Tanggal:21 February 2024

8 Cara Memulai Bisnis Baju Import dari Korea hingga China!

Memulai bisnis baju import.

Di samping pangan dan papan, kebutuhan primer lain yang dimiliki oleh manusia adalah sandang atau berpakaian. Manusia membutuhkan pakaian setiap harinya. Untuk itulah kegiatan berbelanja kerap dilakukan oleh mereka guna memenuhi kebutuhan primernya tersebut. Fungsi utama dari berpakaian itu sendiri adalah untuk menutupi tubuh, meskipun begitu tak lantas menjadikan seni dan kesan artistik dari pakaian tersebut hilang. Justru kadang kala, seseorang membeli pakaian hanya karena model pakaiannya yang lucu dan menggemaskan. Apalagi dengan adanya demam KPOP ataupun K-Drama, orang-orang berbondong-bondong menjadi tertarik dan memiliki minat tinggi pada model pakaian yang lucu dari negeri gingseng itu. Permasalahannya datang ketika mereka tak mungkin harus terbang ke Korea hanya untuk membeli baju yang sama lucunya dengan yang idola mereka gunakan tersebut. Lalu, apa yang harus mereka lakukan? Bagaimana caranya agar kebutuhan mereka tersebut dapat terpenuhi?

Nah, mungkin fenomena atau permasalahan di atas bisa menjadi idemu memulai bisnismu sendiri. Kamu bisa memulai bisnis baju import, nih. Apalagi dengan minatnya anak muda pada model-model pakaian dari Korea tersebut, mungkin kamu bisa memulai baju import dari Korea juga! Lalu bagaimana caranya import baju dari Korea atau negeri lain? Berikut akan dijelaskan secara lengkap mengenai cara memulai bisnis baju import.

1. Lakukan Riset Pasar

Lakukan riset pasar dan target.
Lakukan riset pasar dan target. Sumber: Pexels

Cara memulai bisnis baju import yang pertama adalah dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Di dalam riset ini, kamu bisa melihat peluang dari usahamu tersebut, nih. Nah, cara meriset pasar ini yaitu dengan kamu melihat kebutuhan berpakaian yang seperti apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat, misalnya model baju yang banyak diinginkan. Di dalam riset ini, kamu juga bisa menentukan siapa sasaran pembeli yang akan kamu targetkan. Semisal di lapangan, banyak anak remaja yang menyukai dan membeli model baju seperti di Korea. Nah, dari riset tersebut, kamu bisa menentukan model baju yang akan dijual dan sasarannya sekaligus, nih! Dengan melakukan riset pasar ini, kamu dapat memahami dan memfasilitasi kebutuhan yang diinginkan masyarakat, jadi usahamu tersebut tak akan sepi pembeli. Coba bayangkan jika usahamu tersebut tanpa riset terlebih dahulu? Tentunya sepinya pembelian akan dialami.

2. Cari Tahu Brand Luar Negeri

Brand luar negeri.
Brand luar negeri. Sumber: Pexels

Nah, cara kedua ketika memulai bisnis baju import adalah mengenal lebih jauh mengenai brand-brand apa saja yang ada di luar negeri. Kamu bisa memulainya dengan mengenali brand terkenal dan branded yang berasal dari Korea dan negeri lainnya. Tujuan dilakukannya pengenalan terhadap brand luar negeri ini yaitu agar kamu tahu nilai dari brand tersebut. Hal itu dikarenakan banyak sekali produk-produk import yang terkenal ketika datang ke Indonesia justru peminatnya malah sedikit. Itu disebabkan karena kurangnya pengetahuan mengenai brand-brand terkenal dari luar negeri ini.

3. Beli di Supplier Terpercaya

Beli dari supplier terpercaya.
Beli dari supplier terpercaya. Sumber: Pexels

Setelah menentukan model pakaian yang akan dijual serta memahami brand-brand luar negeri, maka cara selanjutnya memulai bisnis ini adalah dengan membeli produknya di supplier-supplier terpercaya. Kamu bisa memulainya dengan mencari supplier tersebut di pasar-pasar seperti Pasar Senen, Tanah Abang, dan lain sebagainya. Nah, di saat pencarian produk ini, usahakan jangan ceroboh dan dengan tanpa perhitungan langsung membelinya. Lakukan proses double checking ketika ingin membelinya agar kualitas barang tersebut terjamin. Jangan terburu-buru ya!

4. Perhatikan Kualitas Barang yang Akan Dibeli

Perhatikan kualitas produk.
Perhatikan kualitas produk. Sumber: Pexels

Sebelum melakukan pembelian di supplier tersebut, kamu harus memperhatikan kualitas dari barang yang akan dibeli dengan cermat. Kamu harus meneliti dengan hati-hati setiap sisi dari produk tersebut. Pastikan apakah barang dalam keadaan baik, dan tidak ada yang rusak, bolong, atau jahitan yang tak rapih. Proses ini memang memakan waktu, tetapi hasil yang akan didapatkan tentunya akan sangat menjanjikan!

5. Tetapkan Harga yang Sesuai

Tetapkan harga yang sesuai.
Tetapkan harga yang sesuai. Sumber: Pexels

Selain kualitas, salah satu hal yang membuat pembeli seringkali maju dan mundur ketika ingin membeli suatu barang adalah harga yang dipatok oleh penjual. Banyak pembeli yang tak jadi melakukan proses pembelian karena harga yang dipatok oleh penjual sangat mahal. Oleh karena itu, usahakan agar harga yang dibenderol pada produk jualanmu tersebut tidak terlalu mahal ya!

6. Bersihkan Barang dan Foto

Bersihkan dan foto barang.
Bersihkan dan foto barang. Sumber: Pexels

Setelah berhasil menemukan produk yang bagus untuk dijual dengan harga yang sesuai, ini saatnya kamu untuk menjualnya kembali. Tetapi tunggu dulu! Sebelum menjualnya, tentu kamu harus mencucinya terlabih dahulu dan baru menggosoknya. Adapun setelah melakukan kedua hal tersebut, kamu masih harus menfoto produk tersebut. Usahakan agar tampilan foto produkmu tersebut menarik ya. Pastikan juga setiap sisi dari produk di foto agar pembeli juga dapat melihatnya.

7. Sediakan Laptop dan Koneksi Internet

Menyediakan laptop dan kuota.
Menyediakan laptop dan kuota. Sumber: Pexels

Saat ini, semua kegiatan dilakukan secara online. Salah satunya berjualan. Oleh karena itu, tak ada salahnya kamu juga ikut untuk menjual produkmu tersebut secara online. Nah, dengannya tentu kamu harus menyiapkan laptop atau ponsel, dan tentunya koneksi internet, nih.

8. Jual di Market Place atau Social Media

Gunakan online market place dan media sosialmu.
Gunakan online market place dan media sosialmu. Sumber: Pexels

Kamu sudah memutuskan untuk menjual produkmu secara daring, tetapi bingung ingin menjualnya kemana? Nah, kamu bisa nih memulainya dengan memaanfaatkan online market place yang tersedia di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, dan sebagainya. Kamu juga bisa memanfaatkan akun media sosialmu seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Unggah foto-foto yang telah kamu ambil di sini ya! Manfaatkan juga fitur-fitur iklan yang telah tersedia.

Nah, jika kamu ingin menjadi pengusaha sukses dengan usahamu itu juga semakin besar, ikuti kursus Kiat Menjadi Pengusaha Sukses yang diadakan oleh Vocasia ini. Di dalam kursus tersebut, kamu akan diajarkan bagaimana melipatgandakan usahamu, merencang pengembangan usaha, hingga strategi penjualan dan pemasaran yang efektif, dan lain sebagainya. Dengan didampingi mentor yang sangat berpengalaman, kamu bisa mendapatkan kurus tersebut di sini. Jangan sampai kelewatan dan menyesal karena tidak mengikuti kursus tersebut. Buat bisnismu semakin maju dengan ikuti kursus ini sekarang juga, diskon 72% juga loh!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *