Tanggal:24 July 2024

5 Persiapan Presentasi Bisnis yang Wajib Kamu Ketahui

Penyampaian informasi yang dilakukan secara informatif dan menarik sangat bisa disampaikan melalui presentasi. Tidak hanya penting bagi para pebisnis, melainkan presentasi sudah banyak dilakukan oleh pelajar, mahasiswa, seniman dan masih banyak pekerjaan lainnya.

Terdapat beberapa hal yang wajib kamu perhatikan dan persiapkan sebelum melakukan presntasi yang baik dan mudah diserap oleh audiens.  Persiapan-persiapan ini dilakukan dengan tujuan agar materi presentasi bisa tersalurkan dengan baik dan benar serta aduiens memfokuskan perhatian kepada kamu saat melakukan presentasi di depan.

Buat kamu yang ingin melakukan presentasi kedepannya, merasa beruntunglah karena sudah menemukan artikel ini. Vocasia akan memberi tahumu mengenai persiapan-persiapan yang wajib kamu lakukan sebelum melakukan presentasi di depan banyak orang.

Daripada terlalu lama berbasa-basi, yuk simak artikel di bawah ini sampai tuntas!

Berikut 5 metode cara mempersiapkan diri sebelum melakukan presentasi

1. Pastikan tujuan dari presentasi

presentasi di kantor

Tentukan tujuan akhir dari presentasi – @rawpixel.com

Persiapan yang harus kamu lakukan adalah menentukan tujuan akhir presentasi yang kamu lakukan. Pada dasarnya, presentasi merupakan kegiatan penyampian informasi atau gagasan yang bertujuan untuk menyalurkan informasi, membujuk atau mempengaruhi banyak orang untuk melakukan sesuatu

Buat kamu yang ingin melakukan presentasi dnegan tujuan menyampaikan informasi, sebaiknya kamu menyiapkan materi yang detail dan informatif sehingga audeins bisa cepat dan mudah menangkap apa yang kamu sampaikan bahkan pada orang awam sekalipun.

Sedangkan jika kamu memiliki tujuan untuk mempengaruhi orang dan membujuk audien untuk menyampaikan sesuatu, maka siapkan materi presentasi yang mampu memberikan pengaruh emosional kepada audiens. Sehingga audiens akan melakukan sesuatu atau merubah sikapnya setelah mendengarkan presentasi.

2. Kenali audiens

Kamu bisa menyiapkan materi presentasi yang tepat denga mengenali audeinsmu terlebih dahulu. ditambah lagi kamu juga akan tahu bagaiman metode penyampaian saat presentasi yang tepat untuk audiensmu.

Salah satu contoh misalnya saat kamu presentasi, audiens yang hadir adalah orang penting dan rata-rata sangat serius, mereka akan sangat ingin mendapat informasi yang jelas dan detail seperti grafik dan angka. Dengan begitu kamu sudah bisa segera menyiapkan materi informasi yang mengandung banyak angka dan grafik. Itu akan menjadi nilai tambah kamu di mata audiens tersebut.

3. Topik

Topic

Sesuaikan topik dengan wawasan dan audiens kamu – @rawpixel.com

Tentukanlah materi presentasi dengan topik yang sesuai dengan kebutuhan audiens. Usahakan topik yang sudah kamu sesuaikan dengan audiens tetap memiliki daya tarik yang tinggi.

Cara menentukan topik yang tepat adalah dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini, seperti :

  • Topik apa yang kamu kuasai?
  • Topik apa yang audiens butuhkan dan harapkan?
  • Apa yang melatarbelakangi topik tersebut penting untuk disampaikan?
  • dan beberapa hal lainnya

Dengan begitu kamu akan mudah menentukan topik presentasimu.

4. Susun kerangka materi

Untuk membuat susunan kerangka materi, kamu bisa memulainya dengan menentukan ide-ide pokok yang ingin kamu sampaikan pada presentasi. Kemudian, buatlah peta ide dan daftar keyword mengenai hal-hal yang akan kamu bawakan!

Hal ini dapat mempermudah Anda dalam merangkai setiap materi presentasi secara urut dan memberikan gambaran lengkap dari presentasi dan poin-poin penting yang harus disampaikan.

5. Latihan

Selfie
Rekam dirimu saat berlatih @pexels.com

Dengan latihan, presentasimu akan bisa lebih baik. Khusunya buat kamu yang mudah merasa gugup ketika berbicara di depan banyak orang.

Sering sekali kegugupan itu timbul karena adanya rasa ketidaktahuan, tidak terkecuali saat presentasi. Kamu tidak memiliki bayangan seperti apa penampilanmu nanti ketika berada di depan banyak orang. Nah, alangkah baiknya sebelum kamu berbicara di depan umum, cobalah untuk berlatih di depan kamera sekaligus merekamnya untuk melihat bagaimana penampilanmu saat berbicara di depan banyak orang nanti.

Cobalah untuk menulis apa saja kelebihan dan kekuranganmu saat latihan melalui video yang sudah kamu rekam sebelum. Tunjukan juga video itu kepada teman atau keluarga agar kamu bisa mendapatkan saran yang membantu.

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *