Tanggal:22 June 2024

8 Rekomendasi Buku Copywriting Terbaik untuk Pemula

Dalam dunia pemasaran digital, copywriter menjadi salah satu profesi yang banyak dibutuhkan. Copywriter memiliki peran vital dalam strategi pemasaran untuk menentukan tindakan yang akan dilakukan audiens setelah membacanya. Jika tertarik menjadi seorang copywriting, kamu mungkin perlu membaca rekomendasi buku copywriting yang bisa dipelajari.

Copywriting dinilai menjadi peran penting dalam suksesnya sebuah brand. Copywriting menjadi salah satu strategi terbaik bagi produk dan layanan agar bisa sampai ke audiens secara efektif dan menarik. Caranya adalah dengan menciptakan konten dan tulisan. Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika menulis konten, seperti pemilihan kata-kata dalam berbagai jenis tema pemasaran.

Jika kamu tertarik menjadi seorang copywriter, tak ada salahnya memulai dengan membaca buku yang bisa menambah wawasan dan dapat lebih mengerti tentang apa yang kamu minati, berikut adalah beberapa referensi buku copywriting terbaik yang wajib kamu baca.

8 Rekomendasi Buku Copywriting untuk Pemula

1. Persuasive Copywriting: Sebuah Seni Menjual Melalui Tulisan (2020): Febri Asiani

Persuasive Copywriting Sebuah Seni Menjual Melalui Tulisan (2020): Febri Asiani (Image: Goodreads)

Copywriting merupakan komponen dari iklan yang tidak dapat berdiri sendiri atau dipisahkan dari komponen lainnya. Jika iklan memadukan unsur kreativitas antara tulisan, frasa, bahasa, ilustrasi, baik berupa gambar, audio, atau video, maka copywriting merupakan narasi atau produk tulisan yang digunakan pada iklan tersebut.

Copywriting dapat diartikan sebagai bahasa tulisan atau naskah yang digunakan dalam sebuah iklan. Penggunaan bahasa pada iklan promosi dan penjual harus dibuat menarik, menggunakan pendekatan komunikasi yang baik dan akrab, bahkan menyentuh sisi emosional dari calon konsumennya. Aspek emosional bertujuan untuk menarik simpati, rasa suka, kagum, bahkan kebanggaan terhadap suatu produk.

Kekuatan bahasa dinilai mampu mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk berdasarkan kebanggaan konsumen terhadap produk tersebut. Bukan tidak mungkin seseorang membeli suatu produk dengan alasan kecintaan yang sifatnya cenderung subjektif.

Membuat sebuah tulisan untuk mengiklankan produk tentu harus mengikuti dan memahami aturan yang berlaku. Buku Persuasive Copywriting yang ditulis oleh Febri Asiani ini akan memandu Anda mulai dari bagaimana menggabungkan keterampilan dan kreativitas dalam memadukan pilihan kata yang dikemas dengan menarik sehingga memiliki nilai persuasi yang tinggi. Melalui buku ini Anda juga akan banyak belajar bagaimana caranya menyentuh sisi emosional audiens ketika melihat kampanye atau tulisan yang Anda buat.

2. Kopiraiting: Sebuah Seni Menulis untuk Menjual (2021): Rianto Astono

Kopiraiting: Sebuah Seni Menulis untuk Menjual (2021): Rianto Astono (Image: Goodreads)

Buku Kopiraiting karya Rianto Astono berisi 190 halaman dengan 12 bab.Copywriting yang dibaca dengan dialek Indonesia yaitu kopiraiting merupakan pengantar sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai copywriting. Penulis buku ini adalah internet marketing Indonesia yang sudah lama terjun di dunia internet marketing. Selain itu, beliau juga membuat tools copywriting, yaitu flashcopy yang bermanfaat bagi seorang copywriter.

Buku ini dapat dikatakan sebuah paket komplit” karena isinya sangat rinci, mulai dari pengenalan copywriting, langkah-langkah hingga template copywriting siap pakai yang bisa dipelajari dan digunakan kapanpun untuk produk yang hendak diiklankan. Dalam buku ini juga Anda akan belajar bagaimana cara membuat tulisan yang lebih baik dan lebih cepat disertai latihan-latihan praktis. Selain itu, Anda juga dapat menganalisa dan menemukan faktor paling menjual dari produk yang hendak diiklankan.

Baca Juga| Headline: Pengertian, Fungsi Dan Cara Menulisnya Agar Menarik Dalam Copywriting

3. The Idea Writers (2010): Teressa Lezzi

The Idea Writers (2010): Teressa Lezzi (Image: Goodreads)

Daftar rekomendasi buku copywriting selanjutnya adalah The Idea Writers yang diterbitkan tahun 2010, buku ini ditulis oleh Terresa Lezzi. The Idea Writer memberikan gambaran tentang pengalaman orang yang berprofesi sebagai copywriter, melalui proses pembuatan cerita yang menjual untuk audiens.

Buku ini akan memberikan penggambaran tentang realita bisnis copywriting, gambaran mengenai pengalaman storytelling, dan copywriting mereka. Buku ini dapat memberikan pemahaman yang menarik kepada pembaca tentang bagaimana bisnis periklanan bekerja hingga bagaimana mengubah ide kreatif menjadi sebuah konten yang menjual.

Selain itu, buku ini juga berisi kumpulan interview dengan tokoh ternama pada dunia periklanan internasional, seperti David Droga, Rick Webb, Mike Hugnes, dan lainnya.

4. Wired for Story (2012): Lisa Cron

Wired for Story (2012): Lisa Cron (Image: Goodreads)

Cara terbaik untuk menyampaikan pesan secara efektif akan berkaitan erat dengan kemampuan storytelling yang baik. Dengan memasukkan alur cerita ke dalam tulisan yang dibuat, dipercaya lebih mampu menarik perhatian pembaca.

Buku ini berisi tentang bagaimana cara menarik perhatian audiens, mengulas pentingnya emosi saat memberi pesan pada sebuah tulisan, dan meningkatkan engagement dari konten yang dibuat. Selain itu, buku ini juga memberi pengetahuan tentang pentingnya menulis secara detail dan bagaimana membuat narasi yang mampu menarik perhatian pembaca.

5. Everybody Writes (2014): Ann Handley

Everybody Writes (2014): Ann Handley (Image: Goodreads)

Selanjutnya adalah buku yang berjudulEverybody Writes karya Ann Handley. Buku Everybody write merupakan buku yang terbilang sederhana, karena didalamnya terdapat cara sederhana bagaimana para pembuat konten menjadi penulis dan pembicara yang handal. Beberapa hal membahas tentang step by step membuat konten editorial yang bukan hanya menarik, tetapi juga mampu membangun kepercayaan dengan audiens.

Buku ini banyak mengulas seputar pembuatan konten secara online yang berupa tata bahasa sesuai aturan yang mudah dimengerti, serta mengatur konten. Penulis buku ini juga memberikan panduan mulai dari strategi, pembuatan, produksi, hingga publikasi konten yang dapat diterima audiens. Mulai dari menggunakan media website, blog, email, dan sosial media populer lainnya.

Ann Handley berhasil memberikan pembaca insight modern tentang penulisan konten yang menarik, bermanfaat, memiliki empati, dan menginspirasi audiens.

Baca Juga| Ini Lho Contoh Copywriting Untuk Promosi Event Yang Menarik Dan Terbaru!

6. Easy Copywriting: Contek Abis, Sampai Laris (2015): Dewa Eka Prayoga

Easy Copywriting: Contek Abis, Sampai Laris (2015): Dewa Eka Prayoga (Image: Goodreads)

Seorang internet marketing pasti sudah tidak asing dengan penulis buku ini. Dewa Eka Prayoga yang biasa dikenal sebagai Dewa Selling menerbitkan buku Easy Copywriting. Buku ini menjelaskan bagaimana teknik atau cara meningkatkan omset penjualan dengan menggunakan bahasa. Dalam dunia bisnis online, ilmu ini menjadi hal vitar dan perlu dimiliki oleh semua pelaku bisnis.

Dalam buku ini penulis menyampaikan bagaimana cara mendapatkan omset ratusan bahkan miliaran rupiah hanya dengan modal kata-kata. Bahasa yang digunakan dalam buku ini juga mudah dimengerti sehingga sangat mudah dicerna, berisi strategi dan teknik menulis penawaran yang sudah terbukti berhasil. Buku ini akan sangat cocok bagi pembaca yang tidak mengetahui cara memulai bisnis, trauma dengan pengalaman bisnis yang gagal, belum bisa melakukan penawaran atau edukasi produk yang dijual, gagal membuat promosi yang efektif dan menarik, dan tidak memiliki atau bahkan salah target pemasaran.

7. The Adweek Copywriting Handbook (2006): Joe Sugarman

The Adweek Copywriting Handbook (2006): Joe Sugarman (Image: Goodreads)

Rekomendasi buku copywriting selanjutnya adalah The Adweek Copywriting Handbook karya Joe Sugarman. Bahasan dalam buku ini mudah dimengerti. Dalam buku panduan praktis ini, copywriter legendaris Joe Sugarman memberikan panduan yang telah terbukti dan saran ahli tentang apa yang diperlukan untuk membuat copywriting yang menarik, memotivasi, dan menggerakkan pelanggan untuk membeli. Buku ini adalah pendamping yang pas untuk Anda yang ingin memperdalam ilmu copywriting.

8. The Tall Lady With the Iceberg: The Power of Metaphor to Sell, Persuade & Explain Anything to Anyone (2012): Anne Miller

The Tall Lady With the Iceberg: The Power of Metaphor to Sell, Persuade & Explain Anything to Anyone (2012): Anne Miller (Image: Goodreads)

Buku selanjutnya berjudul The Tall Lady With the Iceberg. Buku ini memberikan informasi dan gambaran yang berasal langsung dari pandangan Anne Miller sebagai penulis. Anne Miller fokus membahas pola komunikasi bisnis yang efektif saat memasarkan sebuah produk atau layanan. 

Dalam buku ini, Anne Miller memberikan pelajaran mengenai metafora yang dapat membantu pembaca memahami konsep atau ide abstrak yang ingin sebuah brand sampaikan. Buku ini akan membantu seorang copywriter untuk membuat metafora yang menarik perhatian, informatif, dan meyakinkan konsumen untuk membeli produk yang diiklankan.

Baca Juga| Yuk Ketahui Tentang Copywriting Dan Contohnya

Copywriting menjadi salah satu komponen penting dalam memasarkan sebuah brand pada era digital seperti sekarang ini. Demikian beberapa rekomendasi buku copywriting terbaik untuk dipelajari copywriter pemula. Pastikan Anda membacanya dengan serius, tidak perlu terburu-buru yang penting memahami setiap isi yang disampaikan buku-buku tersebut. Semoga bermanfaat.

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *