? Jika demikian, mungkin kamu harus menengok ke belakang terlebih dahulu untuk mengetahui kesalahan atau kekeliruan apa yang telah dilakukan sehingga menyebabkan sepinya pembeli tersebut, nih. Nah, darinya jika kamu sudah mengetahui akar permasalahan yang menyebabkan hal itu, kamu bisa segera membenahinya. Sepinya pembelian yang masuk memang kerap dialami oleh para usahawan, apalagi untuk mereka yang baru saja mendirikan bisnisnya tersebut. Tentu saja ekspetasi langsung laku dan mendatangkan banyak pelanggan tak bisa langsung diwujudkan, apalagi keinginan untuk menandingi usaha lain yang telah berdiri puluhan tahun. Dibutuhkan waktu dan kerja keras untuk mewujudkan hal tersebut. Lalu, bagaimana jika usaha tersebut tetap sepi pelanggan padahal sudah berdiri cukup lama? Apakah itu tandanya bahwa kamu harus menyerah dan mengakhiri usahamu tersebut?

Nah, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mungkin kamu harus ‘menengok ke belakang’ terlebih dahulu untuk mengetahui akar permasalahan yang menyebabkan usahamu tersebut lesu. Setelahnya, kamu bisa langsung membenahinya, misalnya saja dengan menerapkan 12 cara menarik pelanggan untuk membeli produk yang kamu jual berikut ini. Dijamin dengan kamu merapkan cara menarik pelanggan ini, usahamu akan kebanjiran order atau pembelian. Langsung saja, tanpa banyak basa-basi, berikut beberapa caranya.

1. Produk Harus Berkualitas

Produk berkualitas.
Produk berkualitas. Sumber: Pexels

Cara #1 menarik pelanggan untuk membeli produk yang bisa kamu lakukan adalah menyediakan dan menjual produk yang tentunya harus berkualitas bagus. Tentunya tidak ada satu pun pelanggan yang ingin membeli sebuah produk yang memiliki kualitas jelek, bukan? Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa produk yang kamu jual memiliki kualitas bagus, sehingga bisa bersaing dengan produk yang sama di luaran sana.

Baca juga : 3 Usaha yang Cocok untuk Pemula, Tak Perlu Banyak Modal dan Mudah Menjalankannya!

2. Beri Harga yang Kompetitif

Harga kompetitif.
Harga kompetitif. Sumber: Pexels

Cara #2 menarik pelanggan untuk membeli produk yang kamu jual adalah dengan memberikan harga produk yang kompetitif. Dengan memberikan harga yang kompetitif di pasaran, apalagi ditambah dengan kualitas produkmu yang berkualitas bagus, tentu saja akan menarik minat konsumen untuk membelinya. Asalkan kamu harus memastikan bahwa harga produk tersebut telah sesuai dengan modal yang telah kamu keluarkan ya. Jangan biarkan dirimu rugi!

3. Produk Harus Memiliki Keunggulan

Produk lebih unggul.
Produk lebih unggul. Sumber: Pexels

Kamu ingin produkmu banyak dibeli, tapi produk tersebut tak memiliki satu pun keunggulan dan tak memiliki daya saing dengan produk yang sama di luaran? Duh, jangan harap deh untuk konsumen membelinya, meliriknya saja mungkin tidak. Lalu, bagaimana dong? Tentu saja, kamu harus selalu mengupgrade produkmu menjadi jauh lebih baik dengan berbagai keunggulan yang tidak disediakan oleh produk lain! Adanya berbagai keunggulan tersebut tentunya akan menarik pelanggan untuk membelinya. Buat produkmu semenarik mungkin!

4. Gunakan Copywriting yang Menggugah

Buat copywriting yang menarik.
Buat copywriting yang menarik. Sumber: Pexels

Cara #4 untuk menarik pelanggan membeli produk yang kamu jual selanjutnya adalah dengan menggunakan copywriting yang menggugah. Loh, maksudnya bagaimana? Salah satu strategi pemasaran paling efektif untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menggunakan copywriting. Copywriting sendiri adalah tulisan pendek yang mempromosikan produk secara persuasif. Misalnya saja: Beli sekarang sebelum kehabisan karena penawaran sangat terbatas!

5. Berikan Pencapaian Bisnis

Pencapaian bisnis.
Pencapaian bisnis. Sumber: Pexels

Cara menarik pelanggan untuk membeli produk yang kamu jual #5 adalah dengan memberikan pencapaian yang telah bisnismu dapatkan. Loh, apa hubungannya dengan peningkatan pembelian? Coba pikirkan. Mana ada konsumen yang tertarik membeli di toko yang tak jelas kredibilitasnya, bukan? Oleh karena itu, berikan pencapaian-pencapaian yang telah bisnismu tersebut raih, misalnya saja pembelian yang telah mencapai ratuan ribu atau peringkat pertama dalam produk baju, dan lain sebagainya.

6. Berikan Testimoni Pelanggan

Testimoni.
Testimoni. Sumber: Pexels

Banyak konsumen merasa kurang yakin untuk membeli sebuah produk apalagi jika di toko-toko online. Mereka takut jika produk tersebut akhirnya jelek, rusak, dan lain sebagainya. Nah, apa yang harus kamu lakukan? Tentu saja dengan memberikan testimoni untuk meyakinkan para konsumen tersebut. Lalu, bagaimana jika usahamu baru buka dan belum ada pembelian yang masuk? Dari mana testimoni tersebut harus kamu dapatkan? Kamu bisa memanfaatkan relasimu untuk membeli dan memberikan testimoni atau review pada produkmu tersebut.

7. Berikan Diskon, Promo, Cashback, atau Gratis Ongkir

Beri diskon dan lain sebagainya.
Beri diskon dan lain sebagainya. Sumber: Pexels

Cara menarik pelanggan untuk membeli produk yang kamu jual #7 adalah dengan memberikan diskon, promo, cashback, ataupun gratis ongkir. Pelanggan mana yang tak tertarik dengan banyaknya diskon dan sebagainya tersebut? Nah, untuk meningkatkan penjualan, kamu juga bisa menerapkan cara ini, Vocasioners. Kamu bisa menyediakan potongan harga, cashback berupa koin, voucher-voucher, dan lain sebagainya.

8. Konsisten Berpromosi

Konsisten berpromosi.
Konsisten berpromosi. Sumber: Pexels

Cara #8 menarik pelanggan untuk membeli produk yang bisa kamu lakukan adalah dengan rajin berpromosi. Kamu ingin produkmu laku dibeli, tapi malas untuk melakukan promosi? Duh, pupuskan saja keinginanmu tersebut, deh! Manfaatkan seluruh media sosialmu, relasi, keluarga untuk melakukan promosi ini!

9. Berikan Informasi Produk yang Lengkap

Informasi produk.
Informasi produk. Sumber: Pexels

Banyak pelanggan tertarik untuk membeli produk yang kamu jual tapi urung karena kurangnya informasi mengenai produk yang dijual tersebut. Oleh karena itu, cara menarik pelanggan untuk membeli #9 adalah dengan memberikan informasi selengkap mungkin mengenai produk yang kamu jual ya!

10. Berikan Free Trial

Free trial.
Free trial. Sumber: Pexels

Cara #10 menarik pelanggan untuk membeli produk yang bisa diterapkan olehmu dalam menjalankan usahamu adalah dengan memberika free trial atau percobaan. Biasanya cara ini dilakukan oleh mereka yang menjalankan usaha secara offline. Banyak pelanggan merasa ragu untuk membeli karena ketakutan bahwa rasa atau ukuran yang ada pada produk tidak cocok dengan mereka. Untuk itulah berikan waktu untuk mereka mencobanya.

11. Selalu Responsif

Responsif.
Responsif. Sumber: Pexels

Cara #11 menarik pelanggan untuk membeli produk yang kamu jual adalah dengan selalu responsif pada setiap pesan masuk. Biasannya pelanggan akan meninggalkan jejak komentar atau pesan yang menanyakan informasi mengenai produk yang kamu jual. Nah, usahakan untuk cepat membalasnya ya!

12. Sediakan Layanan Pengiriman yang Cepat

Layanan pengiriman yang cepat.
Layanan pengiriman yang cepat. Sumber: Pexels

Cara menarik pelanggan untuk membeli produk yang kamu jual selanjutnya adalah dengan menyediakan layanan pengiriman yang cepat. Banyak orang akhirnya menggagalkan pembeliannya karena pengiriman yang lama dan lambat. Oleh karena itulah, salah satu cara untuk meningkatkan angka pembeli adalah dengan menyediakan layanan pengiriman yang cepat dan tentunya memuaskan pembeli.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *