Tanggal:04 May 2024

Berikut Skill yang Harus Dikuasai Sebelum Memulai Karir

ilustrasi kemampuan kerja (pixabay.com)

1. Komunikasi

Komunikasi merupakan hal pertama dan utama dalam hal kemampuan yang harus dikuasai dalam memulai karir bidang apa saja, nih. Dimana terdapat begitu banyak manfaat dari kemampuan berkomunikasi ini, lho. Pertama, kamu bisa memiliki kemampuan dalam menyampaikan pesan secara efektif yang singkat, padat, dan jelas. Yang mana pesan itu tidak bertele-tele, tetapi juga si penerima pesan bisa mengangkap makna dari pesan penting komunikasi antar rekan kerja, ya. Pun sebaliknya dengan kemampuan komunikasi yang baik, kamu bukan hanya menjadi penyampai pesan yang bijak, tapi juga penerima pesan yang mampu menangkap isi pesan dengan baik dan benar.

Lebih lanjutnya, saat tingkat komunikasimu lebih matang lagi tentunya bukan hanya makna pesan yang tersampaikan dengan jelas, tetapi juga mengenai kemungkinan terjadi kesalahpahaman dengan kolega atau rekan kerja. Bayangkan saja jika kamu tak paham etika dalam berkomunikasi tentu kamu akan berbicara semaumu sendiri tanpa melihat situasi dan kondisi bahkan bisa saja meyela pembicaraan orang lain. Pun dengan pesan orang lain, tanpa kamu respon dengan etika berkomunikasi tentu saja pesan yang bercover negatif akan selalu bermakna negatif dibenakmu, tanpa mendengarkan serta mengkomunikasikan makna penting apa yang sejatinya tersembunyi di balik cover pesan negatif itu.

2. Berpikir Kritis

Kemampuan selanjutnya yang tak kalah penting dalam memulai dunia karir adalah kemampuan dalam berpikir kritis, nih. Dimana seseorang yang selalu berpikir kritis tentu segala tindakannya akan dipikirkan secara matang-matang terlebih dahulu agar tak menimbulkan sebuah masalah. Ataupun kalau ada tindakan yang berisiko tentu dengan berpikir kritis akan menghasilkan risiko yang seminimal mungkin, ya.

Tak hanya dalam bertindak, tentunya saat menerima informasi dari pihak luar dengan kemampuan kritis akan mampu menyaring bagaimana fakta yang senyatanya ada dalam info tersebut. Dimana terkadang info yang masuk itu telah dibumbui dengan sebuah kebohongan untuk tujuan tertentu, bayankan saja kalau tujuan itu merugikan perusahaan tempatmu bekerja tentu saja dapat kamu gagalkan ketika kamu berpikir kritis saat menerima info berbahaya itu dengan tidak langsung memvalidasinya tetapi memastikannya berdasarkan bukti yang konkret terlebih dahulu.

3. Pemecah Masalah

Siapa sih yang tak tertarik untuk merekrut pekerja yang mampu menyelesaikan permasalahan yang ada di perushaan? Tentunya jadi idaman semua perusahaan, ya. Dimana kemampuan dalam memecahkan masalah ini bisa diperoleh dengan melakukan riset hingga evaluasi atas masalah-masalah serupa yang terjadi di masa lalu serta yang terjadi lagi pada saat ini, untuk upaya penanganan permasalahan yang tengah terjadi. Pun hanya mempelajari masalah yang terjadi di masa dan berpotensi akan segera terjadi lagi juga perlu dilakukan sebagai upaya pencegahan. Ya, secara umum kemampuan dalam memecahkan masalah ini bisa dilakukan saat analisismu dapat mengetahui penyebab utama dari permasalahan, lalu menemukan obatnya.

4. Manajemen Waktu

Setiap perusahaan pastinya mengingkan seorang karyawan yang produktif dalam bekerja, ya. Dimana produktif di sini bisa memanfaatkan waktu kerja dengan sebaik mungkin, nih. Yang mana tolak ukur dari pemanfaat waktu kerja ini adalah dalam waktu yang seminimimal mungkin bisa menghasilkan pekerjaan yang hasilnya semaksimal mungkin, baik secara kuantitas maupun kualitasnya. Tentunya semua hal itu bisa kamu raih sata memiliki kemampuan manajeman waktu yang baik dan benar, jangan sampai deh pengalamanmu dalam bekerja selalu mepet deadline karena itu bukan yang diharapkan oleh perusahaan.

5. Operasi Komputer

Tak bisa dipungkiri seiring dengan berjalannya waktu, tentu dunia digital akan semakin berkembang dalam segala bidang, khususnya dalam hal ini urusan pekerjaan. Maka dari itu, dalam persiapan dunia karir kamu bisa mulai mengasah kemampuan operasi komputer dari menjalankan microsoft officeemailblogging, lalu kamu juga bisa menambah kemampuanmu dalam bidang kreatif seperti kemampuan mengoperasikan photoshop, corel draw, atau AutoCAD.  Jangan lupa juga, kamu juga harus bisa menguasai Backup Management, End User Support, Client Server Management agar kamu dapat memahami dan menyelidiki permasalahan yang ada di komputer kamu, nih.

Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Kamu bisa menikmati segala kursus online dari berbagai topik yang sedang kamu butuhkan dengan potongan harga khusus hanya di Vocasia . Ingat bahwa dunia semakin cepat berkembang tanpa menunggu kesiapanmu, kalau bukan dari sekarang kamu menyiapkan kemampuan diri atau menjadikan diri lebih mahir akan suatu hal, lantas menunggu kapan lagi? Segera cek dan temukan kursusmu hanya dengan klik tautan dibawah ini!.

basic excel training
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *