Tanggal:05 May 2024
(rawpixel.com)

Fashion Design: Definisi, Tipe, Skill yang Diperlukan

Apa itu fashion designer?

Seorang perancang busana menguraikan, mendesain, dan menciptakan pakaian pakaian. Perancang busana, bagaimanapun, tidak hanya membuat pakaian. Mereka sering menerapkan sikap budaya, estetika, dan inspirasi untuk desain mereka. Desainer juga bekerja sama dengan individu lain dalam bisnis mode, seperti stylist, merchandiser, pembuat pola, penjahit, desainer kostum, agen model, firma desain, editor majalah, dan banyak lagi.

Industri fashion adalah bisnis multi-miliar dolar internasional dengan banyak sektor dan jalur karir di luar tradisional, desain prêt-à-porter, termasuk fashion merchandising, kacamata, pakaian luar, pakaian olahraga, desain aksesori, alas kaki, pakaian luar, tas tangan, dan banyak lagi.

Baca Juga | 8 Item Fashion Yang Wajib Dimiliki Setiap Cewek, Apa Aja Ya?

6 Tips Menjadi Fashion Designer

Perjalanan karir menjadi perancang busana tidak terjadi dalam semalam. Meskipun butuh waktu bertahun-tahun untuk masuk ke bisnis ini, tips berikut akan membantu Anda memulai.

  1. Tarik inspirasi dari hal-hal yang benar-benar Anda minati: musik, seni, sejarah, arsitektur, dan terutama orang-orang. Dengan inspirasi yang mengalir, gunakan papan suasana hati untuk mengatur dan mengedit pemikiran Anda. Papan Anda dapat terdiri dari berbagai referensi visual, termasuk sumber editorial, gaya jalanan, dan foto (meskipun tidak terkait dengan mode). Anda juga dapat menyusun kain, tekstur, warna, referensi gaya, dan aksesori.

Baca Juga | 6 Fashion Style Yang Dapat Upgrade Penampilan Kamu!

  1. Pelajari tren mode. Meskipun Anda tidak memerlukan gelar mode untuk mendesain pakaian, ada baiknya memiliki pengetahuan dasar tentang seni, kreasi, dan bisnis mode untuk membantu Anda memulai sebagai desainer pakaian. Ikuti kelas menjahit atau membuat pola jika Anda tidak tahu cara membuat pakaian secara fisik, atau ikuti kelas menggambar jika Anda tidak terbiasa dengan sketsa atau desain dengan bantuan komputer. Bahkan kelas dalam sejarah mode dapat berkontribusi pada inspirasi desain Anda. Biasakan diri Anda dengan tren mode terbaru dengan mempelajari peragaan busana dan majalah terkini.

Baca Juga | Kuasai 7 Skill Ini Untuk Menjadi Fashion Designer Yang Sukses

  1. Mulai cerdasl. Tujuan Anda di awal karir adalah untuk mendapatkan pengalaman sebanyak mungkin. Ajukan pertanyaan, hubungi kolaborator, dan cari mentor. Carilah posisi magang atau entry level untuk lebih dekat dengan produk yang ingin Anda ciptakan dan pelanggan yang ingin Anda layani. Jika Anda mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang berbagi kegembiraan dan dorongan Anda, Anda akan saling mendorong untuk menciptakan produk yang lebih baik. Dan kebanyakan orang ingin berada di sekitar orang lain yang bersemangat dengan apa yang mereka lakukan.

Baca Juga | 10 Tips Fashion Untuk Wanita Pendek, Pasti Bakal Terlihat Tinggi

  1. Buat sketsa ide Anda. Tujuan pertama sketsa adalah untuk mulai memvisualisasikan desain di kepala Anda. Tujuan kedua dari sketsa adalah membuat cetak biru bagi pembuat pola untuk membuat kain muslin atau prototipe pertama Anda. Gambar datar minimalis ini akan mengomunikasikan elemen teknis dari ide Anda, termasuk panah dan jahitan, panjang lengan, panjang keseluruhan, kecocokan, bentuk, dan banyak lagi. Anda dapat menunjukkan kain apa yang mungkin digunakan untuk setiap pakaian dengan menempelkan contoh ke halaman. Ini memberi pembuat pola gambaran tentang berat atau kekakuan garmen yang harus dimiliki, dan apakah itu dicetak, berpola, atau padat.

Baca Juga | 6 Aplikasi Untuk Belajar Desain, Gampang Banget!

  1. Asah suara dan gaya tanda tangan Anda. Anda tidak harus tetap dalam gaya tertentu, selama Anda membuat keputusan kreatif yang bijaksana yang membantu merek Anda sebagai seorang desainer. Semua keputusan kreatif Anda dalam proses desain bahkan detailnya bercerita.

Baca Juga | Style-Style Outfit Ke Kantor Untuk Kamu Para Wanita!

  1. Bangun koleksi Anda. Membuat koleksi bukanlah perjalanan linier. Anda dapat membuat koleksi terpadu yang menyajikan ide tunggal, atau koleksi Anda dapat terdiri dari berbagai tampilan yang mewakili berbagai ide yang semuanya dihubungkan oleh pilihan desain Anda. Ini mungkin proporsi yang konsisten, warna, atau bahkan kurangnya warna. Anda dapat mengizinkan eklektisisme dan keragaman dalam semangat koleksi Anda. Fokuskan koleksi Anda untuk menampilkan sudut pandang Anda. Jika Anda memilih untuk membatasi warna dalam koleksi Anda, Anda harus memvariasikan siluet Anda, dan sebaliknya. Anda dapat meminta mitra, rekan, atau teman Anda untuk memberikan umpan balik tentang desain Anda dan bagaimana bagian-bagiannya cocok satu sama lain.

Baca Juga | 7 Tips Style Fashion Untuk Kamu Bertubuh Kurus

Keterampilan Menjadi Desainer Fashion

Keterampilan Menjadi Desainer Fashion

1.     Keterampilan Inovatif dan Terinspirasi Tinggi

Apakah Anda pernah membuat produk artistik? Apakah Anda memiliki kecenderungan dalam menghasilkan seni dan kerajinan kreatif? Rasa kreativitas paling penting untuk berprestasi di bidang dunia. Keterampilan seni dan fantasi diperlukan untuk mengubah bahan dasar menjadi karya seni yang luar biasa.

  1. Keterampilan Menggambar yang Luar Biasa

Apakah Anda ahli dalam menggambar? Jika demikian, itu sangat bagus. Karena kemampuan ini pasti Anda perlukan ketika ingin menekuni profesi di bidang fashion design. Kemampuan menggambar yang ditentukan sangat penting untuk menempatkan seni imajinatif di atas kertas. Jika Anda tidak pandai menggambar, Anda pasti bisa mengikuti kelas menggambar untuk mendesain gaun untuk berbagai acara.

  1. Merinci Itu Penting

Menjadi seniman yang baik saja tidak cukup untuk seorang desainer yang sukses, tetapi Anda juga harus memiliki mata yang cerdas untuk detail tertinggi. Anda harus bisa memperbaiki detail pakaian seperti ruffles, lipatan rok, pinggang blus atau lengan. Semua detail bordir juga harus diperhatikan agar sempurna. Perancang busana mungkin pandai memvisualisasikan dan membuat sketsa, tetapi mereka harus memiliki selera mode atau tren yang mengesankan dan mata yang bagus untuk semua kerumitan halus.

  1. Keterampilan Komunikasi dan Interpersonal yang Luar Biasa

Dalam bidang desain perhiasan, alas kaki, kostum, atau aksesoris, diperlukan kerjasama dengan rekan kerja. Proyek tertentu tidak dapat dilakukan sendiri; alih-alih, bagikan pemikiran dan ide Anda dengan rekan kerja Anda, sehingga mereka merasa terdorong untuk melakukannya. Keterampilan komunikasi yang sangat baik membantu Anda mendapatkan proyek yang disukai dari klien.

  1. Rasa Bisnis yang Cepat

Untuk melanjutkan di dunia fashion, Anda harus memiliki pemahaman mendalam tentang bisnis, yang melibatkan penjualan, pemasaran, dan keuangan, yang diperlukan untuk menjadi makmur dalam perdagangan mode. Kreativitas memang dibutuhkan dalam dunia fashion, namun tanpa pengetahuan bisnis yang tepat, memang sulit untuk mendapatkan keuntungan bersih dan menyelamatkan perdagangan fashion. Banyak stylist yang muncul semuanya gagal karena minimnya pengetahuan tentang bisnis fashion. Penata busana yang makmur membutuhkan keterampilan bisnis yang luar biasa mengenai anggaran dan perdagangan pakaian mereka.

  1. Semangat Kompetitif

Anda harus menjadikan diri Anda seorang stylist yang sensasional di dunia fashion, sehingga Anda bekerja keras yang membuat Anda merasa termotivasi. Sebagai seorang stylist, Anda memerlukan desain yang inovatif dan untuk memberikan kostum terbaik diperlukan semangat bersaing. Jika Anda tidak segera berdiri, Anda tidak dapat melengkapi sampel dan opsi yang lebih baru. Bagaimanapun, industri fashion sangat kompetitif. Penata gaya harus cenderung memaksakan diri dan secara teratur berusaha untuk selangkah lebih maju dari pesaing mereka.

  1. Keingintahuan Dalam Gaya Evergreen

Berpegang pada gaya modern, trendi, dan juga evergreen. Pelajari tentang opsi saat ini yang disukai oleh pembeli, dan pelajari tentang apa yang diproduksi oleh desainer paling angker. Lanjutkan menata gaya favorit sepanjang masa sambil mengikuti tren baru.

  1. Keterampilan Komputer

Perancang busana harus memiliki pengetahuan tentang keterampilan komputer sehingga mereka dapat menggunakan program desain berbantuan komputer (CAD), dan mengetahui grafik umum, yang perlu diedit bila diperlukan untuk perbaikan desain mereka.

Luangkan waktu untuk diri sendiri dan pikirkan dua kali apakah Anda bisa menjadi penata gaya atau perancang busana yang baik atau tidak. Ketahui cara menjadi perancang busana dan mata pelajaran apa yang dibutuhkan untuk menjadi perancang busana. Jika Anda kurang memiliki keterampilan, jangan tegang atau putus asa, lebih baik mendaftar di lembaga mode untuk bersinar di industri mode.

Baca Juga | 5 Posisi Dalam Perusahaan Dengan Gaji Paling Tinggi Di Indonesia

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *