Tanggal:15 May 2024

Pekerjaan-Pekerjaan Yang Terdampak Saat Pandemi, Apa Aja Ya?

Pandemi COVID-19 yang terjadi pada tahun 2020 merubah segala kehidupan kita di dunia ini. Hampir semua hal yang dapat kamu pikirkan terdampak karena virus corona. Mulai dari sekolah, kantor, dan aktivitas luar lainnya harus dihentikan sampai penyebaran virus terhenti. Pada akhirnya, vaksin mulai dibuat dan bermunculan di hadapan publik dan hidup yang sebelumnya kita biasa kita alami mulai kembali perlahan-lahan, walaupun belum sempurna. 

Lalu, apa saja sih hal-hal yang sangat terdampak sekali karena adanya pandemi ini? Seperti yang sudah sebelumnya disebutkan, kehidupan perkantoran dan banyaknya pekerjaan mungkin menjadi hal yang sangat terpengaruh dengan adanya pandemi ini. Banyak sekali orang yang kehilangan pekerjaan dan orang-orang yang masih memiliki pekerjaan harus bekerja dari rumah sampai kondisi kondusif. 

Kira-kira, pekerjaan apa saja ya yang terdampak saat pandemi? Yuk kita cek bareng-bareng! 

1. Supir Pribadi

Sejak pandemi berlangsung, pastinya kita akan sering-sering di rumah agar kita tidak tertular dengan virus corona. Hal itu membuat kita hampir tidak pernah keluar rumah dengan kendaraan pribadi, termasuk untuk kamu yang memiliki seorang supir juga di rumah. Maka dari itu, kamu tidak perlu membutuhkan supir kamu lagi jika kamu tidak keluar rumah. Bayangkan saja banyaknya keluarga-keluarga diluar sana yang memiliki supir, pasti banyak supir juga yang dipulangkan atau tidak dipekerjakan selama pandemi berlangsung, pasti banyak.

2. Driver Online 

Tidak hanya supir pribadi, tetapi driver online yang biasa kamu gunakan sebagai transportasi online juga terkena dampaknya. Hal ini juga terjadi dikarenakan hampir semua orang berada di rumah agar tidak terpapar virus corona.

3. Karyawan Kantor 

Karyawan kantor juga merupakan salah satu pekerjaan yang banyak sekali terkena dampaknya. Bayangkan saja gedung-gedung kantor yang banyak di ibu kota, tetapi tidak ada orangnya sama sekali selama berbulan-bulan. Itulah hal yang terjadi selama pandemi.

4. Buruh 

Buruh juga salah satu pekerjaan yang hampir sama dengan karyawan kantor. Banyak sekali buruh yang dihentikan dan dirumahkan karena pandemi. Contohnya saja buruh-buruh di pertambangan dan konstruksi. Hampir semua buruh dari konstruksi tersebut diberhentikan.

5. Asisten Rumah Tangga

Walaupun seorang pembantu bekerja di rumah saja, tidak menutupi bahwa mereka akan diberhentikan oleh majikannya. Hal ini terjadi bisa karena majikannya memiliki finansial yang harus dijaga karena pandemi, atau pembantunya sendiri yang meminta pulang karena ingin bersama keluarga.

Itulah pekerjaan-pekerjaan yang terdampak saat pandemi, apakah pekerjaan kamu merupakan salah satu yang terdampak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *