Tanggal:23 July 2024

6 Manfaat Dari Memiliki Kemampuan Self Leadership

Kepemimpinan diartikan sebagai sebuah kemampuan, dan kekuatan seseorang dalam mengatur, dan membimbing orang lain. Salah satu bentuk kepemimpinan yang harus kamu miliki sebelum memimpin orang lain adalah kemampuan kepemimpinan diri atau yang biasa disebut sebagai self leadership. Self leadership adalah kemampuan bagaimana kamu dapat memimpin, mengatur, dan mengendalikan dirimu. sehingga apapun yang akan kamu lakukan nanti hasilnya akan lebih optimal.

Mengapa Self Leadership Penting Untuk Dikuasai ?

Sejatinya setiap individu itu terlahir sebagai seorang pemimpin, yaitu seorang pemimpin bagi dirinya sendiri. Setiap pemimpin tentunya harus memiliki jiwa kepemimpinan, begitu pula dengan kamu. Penting sekali untuk kamu memiliki kepemimpinan diri atau self leadership, karena dengan menguasai self leadership kamu dapat menjadi apapun yang kamu inginkan, dirimu sendirilah yang akan menjadi kekuatan sejatimu, Mengapa ? karena kamu memiliki kendali atas dirimu sendiri. Selain itu self leadership juga membuat kamu menjadi lebih percaya diri, dan memiliki power. Percaya dirimu ini lah yang akan menuntumu menggapai apa yang ingin kamu capai.

Setelah kamu mengetahui betapa pentingnya menguasai self leadership, kamu juga perlu tahu manfaat apa saja yang bisa kamu peroleh jika memiliki self leadership. simak dibawah ini, ya!

6 Manfaat Dari Memiliki Kemampuan Self Leadership

1. Mampu Membuatmu Lebih Berprinsip

Kapal Kepemimpinan, Seorang Pemimpin, Terdepan
Ilustrasi Kapal Kepemimpinan(pexels.com/miguel a padrinan)

Hidupmu akan lebih terarah jika kamu memiliki prinsip, prinsip inilah yang menjaga dirimu dari hal-hal yang bersifat negatif. Self leadership mampu membuatmu menjadi orang yang lebih berpinsip, karena jika kamu memiliki jiwa self leadership kamu akan mengenali siapa dirimu, apa kelebihanmu, apa kekuranganmu, dan bagaimana cara untuk mengatasai segala permasalahan yang ada di dalam dirimu. Self leadership dapat kamu jadikan sebagai tameng untuk mengendalikan dirimu. Tameng ini lah yang akan melawan serangan-serangan negatif yang datang mencoba meruntuhkan pertahananmu. Jika kamu tidak memiliki tameng ini, maka pertahananmu akan mudah runtuh. So, untuk menghindari hal tersebut maka perkuatlah tamengmu.

2. Self Leadership Mampu Membuatmu Lebih Bahagia

Wanita dengan kepercayaan dirinya
Ilustrasi Wanita yang Percaya Akan Kemampuan Dirinya Sendiri(pexels.com/quang an ha nguyen)

Sesorang yang memiliki jiwa self leadership tentunya mereka memiliki pikiran, ucapan, prilaku, maupun tindakan yang positif. Semua hal postif tersebut jika kamu memilikinya, maka akan membuatmu jauh lebih bahagia. Mengapa ? karena kamu terhindar dari hal-hal negatif yang bisa menghancurkan dirimu kapanpun. Orang-orang yang memiliki jiwa self leadership tinggi cenderung menginspirasi orang-orang disekitarnya, melalui hal-hal yang disebarkan secara positif. Tidak heran orang-orang yang memiliki jiwa self leadership ini memiliki relasi pertemanan yang luas. Jika kamu memiliki relasi pertemanan yang luas, tentunya kamu tidak akan merasa sendiri, dan kamu menjadi pribadi yang bahagia.

3. Mampu Membuatmu Mencapai Tujuan Yang Kamu Inginkan

Anak Panah, Tepat Sasaran, Tepat Tujuan
Ilustrasi Anak Panah Yang Tepat Sasaran(pexels.com/engin akyurt)

Kita semua tentunya memiliki tujuan masing-masing, namun tujuan tersebut bisa kita capai dengan cepat ataupun lambat tergantung dari diri kita sendiri. Seringkali kita gagal dan belum bisa mencapai yang kita harapkan, namun begitu bukan berarti kita tidak mampu, kita hanya masih belum merencanakan tujuan kita dengan matang. Nah, dengan adanya kemampuan kepemimpinan diri atau self leadership ini, kita bisa men-set goal atau tujuan kita secara matang. Kamu bisa mengeluarkan segala ide-ide yang ada didalam dirimu, dan membuat peta konsep tujuanmu dengan segala pertimbangan, resiko, dan yang lainnya. Keluarkan kemampuan kepemimpinan dirimu, ya!

4. Menjadi Seorang Pembelajar

Notes, ceklist, Catatan
Ilustrasi Ceklist Notes(pexels.com/polina zimmerman)

Ada sebuah ungkapan bahwa orang cerdas adalah orang yang belajar dari kesalahannya, dan orang bijak adalah orang yang tidak akan mengulangi kesalahannya. Jika kamu memiliki jiwa kepemimpinan diri atau self leadership maka kamu akan terus terpacu untuk belajar. Karena didalam dirimu sudah tertanam mind set bahwa kamu harus terus memperbaiki dirimu, menjadikan dirimu lebih baik lagi. Jangan lupa, kamu bertanggung jawab atas dirimu sendiri lho.

5. Menjadi Pribadi Yang Rendah Hati

Berjabat Tangan, Mengepalkan Tangan
Ilustrasi Wanita Dan Pria Bertegur Sapa Dengan Menggepalkan Tangan(pexels.com/andres ayrton)

Selain menjadi pribadi yang bahagia, dan pembelajar kamu juga bisa menjadi pribadi yang rendah hati jika kamu memiliki kemampuan kepemimpinan diri atau self leadership. Menjadi pribadi yang rendah hati merupakan hal yang penting, kamu dapat dengan mudah disukai orang-orang dimanapun kamu berada karena sifatmu yang rendah hati ini. Jika kamu disukai banyak orang, maka pintu kesuksesanmu akan terbuka dengan lebar. kamu pasti mau bukan ?

6. Mendukungmu Dalam Kinerja Tim, Kelompok, Ataupun Pekerjaan

Kekuatan Tim, Support, Kerja Sama Tim
Ilustrasi Tim Mengumpulkan Tangan Masing-Masing(pexels.com/fauxels)

Seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan diri atau self leadership mampu memperlihatkan integritas, dan kinerjanya dalam bekerja. Selain itu self leadership dapat membantu seseorang untuk bisa beradaptasi, dan bersosialisasi dengan orang lain baik itu dalam tim, organisasi, maupun dalam hal pekerjaan. Self leadership mendukung untuk mengeluarkan performamu dalam bekerja. Apabila kamu memiliki performa yang baik dalam pekerjaan, maka kamu bisa meningkatkan posisi karirmu. Pastinya kamu mau bukan ? Kalau iya, penting banget nih untuk kamu mulai dari sekarang  memiliki kemampuan kepemimpinan diri atau self leadership. Buat kamu yang penasaran pengen menguasai self leadership. kamu bisa ikutan kursus online Sukses Membangun Kesan Ke Atasan di Vocasia.Id kursus ini dapat membantu kamu menguasai kemampuan leadership, dan juga memberikan pelatihan seputar dunia pekerjaan. Lagi diskon 82% lho.Yuk miliki kursusnya sekarang juga!

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Bersikap Open Minded

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *