Tanggal:04 May 2024

9 Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Online, Omzet Dijamin Naik!

Peningkatan omzet secara terus menerus merupakan impian setiap pebisnis. Dalam kenyataanya, pebisnis sering dihadapakan pada kondisi penjualan yang terus bergerak turun. Sebab meningkatkan penjualan tidak semudah membolak-balikkan telapak tangan, terlebih pada usaha online.

Dibutuhkan upaya ekstra dalam meningkatkan penjualan online agar target bisnis bisa tercapai. Kamu tidak dapat mengandalkan strategi promosi dan pemasaran yang biasa-biasa saja untuk dapat menghasilkan penjualan yang luar biasa. Kamu harus memanfaatkan perkembangan dunia digital yang terus meningkat untuk membuat perubahan signifikan terhadap bisnis kamu. Nah, berikut 9 cara yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan online:

1. Pahami Pelanggan Kamu

Cara pertama yang bisa kamu coba lakukan untuk meningkatkan penjualan online adalah dengan memahami karakteristik dan hal-hal yang disukai oleh pelanggan kamu. Dengan memahami pelanggan yang kamu miliki, tentu akan berdampak pada pengambilan keputusan tentang produk dan jenis aktivitas pemasaran online yang harus dijalankan. Kamu juga dapat memanfaatkan berbagai tool analisis dan sistem point-of-sale (POS) untuk mengidentifikasi pola dan preferensi pembelian yang biasa dilakukan oleh pelanggan bisnismu.

2. Temukan Keunikan pada Toko Kamu

Untuk meningkatkan penjualan online kamu dapat mencoba dengan menenumkan keunikan pada usahamu. Jika kamu sudah tahu hal unik yang berbeda dari bisnimu, selanjutnya kamu hanya tinggal menyusun strategi pemasaran digital yang tepat. Keunikan-keunikan tersebut juga bisa kamu masukkan ke dalam tagline usahamu, highlight di homepage, atau bahkan menyiarkan di iklan media sosial.

3. Permudah Proses Pembelian Produk

Sederhanakan proses pembelian produk. Sumber: pexels.com

Cara ketiga untuk meningkatkan penjualan online dari bisnis ialah mempermudah proses pembelian produk. Buat proses pencarian hingga pembelian di toko online kamu jadi semudah mungkin bagi pelanggan. Karena pada kebanyakan kasus, toko online dengan customer experience yang rumit akan membuat calon pelanggan hanya mengakses situs web dan kemudian pergi tanpa membeli. Dalam hal ini, sektor yang umumnya diperbaiki untuk meningkatkan pengalaman pelanggan adalah fitur pencarian di situs web, navigasi produk, dan halaman checkout.

4. Tingkatkan Fitur dan Layanan Pelanggan Toko Kamu

Cara meningkatkan penjualan online yang keempat adalah meningkatkan fitur dan layanan pelanggan di toko kamu. Dengan mengoptimalisasikan fitur-fitur yang toko online kamu miliki akan menambah kenyamaan pelanggan saat berbelanja. Selain itu, pelanggan pasti akan sangat menghargai toko dengan customer service yang tanggap dan tepercaya. Menurut laporan Zendesk (perusahaan software customer service), 84% responden survei menyatakan bahwa layanan pelanggan adalah faktor kunci ketika memutuskan untuk membeli di sebuah toko online.

5. Tunjukkan Testimoni Pelanggan

Selanjutnya cara yang dapat kamu coba adalah dengan memanfaatkan testomoni pelanggan. Dengan menunjukkan testimonial pelanggan yang positif dalam jumlah banyak, tentu saja akan menarik minat calon pelanggan baru, sehingga penjualan online akan naik. Testimoni pelanggan juga dapat menjadi senjata kamu untuk meyakinkan calon konsumen. Kamu dapat meletakkan testimoni pelanggan di halaman produk, landing page, atau bahkan halaman utama website Anda.

6. Optimalkan Media Sosial

Optimalkan penggunaan media sosial. Sumber: pexels.com

Dengan kemajuan teknologi yang pesat, pemanfaatan media sosial tidak bisa diremehkan dalam hal meningkatkan penjualan secara online. Sudah banyak contoh bisnis yang berhasil hingga pendapatannya berkali-kali lipat dari modal yang dikeluarkan. Kini media sosial merupakan salah satu platform yang tidak pernah sepi pengunjung, apalagi media sosial besar seperti Facebook, Twitter, maupun Instagram. Sebab itu, potensi penjualan online bisa meningkat pesat karena jutaan pengunjung berpotensi melihat bisnis Anda. Apalagi kini banyak media sosial kini sudah banyak yang menawarkan fitur khusus untuk bisnis. Jadi, potensi meningkatnya penjualan online jauh lebih tinggi.

7. Aktif di Komunitas Online

Selain mengoptimalkan penggunaan media sosial, kamu juga dapat mencoba untuk aktif di komunitas online khusus pengusaha. Komunitas tersebut terdiri dari berbagai pengusaha baik pemula dan profesional dapat membantu kamu untuk mempelajari karakteristik konsumen. Mungkin terlihat sepele, namun hasilnya bisa sangat memuaskan. Dengan mengetahui karakteristik konsumen dengan baik, maka kamu bisa menciptakan produk yang diinginkan oleh konsumen, sehingga penjualan online dapat meningkat. Selain itu, dengan aktif di komunitas online kamu bisa mendapat informasi-informasi tentang bisnis lainnya.

8. Buat Iklan yang Jujur

Jika ingin meningkatkan penjualan online, tentu saja kamu perlu membuat iklan. Dalam membuat iklan kamu dituntut untuk membuat iklan yang unik, kreatif, dan menarik. Namun, bukan berarti kamu dapat menyisipkan klaim-klaim tidak jujur dalam iklan. Kejujuran dalam membuat iklan merupakan hal krusial untuk reputasi bisnis kamu. Sehingga, jangan pernah terlintas untuk membuat iklan yang tidak jujur, karena hal tersebut hanya akan memperburuk kredibilitas bisnis kamu di mata konsumen.

9. Manfaatkan Influencer Berpengaruh

Gunakan jasa influencer. Sumber: pexels.com

Pasti Anda yang aktif di media sosial tahu tentang istilah endorse atau kolaborasi dengan influencer. Hal tersebut juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penjualan, lho. Namun, harga yang perlu kamu keluarkan untuk menggunakan cara ini cukup mahal. Jika berminat, kamu bisa menggunakan jasa influencer yang sesuai dengan bisnis. Karena influencer yang sesuai dengan bisnis yang kamu miliki, pasti memiliki pengikut yang sama dengan target pasar kamu.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *