Tanggal:29 April 2024
Rekomendasi pekerjaan untuk siswa

7 Ide Bisnis Digital yang Paling Diminati

Bisnis digital adalah jenis bisnis yang memanfaatkan teknologi untuk membuat produk dan memasarkannya. Kini, hampir semua bisnis memanfaatkan teknologi digital untuk berkembang.

Baca Juga : Cara Cerdas Validasi Ide Dalam Rencana Bisnis

Tren bisnis digital menjadi jenis usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Siapa saja bisa menjalankannya dan peluang masih terbuka lebar. Berikut ini berbagai ide bisnis digital yang memiliki peluang yang bagus untuk kamu coba. Yuk disimak!

1. Membangun Toko Online

Membangun toko online adalah membuat sebuah website atau platform sebagai sarana bagi transaksi pembelian produk secara online. oko online sepertinya sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat saat ini.

Karena potensi bisnis ecommerce yang besar di Indonesia, berjualan online merupakan salah satu ide bisnis digital terbaik. Kamu bisa membuka toko online di berbagai kanal, seperti media sosial, marketplace, hingga website. Dari semua pilihan tersebut, membuat toko online sendiri dengan website adalah pilihan yang paling tepat.

Sebab Tanpa keahlian pemrograman pun Anda mampu membuat sebuah toko online yang profesional. Saat ini, sudah banyak platform manajemen konten dengan menggunakan WordPress hosting yang memudahkan pembuatan website bahkan bagi pemula sekalipun.

Baca Juga : Yuk kenali Komunikasi dalam Bisnis

2. Menjadi Digital Influencer

Sering aktif di media sosial dan memiliki banyak followers? Tak ada salahnya mencoba menjadi seorang digital influencer.

Kamu bisa manfaatkan waktu yang dihabiskan di medsos untuk memperoleh penghasilan tambahan. Banyak hal positif yang bisa dibagikan lewat sosmed. Sebaiknya kamu memilih niche tertentu untuk konten medsos, misalnya tentang kuliner, fotografi, travelling, atau fashion.

Susunlah konten yang menarik dengan memperhatikan segi estetikanya. Jika followers sudah meningkat, kamu bisa saja mendapat tawaran kerja sama baik dalam bentuk postingan atau review berbayar.

3. Mengikuti Bisnis Affiliasi

Bisnis digital dengan modal kecil dan prospektif yang patut dicoba adalah menjalankan program afiliasi. Afiliasi merupakan kegiatan memasarkan barang milik orang lain dengan imbalan berupa komisi.

Cara bekerjanya, kamu hanya perlu mempromosikan produk atau jasa pihak tertentu, kemudian mendapatkan komisi setelah berhasil membawa pelanggan. Ada banyak sekali program afiliasi yang bisa Anda ikuti, seperti Amazon Affiliate yang menjual produk internasional untuk pelanggan global.

Baca Juga : Apa Itu Program Afiliasi

4. Menjadi Seorang Youtuber

Mencoba peruntungan di YouTube adalah salah satu ide usaha digital yang bisa kamu coba. Mengelola akun YouTube dengan berbagai konten yang unik terbukti bisa menjadi sebuah bisnis digital yang menjanjikan.

Satu hal yang menarik dari YouTube adalah setiap orang memiliki kesempatan untuk meraih sukses yang sama. Anda hanya perlu memikirkan apa yang menjadi keahlian Anda dan juga menarik untuk dijadikan konten.

Fokuslah untuk membuat konten-konten bermanfaat dan menarik untuk diunggah. Lama-kelamaan, channel kamu akan berkembang dan bisa mendapat penghasilan lewat iklan atau review berbayar.

5. Menjadi Blogger

Ide bisnis digital selanjutnya adalah menjadi seorang blogger. Tak sedikit publik figur sukses yang mengawali karirnya dengan ngeblog. Kamu pun juga memiliki kesempatan yang sama untuk sukses dengan blog.

Cara mulai membuat blog sangat mudah. Kamu hanya perlu mendaftar ke situs penyedia layanan website seperti WordPress, Blogger, atau Wix. Supaya blog / website kamu lebih aman dan cepat, pilih paket hosting website terbaik dari Dewaweb mulai dari Rp20 ribu/bulan.

Isilah blog dengan artikel, ulasan, atau tips yang bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa juga perhatikan dari segi SEO-nya. Jika jumlah pengunjung sudah meningkat, kamu bisa memasang iklan dengan Google AdSense untuk memperoleh penghasilan.

Baca Juga | Apa itu Google Ads?

6. Menawarkan Jasa di Situs Freelance

Dalam dunia bisnis digital, setiap orang bisa menawarkan produk bahkan keahliannya kepada pasar yang lebih luas. Contohnya, dengan menawarkan jasa di situs freelance, kamu bisa mendapatkan klien dari berbagai belahan dunia.

Sesuaikan apa yang kamu jual dengan keterampilanmu, contohnya tawarkan keahlian menulis, editing, desain, dan sebagainya. Kamu bisa menawarkan jasa di berbagai situs freelance seperti Fiverr, Freelancer, dan Sribulancer.

7. Bisnis Dropship

Dropship adalah bisnis digital yang memungkinkan Anda menjual suatu produk tanpa memikirkan gudang dan pengiriman barang. Jadi, Anda cukup mengandalkan kemampuan menjual Anda saja. Inilah yang paling membedakan antara dropship dengan reseller.

Selain itu, dropship juga berbeda dengan afiliasi. Di bisnis affiliasi, tugas Anda adalah seorang marketer yang menawarkan suatu produk, di bisnis dropship, Anda benar-benar menjual barang tersebut dan menerima uang dari pembeli.

Keuntungan bisnis dropship berasal dari selisih uang yang Anda terima dari pembeli dengan jumlah uang yang Anda bayarkan kepada produsen barang. Selain itu, bisnisi ini bisa dimulai tanpa modal dan menentukan sendiri produk apa yang ingin dijual.

Baca Juga : 7 Tips Pemasaran Digital Untuk Bisnis Kecil

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *