Tanggal:20 June 2024

Yuk, Cari Tahu Cara Meningkatkan Kemampuan Problem Solving!

Di era sekarang berbagai permasalahan kerap terjadi tak terduga. Kemampuan problem solving tentu saja sangat diperlukan. Pasalnya, kamu dituntut mampu mengatasi berbagai persoalan secara cepat dan tepat. Masalah dapat muncul dari berbagai bidang dan lingkungan. Kemunculan permasalahan yang tak terduga menuntut kamu secara sigap mengatasinya. Melalui kemampuan problem solving yang baik semuanya dapat terpecahkan.

Kamu perlu mengasah kemampuan mengatasi permasalahan atau problem solving secara terus-menerus, ya. Terkadang permasalahan yang sama kerap menjumpai kamu kembali. Segala masalah yang muncul tentu dapat teratasi dengan tenang. Kemampuan problem solving juga perlu ditingkatkan. Mengapa demikian? Ibarat pisau, lama tak diasah tentu akan menjadi tumpul. Sama halnya dengan kemampuan yang kamu miliki. Kamu perlu terus mengasah dan meningkatkan kemampuan problem solving tersebut. Simak bagaimana cara meningkatkan kemampuan problem solving berikut ini.

Baca Juga | Yuk Pahami! Pengertian Dan Contoh Soft Skill, Penting Banget Loh

1. Identifikasi masalah

Masalah yang kamu temui perlu dilakukan identifikasi terlebih dahulu. Proses identifikasi bisa kamu lakukan melalui pengajuan pertanyaan hingga mencari penyebab utamanya. Kamu bisa mengajukan pertanyaan atas apa yang menjadi titik utama permasalahan. Berpikir secara tenang perlu dilakukan. Kuasai pikiran kamu sebelum sisi emosionalmu merajuk. Kamu bisa berpikir tentang penyebab permasalahan awal. Setelah menemukan titik masalahnya kamu dapat lebih jernih dalam mencari solusinya.

Baca Juga | Emotional Numbness: Mati Rasa Dalam Psikologi Dan Cara Mengatasinya

2. Lakukan mind mapping

Mind mapping ialah metode pemetaan pikiran yang berfokus pada visual. Kamu bisa menggambarkan permasalahan yang terjadi secara visual. Berbagai permasalahan bisa kamu tulis dalam beberapa poin. Dari berbagai poin itu kamu bisa mengambil benang merah dari masalah yang terjadi. Mind mapping sangat jitu untuk mendorong kamu berpikir kreatif, loh. Otak akan terus bekerja merumuskan berbagai persoalan yang ada. Kamu bisa meningkatkan kemampuan problem solving melalui cara ini.

Baca Juga | Apa Itu Infografis? Pengertian, Jenis, Dan Cara Membuatnya

3. Pelajari cara orang lain menyelesaikan masalah

Penyelesaian masalah bisa kamu lakukan melalui proses pengamatan sekitar. Kamu bisa mengamati cara orang lain dalam mengatasi setiap permasalahan. Mendengar saran dari orang terpercaya juga tak ada salahnya, loh. Ilmu yang didapat bisa kamu sesuaikan dengan diri sendiri. Misalnya saja kamu orang yang mudah panik saat masalah menghampiri. Kamu bisa menerapkan cara mengatasi masalah dengan tenang dari orang lain. Penyelesaian masalah dengan tenang tentu bisa menciptakan solusi yang tepat.

Baca Juga | Wajib Tahu! Kenali Tujuan Utama Dari Lean Startup

4. Kembangkan ide lain

Saat kamu melakukan penyelesaian masalah tak jarang hanya terfokus satu solusi. Nah, hal itu justru dianggap keliru. Kamu seharusnya bisa mengembangkan beragam ide dalam meningkatkan problem solving. Pengembangan ide lain bisa membantu kamu berpikir kritis dalam memecahkan suatu masalah. Problem solving yang kamu lakukan tidak akan berfokus pada satu solusi saja. Tentu pengembangan ide lain bisa membuat kamu menemukan beragam solusi. Masalah yang dihadapi pun menjadi lebih cepat terpecahkan.

Baca Juga | 6 Manfaat Dari Memiliki Kemampuan Self Leadership

5. Tahap evaluasi

Tak jarang tahap evaluasi sering terlupakan. Kamu hanya terfokus akan pemecahan masalahnya saja. Setelah masalah terpecahkan kamu anggap semua selesai. Hal itu sangat tidak dianjurkan, ya. Tahap evaluasi memiliki peran penting dalam problem solving. Kamu bisa memikirkan langkah atau efek ke depan saat mengambil suatu keputusan. Mengolah dan menimbang permasalahan menjadi hal yang penting. Dalam tahap evaluasi kamu bisa berpikir secara kritis dan berimbang. Tentu evaluasi diperlukan untuk meminimalisir munculnya permasalahan baru.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam meningkatkan kemampuan problem solving. Ingat, kemampuan yang kamu miliki perlu terus diasah, ya. Jangan biarkan berhenti pada satu sisi saja. Kamu bisa mengingat dan menimbang setiap permasalahan terlebih dulu. Lalu berusaha berpikir secara positif dalam melakukan pengambilan keputusan. Pahami caranya secara perlahan dan terapkan dalam kehidupan kamu. Jika problem solving tepat, masalah baru tidak akan mudah datang!

Baca Juga | Berikut Skill Yang Harus Dikuasai Sebelum Memulai Karir, Apa Saja Ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *