Tanggal:21 May 2024

Cara Menjadi Finance yang Baik

Semua perusahaan membutuhkan pengelolaan keuangan yang baik. Pengelolaan keuangan ini bertujuan untuk menstabilkan keuangan perusahaan serta bisa menggunakan uang dengan tepat.

Di dalam perusahaan yang orang yang mengelola keuangan biasa disebut akuntan atau bagian finance. Untuk menjadi finance atau akuntan tidaklah mudah, diperlukan beberapa kriteria untuk menjadi finance yang baik.

Buat kamu yang memang berkeinginan menjadi seorang akuntan, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan membahas bagaimana cara menjadi finance yang baik.

Baca Juga | Manajemen Keuangan : Pengertian, Fungsi, Dan Tips Mengelola

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel berikut ini sampai tuntas!

1. Jujur

Dalam pengelolaan keuangan, kejujuran adalah hal yang paling penting. Profesi ini menuntun kamu untuk melaporkan bagaimana kondisi keuangan perusahaan secara apa adanya. Kecurangan yang dilakukan seorang akuntan bisa berakibat fatal.

Baca Juga | Prinsip Etika Bisnis Untuk Usahamu! Yuk Simak

2. Tidak mudah dibohongi

Selalu memverifikasi setiap informasi

Selalu memverifikasi setiap informasi – @pixabay.com

Seorang akuntan wajib untuk mempercayai sesuatu berdasarkan fakta dan data yang ditemui. Sifat ini akan membuat kamu menjadi seorang akuntan yang baik.

Pada dasarnya cara bekerja seorang akuntan juga dengan menerima informasi dan melakukan verifikasi atas informasi tersebut menjadi suatu fakta sehingga bisa menghasilkan keputusan yang tepat

3. Disiplin dan Konsisten

Seorang finance harus bisa secara konsusten menyelesaikan pekerjaannya dengan melakukan rangkaian pekerjaan yang berurutan. Lakukan semua pekerjaan sesuai prosedur!

Misalnya menggunakan metode pengerjaan yang konsisten, satuan ukuran yang digunakan selalu konsisten, bentuk penyampaian informasi yang jelas dan konsisten dan seterusnya.

Sikap konsisten bisa terbentuk akibat adanya rasa disiplin yang tinggi. Maka dari itu sikap displin sangat diperlukan. Setiap menerima informasi, seorang akuntan dilarang menyepelekan informasi tersebut karena setiap informasi penting untuk diverifikasi oleh seorang akuntan terlebih dahulu. Pastikan juga akuntan selalu bisa menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu.

Seorang akuntan yang baik juga dituntut untuk selalu mengerti dan memahami peraturan dari pemerintah yang sedang berlaku saat ini.

Baca Juga | 9 Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Online, Omzet Dijamin Naik!

4. Detail dan teliti

Teliti mengumpulkan informasi

Teliti mengumpulkan informasi – @pixabay.com

Sifat teliti merupakan modal penting seorang akuntan. Seperti yang kita tahu akuntan harus bisa menggunakan uang perusahaan secara bertanggung jawab dan terukur. Sikap teliti juga bisa membuat akuntan terhindar dari berbagai kesalahan dalam penulisan.

Pastikan setiap transaksi yang dilakukan oleh berbagai pihak bisa kamu buktikan valid dan memang benar terjadi. Nominal yang ada pada transaksi tersebut harus sama dengan apa yang ditulis oleh pihak akuntan.

Sifat detail juga sangat diperlukan bagi seorang finance yang baik, mengingat dalam pembukuan uang perusahan segala transaksi wajib ditulis secara rinci.

Baca Juga | Apa itu Omzet?

5. Logis

Akuntansi bukanlah ilmu yang pasti, dimana seorang finance juga tidak jarang mengambil suatu keputusan. Dalam mengambil keputusan ini seorang akuntun harus mengambil keputusan berdasarkan alasan yang masuk akal dan terukur.

Kedepannya kamu akan semakin mengenal orang yang bekerja di bidang finance bahwa mereka tidak mudah mempercai hal yang belum terbukti.

Demikian beberapa karakter yang harus ditanamkan untuk menjadi finance yang baik.

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Baca Juga | Perbedaan Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Manajemen

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
jadwal kerja terstruktur
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *