Tanggal:03 May 2024

6 Situs Lowongan Kerja Terpercaya, Freshgraduate Harus Tahu!

Teknologi yang berkembang begitu pesat, berdampak baik pada banyak aspek di kehidupan manusia. Salah satunya adalah dengan hadirnya beragam situs lowongan pekerjaan. Hal tersebut memudahkan para pencari kerja dalam mencari informasi lowongan secara online di internet. Selain mudah dan cepat, kelebihan online adalah pencari akan dibanjiri banyak sekali informasi.

Namun, saking banyaknya daftar lowongan hingga situs, tentu akan membingungkan pencari. Selain itu, banyak kriteria yang harus dipertimbangkan para pencari kerja agar tidak tertipu lowongan kerja abal-abal.

Sebab itu, bagi kamu yang berstatus freshgraduate atau bahkan yang sedang mencari pekerjaan harus mengetahui situs-situs lowongan kerja terpercaya dan resmi di Indonesia. Berikut 6 situs lowongan kerja terpercaya yang terbaik dan paling banyak diakses:

1. Jobstreet

Situs lowongan kerja untuk beberapa negara Asia Tenggara. Sumber: jobstreet.co.id

 

Situs lowongan pekerjaan yang berasal dari Malayasia ini merupakan situs bagi para pencari kerja dan perusahaan di beberapa negara Asia tenggara. Seperti di Malaysia, Filipina, Singapura, Indonesia dan Vietnam.

Situs yang berdiri sejak tahun 1997 ini sudah memiliki kurang lebih 80 ribu perusahaan yang tergabung dan 11 juta pencari kerja yang terdaftar. Bagi para pencari kerja hanya perlu mendaftar dan masuk ke dalam situs untuk memperbarui profil diri, guna menarik perhatiaan  dari perusahaan yang dituju.

Jobstreet memberikan akses bagi penggunanya untuk memantau proses lamaran: mulai dari sudah diterima, panggilan wawancara, hingga proses lanjutan lainnya. Perusahaan dapat memanggil wawancara melalui Jobstreet atau menghubungi kontak pribadi secara langsung. Dengan fitur yang lengkap dan memiliki banyak pengguna ini menjadikan Jobstreet menjadi situs penyedia informasi pekerjaan yang terpercaya dan user-friendly.

2. LinkedIn

Salah satu situs lowongan kerja terbesar. Sumber: LinkedIn.com

LinkedIn adalah sebuah situs lowongan pekerjaan terbesar di dunia dengan lebih 690 juta pengguna, pada lebih 200 negara. Tampilan situs ini layaknya media sosial yang dikemas dalam bentuk profesional. Sehingga memudahkan para perekrut untuk memantau koneksi atau jaringan profesional si pelamar.

Selain itu, situs ini memiliki fitur rekomendasi yang dapat diisi kolega maupun orang lain mengenai keahlian pelamar. Fitur ini tentu dapat menjadikan nilai tambah dan membangun kepercayaan perusahaan. Di LinkedIn selain mengirimkan lamaran, pelamar juga bisa mengatur mode sedang terbuka untuk lowongan pekerjaan baru. Sehingga memudahkan kamu teridentifikasi oleh perusahaan yang sedang mencari karyawan baru. LinkedIn merupakan situs yang menguntungkan bagi kedua belah pihak–baik pelamar dan perekrut. Sebab pelamar kerja juga bisa memantau perkembangan perusahaan incarannya

3. Karir

Salah satu situs lowongan kerja buatan Indonesia. Sumber: karir.com

 

Selanjutnya, situs lowongan pekerjaan terpercaya asal Indonesia yang didirikan oleh PT Karir Komunika Pratama bernama Karir. Situs ini memiliki fitur pencarian yang efektif dan memudahkan para pencari kerja. Cara kerja situs Karir adalah calon pekerja akan mendapatkan lowongan kerja sesuai dengan resume mereka

Sebab itu pencari kerja harus membuat akun dan memperbarui profil yang menarik sesuai dengan kualifikasi diri. Tampilan pada laman situs ini terbagi menjadi dua yaitu pengguna akan dihadapkan pada lowongan kerja terpopuler versi mereka dan lowongan kerja yang sesuai dengan profil pengguna.

Situs Karir juga dilengkapi fitur pengembangan karir oleh ahli psikologi. Lalu ada informasi mengenai program khusus dan manajemen trainee perusahaan nasional atau multinasional. Selain itu, situs ini juga menyajikan lowongan terbaik berdasarkan domisili kota sang penggunanya.

4. Glints

Salah satu situs lowongan kerja dengan fitur terlengkap. Sumber: glints.com

Salah satu rekomendasi situs lowongan pekerjan terpercaya bagi pelamar yang baru lulus dan mencari pekerjaan baru adalah situs Glints. Situs ini berasal dari negara Singapura. Glints menyajikan tampilan dan branding situs ini dengan mode sangat milenial.

Selain lowongan pekerjaan, situs ini juga menyediakan informasi lowongan magang. Glints juga dilengkapi fitur penyedia jasa konsultasi dan rekomendasi pengembangan karir melalui live chat, serta layanan untuk menjelajahi bidang karir lain dan pelatihan keahlian khusus melalui expert class.

Glints membuat empat kategori pekerjaan yakni kerja secara remote, freelance, part-time, dan full-time. Sehingga memudahkan pencari kerja. Selanjutnya, situs ini memberikan ada informasi mengenai perusahaan top yang sedang merekrut karyawan.

5. Urbanhire

Situs lowongan kerja yang menargetkan pasar internasional. Sumber: algorit.ma

Urbanhire merupakan situs lowongan pekerjaan asal Indonesia yang menargetkan pasar internasional, dan kemungkinan besar pasar Asia Tenggara. Sebab branding dan isi situs Urbanhire yang menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris.

Situs pencari kerja ini menawarkan sistem pelacakan aplikasi para pelamar kerja atau applicant tracking system (ATS) berbasis komputasi awan (cloud computing). Situs ini memungkinkan perusahaan berbalas email dengan pencari kerja untuk menentukan jadwal wawancara. Tidak hanya menyediakan lowongan pekerjaan terbaru, Urbanhire juga menyediakan tips dan informasi terkait pengembangan diri.

6. Kalibrr

Situs lowongan kerja yang menyediakan lowongan dari startup ternama. Sumber: kalibrr.id

Situs lowongan pekerjaan selanjutnya merupakan situs asal Filipina yang biasa menyediakan informasi lowongan dari startup ternama seperti Gojek, Shopee, dan Tokopedia. Situs ini sudah memiliki lebih dari 500 perusahaan yang bergabung untuk memasang informasi lowongan pekerjaan serta 4.000 lebih lowongan pekerjaan yang tersedia.

Salah satu kelebihan yang dimiliki Kalibrr ialah menyediakan fitur branding bagi pelamar hingga tes pengembangan bakat yang bakal diberikan nilai. Nilai tersebut tentu saja dapat menarik atensi tambahan bagi perusahaan pemasang informasi lowongan pekerjaan untuk merekrut pelamar dengan cepat.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *