Tanggal:06 May 2024

4 Cara Promosi Jasa Service Komputer, Gandeng Agen Komputer!

ilustrasi bekerja freelance (pixabay.com)

Cukup efektif saat kamu berbisnis service komputer lalu bekerja sama dengan agen komputer sebagai tempat pemasaran atas jasa service yang kamu tawarkan, nih. Yang mana apabila kamu masih pemula dalam service komputer pastinya belum memiliki koneksi luas untuk menggaet calon konsumen, ya. Sehingga sambil menunggu satu atau dua konsumen data menghampirimu dengan sendirinya, kamu pun harus berusaha untuk mempromosikan jasa service komputermu. Atas dasar itu, kamu perlu menggandeng agen komputer yang sudah cukup terkenal di mata masyarakat secara luas sebagai mitra bisnismu.

Lantas bagaimana sih cara menjalin kerja sama dengan agen komputer? Kalau ditolak bagaiamana dong? Ya secara logika kan memilih agen komputer yang banyak konsumennya, maka artinya agen tersebut sudah cukup terkenal dengan branding yang bagus, lantas apa mungkin agen tersebut beesedia melalkukan kerja ama dengan jasa service yang bahkan masih pemula seperti bisnismu saat ini? Mungkin itu yang kamu rasakan serta khawatirkan saat ingin mengajak kerja sama agen komputer sebagai tempat pemasaran service komputermu, nih.

Solusinya ialah, kalau soal teknis mekanisme menjalin kerjasama, sebenarnya terserah kamu gimana enaknya, maksudnya di sini kamu bisa menganalisis terlebih dahulu lalu membaca peluang-peluang agen komputer mana yang sekiranya berpeluang besar menerimamu sebagai mitra bisnis, ya. Memang rasanya akan lebih mudah jika sudah punya kenalan orang dalam sih. Eitss tapi jangan khawatir, kalau tak punya orang dalam kamu masih bisa memberikan penawaran-penawaran kerja sama yang menarik atau memberikan keuntungan pada si agen komputer agar ia bersedia menerimamu sebagai mitra bisnisnya kok. Lebih lanjutnya nih bisa juga terapkan langka-langkah menjajaki kemitraan bisnis dengan agen komputer seperti berikut ini:

1. Datangi toko komputer yang berpeluang besar

ilustrasi service komputer (pixabay.com)
ilustrasi service komputer (pixabay.com)

Datangi toko atau counter jual beli komputer seken yang bertebaran dimana-mana alias cukup terkenal baik di mata masayarakat secara luas. Yang mana tentu saja usahakan untuk mencari toko komputer besar yang ramai pembeli sehingga kemungkinan untuk dapat banyak “lemparan” order service komputer juga auto makin besar, ya.

2. Jalin hubungan baik dengan target toko komputer

ilustrasi service komputer (pixabay.com)
ilustrasi service komputer (pixabay.com)

Bayangkan saja kalau kamu tengah naksir seseorang lalu tiba-tiba tak langsung main tembak saja, lantas apakah mungkin kamu diterima oleh orang tersebut? Rasanya jelas tidak mungkin, Yang ada nih orang tersebut mengira kamu orang asing yang tak jelas, lho. Nah, begitu juga berlaku dalam urusan mencari mitra bisnis yang nantinya akan saling mengentungkan, dimana semua itu butuh proses yakni proses pendekatan satu sama lainnya. Hal tersebut selain karena dalam hal toko komputer itu masih mengira service komputermu ialah hal asing bagi mereka, pun kamu juga belum tentu cocok dengan toko tersebut saat setelah menjalin pendekatan ternyata mungkin kedua belah pihak memiliki budaya kerja yang berbeda.

Oleh karena itu jalin hubungan baik terlebih dahulu saja dan  jangan buru-buru mengutarakan maksud tujuan utamamu, ya. Usahakan mencari waktu yang tepat untuk sekadar ngobrol dengan si pemilik toko komputer. Yang mana hal terpenting ialah tunjukkan keseriusanmu untuk mengajak kerja sama dengan menunjukkan apa sih kehebatanmu dalam bisnis service komputermu itu.

Selain itu, jangan terkesan memaksakan tujuanmu untuk bekerja sama, biarkan saja pemilik toko komputer bebas menilai kinerja dari service komputermu dan biarkan saja dia memutuskan dengan bebas untuk bersedia kerja sama atau tidaknya, ya. Terkahir dan juga penting ialah kalau toko komputer pas lagi ramai pelanggan, ya jangan mengutarakan niatanmu saat itu juga yang justru ngerecokin toko komputer saat dia repot melayani pembeli. Kalau sampai begitu, sudah dipastikan peluang bersedia kerja sama sangat tearmat kecil, lho.

3. Ajukan tawaran kerja sama

ilustrasi service komputer (pixabay.com)
ilustrasi service komputer (pixabay.com)

Setelah kenal, baru lanjut membicarakan kemungkinan kerja sama. Tawarkan beberapa alternatif sistem bagi hasil yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Jika perlu berikan proposal kerjasama secara tertulis, ya. Jelaskan merk PC, laptop, printer, scanner dan jenis kerusakan apa saja yang bisa agan kerjakan. Lengkap dengan perkiraan ongkos servis supaya pemilik toko komputer bisa memberikan perkiraan biaya pada konsumennya yang hendak service komputer sebelum dilempar langsung kepada kamu.

Yang terakhir nih, tunjukkan bahwa kita layak dipercaya. Sebab pihak toko komputer pasti tidak mau mengambil resiko menyerahkan barang milik pelanggannya diservis oleh tukang servis yang kapasitasnya meragukan. Kalau ternyata rusaknya makin parah atau dibawa kabur, siapa yang tanggung jawab? Pastinya pihak toko komputer ikut tercemar namanya karena ikut dalam memberikan rekomendasi. Untuk itu, tidak masalah jika mereka minta proses service dilakukan di tempat mereka. Lama-lama jika sudah timbul kepercayaan, mereka tentu tidak keberatan kita membawa pulang garapan dan dikerjakan di rumah kok.

4. Tentukan sistem bagi hasil

ilustrasi pengelolaan keuangan (pixabay.com)
ilustrasi pengelolaan keuangan (pixabay.com)

Pembagian hasil itu tergantung kesepakatanmu dengan pihak toko komputer, ya. Yang penting sama-sama mendapatkan keuntungan atau jangan sampai ada pihak yang merasa dirugikan. Kita anggap saja mereka makelar atau broker perantara untuk melancarkan pemasaran bisnis kita jadi wajar apabila kita harus berbagi hasil dengan mereka asalkan sama-sama setuju saja dengan besaran nominalnya. Jadi, pada intinya buatlah kesepakatan nomial penghasilan dari setiap service komputer yang masuk dengan menekankan asas keadilan antar kedua belah pihak, ya

Kursus digital marketing
virtual selling
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *