Tanggal:15 May 2024

Selalu Waspada! Ini Dia 5 Cara Mencegah Kekerasan Seksual Pada Perempuan

Sebagai perempuan yang melakukan berbagai aktivitas di luar mungkin kita memiliki banyak kekhawatiran. Kita perlu tetap siaga dan harus selalu waspada, terlebih lagi karena banyaknya kasus kekerasan dan pelecehan seksual yang kerap kali terjadi di tempat umum. 

Kursus online IELTS Vocasia

Banyak oknum-oknum yang memanfaatkan segala kondisi dan kelemahan sehingga hal yang tidak diinginkan dapat terjadi walaupun di tempat umum. Untuk mencegah hal tersebut, sebagai perempuan hendaknya mengetahui beberapa cara mencegah kekerasan seksual saat berada dimana pun. Mari simak penjelasannya di bawah ini. 

Cara Mencegah Kekerasan Seksual pada Perempuan

Cara Mencegah Kekerasan Seksual pada Perempuan. Sumber: pexels.com

Dari banyaknya kasus pelecehan seksual yang terjadi pada perempuan, nyatanya masih banyak korban kekerasan dan pelecehan seksual yang enggan melapor. Mereka malah cenderung menyalahkan diri sendiri. Akibatnya, kasus ini bukannya menurun justru sebaliknya makin bermunculan karena kurangnya pemahaman dan penanggulangan atas kejadian kekerasan dan pelecehan seksual yang terjadi. 

Memiliki tekanan sosial, malu, dan lemahnya hukum pelecehan seksual menjadi pemicu angka kasus kekerasan seksual yang masih tinggi. Atas beredarnya kejadian ini, korban pelecehan seksual merasa tersudutkan, tertekan, bahkan hingga depresi.

Namun, saat ini banyak gerakan-gerakan yang memperjuangkan hak perempuan untuk mendapatkan perlakuan yang sama. Lantas hal ini menghasilkan peringatan Hari Perempuan Sedunia setiap tanggal 8 Maret. Dalam rangka mendukung upaya tersebut, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pelecehan seksual pada perempuan. Simak baik-baik!

1. Berani dan Tegas dalam Menghadapi Sesuatu

Kekerasan dan pelecehan seksual dapat terjadi sekalipun di tempat umum yang ramai, sehingga kamu harus lebih waspada dan berjaga-jaga. Jika menemukan tanda-tanda yang janggal dan mencurigakan dari lawan jenis kamu ketika menggunakan transportasi umum, segera tegur pelaku agar tidak berulah dan mencari kesempatan di keramaian. 

Ketika kamu berhasil menunjukkan sikap tegas dan tidak takut dalam menolak kekerasan pelecehan, ini secara tidak langsung membuat pelaku menghapus niat jahat yang akan mereka lakukan. 

2. Perkaya Diri dengan Edukasi Seksual dan Pelecehan Seksual yang Tepat   

Bekali diri dengan pendidikan seksual adalah hal penting yang perlu kamu dapatkan. Dengan pendidikan seksual yang tepat, kamu sudah pasti memahami mana bagian tubuh yang bersifat pribadi. Edukasi ini dapat diberikan kepada orang di sekitarmu agar mereka sama-sama mampu mencegah niat jahat pelaku kekerasan dan pelecehan seksual.

Edukasi ini penting untuk membangun awareness terhadap publik karena bisa jadi di sekeliling kita belum memiliki edukasi seksual yang tepat sehingga mereka cenderung tidak peduli, takut, ataupun clueless mengenai kekerasan dan pelecehan seksual.  

3. Jangan Takut untuk Speak Up

Memendamnya sendiri hanya akan membuat diri tersiksa. Jika kamu mengalami kekerasan ataupun tindakan pelecehan seksual, sebaiknya ambil langkah untuk membuka diri dan bercerita kepada keluarga atau teman terdekat. 

Ini memang akan terdengar menyulitkan, tetapi ketika berani untuk speak up akan menjadi satu langkah yang baik dalam memberi efek jera kepada pelaku. Diam dan memendamnya sendiri hanya akan menjadi beban berat yang kamu pinggul sendiri. 

Carilah bantuan dan dukungan dari orang-orang terdekat yang kamu percayai ataupun psikolog jika kamu merasa membutuhkan dukungan untuk psikis dan mental secara profesional. Dengan begitu, akan jadi lebih mudah bagi kamu untuk melangkah kedepan dan memulihkan segala kondisi.

Hal ini juga berlaku bila ada kerabat dekat yang justru menceritakan kekerasan dan pelecehan seksual yang mereka alami. Kamu perlu membantu orang-orang yang menjadi korban dengan memberikan dukungan yang berupa proses pemulihan fisik ataupun psikisnya. Jangan malah menyepelekan kisahnya karena hal tersebut hanya akan membuat mereka trauma dan stres. 

4. Memiliki Ilmu Dasar Bela Diri

Kemampuan bela diri sederhana juga harus diketahui oleh para perempuan. Bagaimanapun juga, sebagai perempuan kamu harus membela diri dari segala tindakan dan pelecehan seksual. Ketahui tanda-tanda yang mengarah pada tindakan paksaan secara fisik atau mengarah ke pemerkosaan bahkan penculikan. Kemampuan bela diri yang mendasar setidaknya bisa kamu lakukan untuk melakukan perlawanan kepada pelaku. 

5. Hubungi Pihak Berwajib

Jika kamu mengalami atau pernah mendengar bukti adanya kekerasan dan pelecehan seksual, jangan segan-segan untuk segera menghubungi pihak berwajib. Dengan ini, kamu dapat menyelamatkan diri dari tindakan kekerasan dan pelecehan bagi perempuan. Selain itu, hal ini dilakukan agar pelaku mendapatkan sanksi serta hukuman yang setara dengan apa yang dilakukannya kepada korban.

Demikian penjelasan mengenai cara mencegah kekerasan seksual pada perempuan. Tetap waspada dimana pun kamu berada dan lakukan cara-cara di atas agar kamu tidak salah langkah. 

Jangan lupa ikuti kami di Instagram, Twitter, Youtube dan media sosial lainnya agar tidak ketinggalan update dan informasi terbaru yang tidak kalah penting!

Vocasia merupakan platform edukasi online bersertifikat yang menyediakan berbagai kursus untuk menunjang keahlianmu dalam berbagai macam bidang. Dengan bergabung bersama Vocasia, tentunya kamu akan dapat berkesempatan untuk belajar bersama mentor-mentor yang berpengalaman banyak dalam bidangnya!

Daftarkan diri secepatnya agar bisa menikmati segala penawaran khusus di Vocasia pastinya dengan harga yang terjangkau untuk mengikuti berbagai kelas online dan mahir dalam berbagai bidang! Segera temukan kursus terbaru dan terkini yang cocok untuk kamu ikuti hanya dengan klik tautan berikut.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *