Tanggal:10 May 2024
Cheapwebdesign.co.uk

Cara Mengetahui Siapa yang Memiliki Nama Domain

Ada banyak cara untuk mengetahui siapa yang memiliki nama domain.

Direktori WhoIs menyediakan informasi kontak untuk pemilik domain atau detail yang dapat membantu Anda mengidentifikasi mereka.

Anda harus memiliki rencana darurat jika Anda tidak dapat mengidentifikasi pemiliknya. Terlepas dari situasinya, ada beberapa cara untuk mengetahui siapa pemilik domain yang Anda minati.

Baca Juga: Pengertian Domain dan Jenis – Jenisnya

Cara Mengetahui Siapa Pemilik Nama Domain

Sebelum Anda dapat mempelajari apakah membeli domain Anda adalah suatu kemungkinan, Anda perlu mencari tahu siapa yang harus dihubungi tentang hal itu. Berapa banyak pekerjaan yang melibatkan akan tergantung pada beberapa faktor, tetapi Anda setidaknya harus bisa membuat bola menggelinding dengan tiga langkah ini.

Langkah 1: Kunjungi Situs Web

Jika pemilik membeli domain sebagai investasi, mereka akan memudahkan Anda untuk menghubungi mereka. Jadi mulailah dengan menarik situs web untuk melihat apa yang muncul.

Mereka mungkin mengatakan secara langsung bahwa domain tersebut untuk dijual, dan menyertakan informasi kontak atau formulir yang dapat Anda isi. Atau dalam beberapa kasus di mana domain sedang digunakan secara aktif, Anda akan dapat menemukan informasi kontak di halaman Kontak atau Tentang situs web.

Jika Anda cukup beruntung bahwa langkah ini berhasil dan Anda menemukan pemilik domain, Anda dapat melewati dua langkah berikutnya.

Langkah 2: Periksa Direktori WHOIS

Setiap kali seseorang mendaftarkan nama domain, pencatat domain yang memproses penjualan harus mengumpulkan informasi kontak dasar. Dalam beberapa kasus, informasi tersebut kemudian dikirimkan ke direktori WHOIS, sehingga ada catatan tentang siapa yang menjalankan setiap situs web secara online.

Oleh karena itu, direktori WHOIS adalah pemberhentian kami berikutnya untuk mencari pemilik nama domain.

Masukkan nama domain yang Anda cari dan gulir ke bawah untuk menemukan semua data yang tercantum dalam direktori WHOIS. Dalam beberapa kasus, itu mungkin berisi informasi kontak pemilik. Jika demikian, Anda dapat melewati langkah berikutnya.

Meskipun tidak, itu akan selalu menyertakan setidaknya pendaftar domain dan tanggal kedaluwarsa domain. Itu memberi tahu Anda apakah domain akan segera diperbarui. Jika demikian, Anda mungkin dapat mengambilnya dengan harga lebih murah saat kadaluwarsa daripada jika Anda membelinya secara langsung. Tapi itu hanya berfungsi jika mereka tidak memperbarui, jadi Anda mengambil risiko.

Langkah 3: Hubungi Registrar Domain

Banyak pendaftar domain sekarang menawarkan privasi nama domain, yang membuat informasi pribadi pemilik tidak terdaftar di direktori WHOIS. Antara itu dan undang-undang GDPR, direktori WHOIS bukan lagi cara yang dapat diandalkan untuk menemukan informasi kontak pribadi pemilik domain.

Itu berarti dalam banyak kasus, Anda tidak akan dapat mengetahui secara langsung siapa pemiliknya melalui direktori. Tetapi Anda akan dapat mengetahui dengan siapa mereka mendaftarkan domain tersebut.

Buka situs web pendaftar domain (cukup Google nama jika tidak termasuk dalam catatan WHOIS), dan cari informasi kontak mereka. Hubungi mereka atau tulis email untuk memberi tahu mereka domain apa yang ingin Anda beli, dan minta mereka untuk memberikan informasi Anda kepada pemiliknya. Pencatat akan memiliki detail kontak pemilik di file, dan akan dapat berbagi minat Anda dengan mereka tanpa melanggar masalah privasi apa pun.

Baca Juga: Berikut Rekomendasi Domain Gratis Terbaik

Apa langkah selanjutnya?

Pada langkah ini, Anda memiliki tiga jalur berbeda untuk dipertimbangkan.

  1. Hubungi Pemilik Nama Domain

Jika salah satu langkah di atas mengarahkan Anda ke pemilik situs web, inilah saatnya untuk menghubungi Anda! Buat email yang memberi tahu mereka bahwa Anda tertarik untuk membeli domain.

Untuk menghindari terlihat seperti spam, pastikan email Anda menyampaikan keseriusan dan profesionalisme. Jika Anda memiliki alamat email profesional di nama domain yang Anda miliki, itu akan terlihat lebih sah daripada alamat email dari akun yahoo atau aol. Jika tidak, pertimbangkan setidaknya menyiapkan alamat gmail, yang terlihat sedikit lebih terhormat.

Pastikan email Anda menyertakan:

  • Informasi kontak Anda – baik email maupun telepon, sehingga mudah bagi mereka untuk memilih metode yang mereka sukai.
  • Bahasa yang menjelaskan bahwa Anda bersedia membayar – Anda mungkin belum ingin menyertakan penawaran tertentu (jika Anda tidak tahu di mana posisi mereka, Anda dapat menawarkan lebih dari yang diminta), tetapi mereka cenderung merespons jika mereka tahu ini adalah tawaran bisnis asli
  • Sesuatu yang menunjukkan legitimasi Anda – bagaimana Anda bisa menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang nyata dengan niat yang serius? Mungkin tautan ke situs web yang sudah Anda jalankan atau profil LinkedIn.

Orang-orang mendapatkan banyak email spam, jadi Anda ingin mengklarifikasi bahwa Anda adalah orang yang benar-benar tertarik. Jika Anda bisa melakukannya, kemungkinan mendapat respons jauh lebih tinggi.

  1. Sewa Pialang Domain

Jika Anda belum berhasil menemukan informasi kontak untuk pemilik pada saat ini, atau jika Anda memilikinya tetapi masih membutuhkan bantuan untuk menavigasi proses pembuatan penawaran, pertimbangkan untuk menyewa pialang domain. Bisnis seperti Sedo dan Brannans hadir secara khusus untuk membantu mengelola kesepakatan antara penjual dan pembeli domain.

Jika Anda tidak berpengalaman dalam membeli nama domain, mereka dapat membantu Anda mengetahui harga yang wajar untuk diminta, menemukan orang yang tepat untuk dihubungi, dan memastikan proses pembelian melalui langkah-langkah yang tepat sehingga semua orang senang pada akhirnya. Ada banyak scammer di dunia transaksi online, dan broker online dapat membantu Anda menghindari yang ada di industri nama domain.

Baca Juga: Apa itu Spoofing dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

  1. Pertimbangkan Nama Domain Baru

Ada kemungkinan besar bahwa bahkan jika Anda mengambil semua langkah ini, orang yang memiliki domain itu sekarang tidak ingin menjual, atau hanya akan menerima harga yang lebih tinggi daripada yang dapat Anda bayar.

Dalam hal ini, Anda jauh dari orang pertama yang harus menemukan alternatif untuk nama depan yang Anda inginkan. Pertimbangkan ekstensi nama domain yang berbeda—jika .com diambil, .net atau .co mungkin masih tersedia. Dan lakukan brainstorming ide nama domain baru. Anda mungkin saja datang dengan sesuatu yang Anda sukai bahkan lebih dari ide asli Anda.

Baca Juga: Pengaturan DKIM (DomainKeys Identified Mail) dalam 3 Langkah

Kursus belajar pemograman dengan nuxt js
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *