Tanggal:21 June 2024

Ingin Bekerja Di Luar Negeri? Ini 4 Cara Mudah Mendapatkan Visa Kerja

Mungkin untuk sebagian orang bekerja berkeinginan bekerja di luar negeri untuk meningkatkan taraf hidup yang mereka miliki. Sebab prospek kerja dan penghasilan yang ditawarkan lebih menjanjikan. Hal tersebut dikarekanan nilai mata uang asing cenderung lebih besar jumlahnya dibandingkan dengan mata uang negara sendiri yaitu rupiah. Namun, sebelum berangkat bekerja di luar negeri, setiap calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) diwajibkan mengurus visa kerja terlebih dahulu. Visa tersebut berfungsi sebagai bukti izin kerja.

Di beberapa negara, viisa berbentuk stiker berhologram yang ditempel pada lembaran buku paspor untuk menghindari praktik penipuan atau kejahatan. Ketika memiliki visa, seseorang dapat menetap di suatu negara tanpa harus mengganti kewarganegaraan dari negara asal ke negara tujuan.

Cara Mendapatkan Visa Kerja untuk TKI

Sebenarnya untuk mendapatkan visa bukanlah hal yang sulit. Kini kamu dapat mendapatkan visa kerja secara online. Setiap calon TKI dianjurkan sering mengunjungi situs resmi Kedutaan Besar (Kedubes) negara tujuan bekerja untuk update informasi dan mengunduh dokumen yang dibutuhkan.

1. Melakukan Pendaftaran dan Reservasi Jadwal Wawancara/Verifikasi Dokumen

Lakukan pendaftaran dan reservasi jadwal. Sumber: pexels.com

 

Cara pertama untuk mendapatkan visa kerja adalah dengan melakukan pendaftaran dan reservasi jadwal wawancara/verifikasi dokumen. Kamu tinggal mengunjungi situs resmi Kedutaan Besar (Kedubes) negara tujuan bekerja, lalu akan diarahkan untuk menuju ke website organisasi yang ditunjuk untuk mengisi data diri dan reservasi jadwal verifikasi. Setelahnya, kamu akan mendapat pemberitahuan melalui email tentang kapan dan dimana waktu verifikasi/ wawancara tersebut dilakukan.

Untuk beberapa negara, salah satunya Amerika Serikat, kamu akan diminta untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum memilih jadwal verifikasi/wawancara. Pembayaran bisa dilakukan melalui online atau melalui counter bank.

Setelah membayar, kamu bisa meneruskan proses pendaftaran di akun tadi. Ketika akan memilih waktu untuk verifikasi wawancara/verifikasi dokumen, kamu akan diminta untuk memasukan nomor slip pembayaran. Tidak semua negara mewajibkan proses wawancara, namun untuk proses verifikasi dokumen itu pasti ada.

2. Menyiapkan Dokumen

Siapkan dokumen persyaratan. Sumber: pexels.com

Cara kedua untuk mendapatkan visa kerja ialah menyiapkan semua dokumen yang diperlukan. Pastikan kamu mencantumkan semua dokumen yang diperlukan secara lengkap sebelum mengirimkan pengajuan visa kerja kamu. Secara umum, berikut ini adalah beberapa dokumen yang harus kamu siapkan.

  • Mengisi formulir online. Formulir online disediakan oleh masing-masing Kedubes negara tujuan. Kamu adapat mengunduh formulir online di situs resmi Kedubes masing-masing dan mengisi secara benar dan tepat.
  • Foto pribadi. Lampirkan pas foto resmi dengan ketentuan ukuran dan background berbeda di setiap negara. Hasil foto sebaiknya dipersiapkan dalam bentuk soft file dan hard file.
  • Fotokopi paspor. Fotokopi semua halaman paspor termasuk halaman yang kosong. Sebab itu, kamu harus memiliki paspor berstatus aktif terlebih dahulu sebelum mengurus pembuatan visa. Pastikan paspor yang dimiliki masih berlaku dan apabila sudah expired harus diperpanjang sebelum kamu membuat visa.
  • Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV).
  • Surat keterangan kerja. Untuk dokumen yang satu ini, kamu dapat meminta surat keterangan dari perusahaan tempat kamu bekerja untuk memudahkan pengajuan dan pembuatan visa.
  • Bukti pembayaran visa. Pengajuan visa tidaklah gratis karena ada biaya yang harus dibayar dan ditransfer ke bank yang telah ditunjuk oleh Kedubes tersebut. Biaya administrasi pembuatan visa tergantung dari jenis visa yang dibuat. Simpan dengan baik bukti pembayaran tersebut sebagai salah satu dokumen yang diperlukan dalam membuat visa.
  • Laporan dana keuangan pribadi. Siapkan laporan dana keuangan pribadi di bank. Dokumen ini wajib dilampirkan karena Kedubes akan memastikan bahwa kamu memiliki dana cukup untuk bertahan hidup selama di luar negeri. Laporan keuangan biasanya berupa fotokopi buku tabungan, rekening koran atau slip gaji.
  • Asuransi kesehatan. Pastikan asuransi kesehatan kamu aman dan dapat mencakup keadaan darurat medis dengan perawatan di rumah sakit

3. Menyerahkan Dokumen dan Wawancara (Bila Dibutuhkan)

Serahkan dokumen persyaratan. Sumber: pexels.com

Ketika semua dokumen sudah siap, kamu tinggal membawa semua persyaratan ke tempat yang diminta. Langkah tersebut merupakan cara ketiga mendapatkan visa kerja. Biasanya lokasi verifikasi dilakukan di kantor kedubes negara (regional atau nasional) tersebut, namun banyak juga yang tidak.

Sebagai contoh untuk wilayah Jakarta, penyerahan dokumen yang dibutuhkan untuk permohonan aplikasi visa ke Jepang dilakukan di JVAC Kuningan, bukan di kantor kedubesnya. Pastikan kamu datang pagi pagi karena antriannya pasti panjang. Selalu cadangkan setiap dokumen dengan cara mem-fotokopinya. Setelah mengantri, maka dokumen kamu akan diperiksa oleh petugas.

Apabila sudah lengkap, maka akan diminta membayar biaya membuat visa. Pembayaran biaya membuat visa hanya satu kali. Jadi kalau kamu sudah diminta membayar di awal (ketika registrasi data di akun yang ditunjuk) maka tidak perlu membayar lagi di tahap penyerahan ini. Untuk pengajuan ke Amerika Serikat, kamu juga akan diwawancarai perihal tujuanmu kesana. Oleh karena itu, berlatihlah untuk menjawab agar kamu terlihat meyakinkan.

4. Proses Pengambilan

Cara terakhir mendapatkan visa kerja adalah pengambilan dokumen. Proses ini tidak bisa dilakukan dalam sehari. Biasanya kamu diminta menunggu paling cepat 4 hari, itupun bila jumlah pemohon tidak banyak. Nantinya, kamu akan mendapat update melalui sms atau email perihal perkembangan proses pengajuan aplikasimu.

Untuk jenis visa yang ditempel di paspor, selama proses pengajuan, paspor asli tidak boleh dibawa pulang. Sehingga kamu tidak bisa melakukan perjalanan ke negara manapun walau negara itu bebas visa.

Nah, kalau sudah dapat notifikasi disetujui, maka kamu tinggal datang ke kantor yang ditunjuk untuk mengambil visa bila dokumen ini dikeluarkan dalam bentuk hard copy.

Itulah cara-cara mendapatkan visa kerja untuk kamu yang berkeinginan bekerja di luar negeri. Cukup mudah bukan? Pastikan kamu memahami dan melaksanakan cara pembuatan visa kerja luar negeri dengan benar dan lengkap ya!

Menulis Surat Lamaran - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *