Tanggal:12 May 2024

10+ Ide Konten Tiktok untuk Mendapatkan Banyak Views

Aplikasi TikTok sangat pesat perkembangannya di dunia. Hampir semua kalangan mengaksesnya setiap hari. Di dalamnya terdapat berbagai fitur dan juga konten sebagai sarana hiburan untuk menghilangkan jenuh akibat padatnya aktivitas.

Platform media sosial TikTok berasal dari perusahaan China bernama ByteDance. Pembuatan aplikasi ini memiliki misi agar bisa memfasilitasi dan menyajikan kreativitas dari setiap momen yang ada supaya dapat dilihat oleh seluruh penjuru di dunia melalui ponsel.

Akibatnya, banyak sekali kaum milenial membaca peluang dari trendingnya TikTok. Tujuannya agar mereka bisa mendapatkan cuan dari aplikasi tersebut. Untuk itu, hal yang perlu kamu lakukan adalah mencari ide konten TikTok menarik guna meningkatkan jumlah views, followers, ataupun muncul di halaman FYP.

Konten yang kamu buat suatu saat akan viral, bukan hanya pada media sosial TikTok saja, lho. Namun akan tersebar juga pada platform lain seperti Youtube, Instagram, Twitter, dan lainnya. Bila ingin menekuninya, kamu harus memiliki kreativitas yang tinggi dalam pembuatan ide konten TikTok. Selain itu, kamu juga harus siap mengorbankan waktumu agar menghasilkan banyak konten berkualitas.

Jika berhasil konsisten membuatnya, kamu akan menerima tawaran endorse karena sudah mempunyai followers dan views banyak. Lantas, konten seperti apa yang bisa meningkatkan views di Tiktok? Bila kamu belum mengetahuinya, tak perlu risau. Vocasia akan memberikan beberapa rekomendasi ide konten yang bisa kamu buat. Mari simak artikel ini hingga akhir!

Ide Konten TikTok yang Bisa Mendatangkan Views Banyak

Konten di Berbagai Media Sosial (Freepik)

1. Story Telling

Ilustrasi Story Telling (Freepik)

Konten dengan tema story telling mungkin sudah sering kamu lihat di kanal YouTube. Namun, kamu juga bisa mencoba membuatnya di TikTok agar terlihat berbeda dan menarik. Hal ini bertujuan untuk menambah followers kamu di TikTok. Kamu bisa membuat video yang lebih singkat sekitar 15 sampai 60 detik supaya mudah dipahami. Mengingat bahwa durasi video di TikTok tidak bisa terlalu panjang, kamu bisa juga membaginya dalam beberapa part video. Konten video tersebut bisa berisi tentang apa saja. Kamu sesuaikan saja dengan apa yang kamu kuasai agar berbagi kisahnya pun tidak merasa beban.

2. Educational (Edukasi)

Ternyata bukan hanya konten menarik dengan jenis hiburan saja yang bisa masuk FYP di TikTok. Konten yang berisi informasi baru dan edukasi juga dapat masuk FYP. Selama pandemi, apalagi masa karantina kemarin, TikTok banyak yang menggunakan hastag seperti #samasamabelajar yang mengundang banyak sekali penonton untuk melihatnya. Dalam hastag ini biasanya berisi konten-konten TikTok yang menarik dan pastinya bermanfaat. Pokoknya cocok deh untuk bagi-bagi ilmu atau skill yang kamu punya. Contoh akun yang bisa kamu akses adalah @vocasia.id. Di dalamnya terdapat banyak video penjelasan mengenai kursus untuk meningkatkan soft skill-mu. Maksimalkanlah berbagai fitur yang terdapat pada TikTok dalam membuat berbagai jenis video edukasi, seperti FAQ, cerita pendek, atau listicle video. Selain itu, sisipkan juga backsound yang mendukung agar lebih menarik.

3. Humor Receh (Komedi)

Konten Komedi (Pixebay)

Kamu sadar gak sih kalau konten receh saat ini mempunyai manfaat yang begitu besar dan banyak berpengaruh di semua media sosial? Tidak sedikit orang bahkan perusahaan yang ingin memperkenalkan brand mereka menggunakan konten dengan jenis humor receh ini. Dan ternyata hasilnya bisa menarik engagement yang banyak, lho. So, konten ini bisa kamu buat lebih menarik lagi. Pastinya bakalan seru banget bisa jadi hiburan sekaligus bermanfaat bagi orang lain. Kamu bisa melihat beberapa referensi di media sosial dan modifikasi sesuai kreativitasmu, ya!

4. Behind the Scene

Jenis konten ini akan meningkatkan peluang bisnismu untuk dikenal oleh banyak konsumen di luar sana. Bagaimana tidak, dengan adanya konten behins the scene atau dibalik layar, kamu bisa memperlihatkan bisnis kamu berjalan setiap harinya. Konsumen juga lebih mengetahui produk atau layanan yang kamu tawarkan di pasaran dari awal hingga selesai. Banyak berbagai cara yang bisa kamu tunjukkan. Misalnya proses dibalik terbentuknya produk baru, pembuatan produk, hingga bagaimana keadaan di balik layar dari foto produk. Banyak hal yang bisa kamu tampilan melalui konten ini untuk memperlihatkan keunikan atau perbedaan dari produk komersial lainnya.

5. Stich Video dengan Influencer

Video Stich (Freepik)

Peranan seorang influencer dalam social media marketing memang sangat membantu branding dan meningkatkan pemasaran. Hal tersebut juga dapat dilakukan untuk sebuah konten TikTok. Kamu bisa mencari influencer yang sudah memiliki banyak followers. Setelah itu, ajak mereka untuk bekerja sama dalam berbagai bentuk seperti mempromosikan brand kamu di akun mereka atau mengizinkan akun TikTok-mu diambil alih sementara oleh mereka. Dengan strategi seperti itu, kamu dapat meraih audiens dan views banyak.

6. Tutorial

Kamu menyukai memasak atau justru senang make up? Daripada kamu menikmati hobi itu sendiri, lebih baik kamu jadikan itu sebagai ide konten TikTok. Kamu bisa memberikan tutorial memasak dan membagikan resep makanan serta lainnya. Tutorial ini juga menjadi salah satu konten yang banyak dicari pengguna. Buktinya, hampir di seluruh platform baik Youtube maupun Instagram pasti selalu ada konten seperti ini.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Akun TikTok Shop?

7. Dance Challenge

Konten Dancer (Pixebay)

Ide konten TikTok berikutnya adalah dance challenge. Konten ini mirip dengan hashtag challenge. Jika hashtag challenge membebaskan kamu untuk membuat video apa pun asalkan menyertakan hashtag, dance challenge mengajak audiens melakukan dance menggunakan konsep yang sedang tranding dan lagu untuk mendukung gerakanmu.

8. Konten “A Day in My Life”

Konten TikTok tidak selalu berisi penuh dengan edukasi dan serius, sesekali kamu bisa selingi dengan konten hiburan, salah satunya seperti “A day in my life”. Di dalamnya kamu bisa  menceritakan tentang kegiatan keseharian hingga kebiasaan kamu yang mirip seperti mini vlog. Misalnya aktivitas keseharian mulai dari bangun pagi, bekerja, hingga tidur kembali. Tidak hanya kegiatan selama satu hari, tetapi bisa juga kegiatan ketika di oudoor atau sedang jalan-jalan keluar rumah.

9. Launching Product

Promosi Product (Pixebay)

Tujuan konten ini untuk memperkenalkan sebuah produk atau jasa. Sebaiknya, dalam konten ini tidak langsung mempromosikannya dengan menyertakan label harga. Kamu harus memberikan visualisasi menarik yang berisi spoiler produk dan kelebihannya. Bisa juga dengan memberitahu alasan pembuatan produk atau jasa tersebut. TikTok merupakan platform video berdurasi singkat. Kamu harus memiliki kemampuan untuk merangkum informasi seputar produk. Buatlah secara singkat dan detail tetapi fokus pada satu sisi.

10. Kuliner

Di masa pandemi seperti ini, konten kuliner dan memasak banyak digemari. Tentunya dilatarbelakangi oleh banyaknya orang yang lebih memilih memasak sendiri di rumah. Hal tersebut terjadi karena banyak restoran yang tutup sementara dan memiliki jam terbatas pembelian. Beberapa contoh konten kuliner seperti rekomendasi tempat makan yang enak, tutorial memasak, tips menyimpan bahan makanan, hingga resep makanan. Konten jenis ini bisa kamu buat dengan versimu sendiri.

11. Podcast

Ilustrasi Podcast (Pixebay)

Alasan siaran podcast banyak diminati adalah topik pembahasannya yang lebih variatif dan mengikuti trend yang sedang terjadi, baik dalam negeri maupun luar negeri. Podcast juga banyak diminati karena selalu memiliki hal yang menarik, entah dari pembicara tersebut orang penting, artis, motivator, dan lainnya. Konten jenis ini juga memberikan kesempatan berekspresi dan bebas untuk berpendapat.

12. Membuat Sketsa Video

Konten lainnya yang sangat populer di TikTok adalah konten video berupa sketsa. Kamu bisa membuatnya berupa cerita yang unik dan menarik. Konten tersebut bisa membahas tentang sejarah suatu tempat bahkan aktivitas harian. Kamu juga bisa menggunakan jasa seorang ilustrator andal untuk mewujudkan konten seperti ini.

Nah, itulah tadi beberapa contoh ide konten TikTok yang bisa kamu terapkan agar mendapatkan banyak views. Semoga artikel ini bermanfaat dan nantikan artikel lainnya dari Vocasia, ya. Ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan info lainnya!

kursus belajar membuat dimsum vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *