Tanggal:17 May 2024

7 Cara Efektif Menjadi Polyglot, Wajib Kuasai Banyak Bahasa!

Di era globalisasi memiliki kemampuan berbahasa asing bisa merupakan suatu kelebihan yang sangat perlu disyukuri. Terlebih menguasai lebih dari satu bahasa asing. Tentu banyak manfaat yang bisa ditemukan salah satunya, kamu tidak akan kesulitan berkomunikasi dengan orang asing dari berbagai negara.

Namun sebagian orang masih berpikir bahwa kemampuan berbahasa asing hanya mampu dikuasai oleh sebagian orang tertentu saja. Padahal, hal tersebut tentu tidak sepenuhnya benar. Sebab, kamu dapat mahir, apabila kamu tekun belajar dan memiliki ketertarikan yang tinggi tentang bahasa baru. Menguasai banyak bahasa juga membaerikan peluang menjadi seorang polyglot. Berikut beberapa cara dan tips yang bisa kamu gunakan untuk menjadi polyglot.

Apa Itu Polyglot?

Polyglot adalah sebutan untuk orang yang memiliki kemampuan menguasai banyak bahasa. Tidak ada definisi resmi mengenai berapa banyak bahasa yang harus dikuasai untuk disebut sebagai seorang polyglot. Namun, Richard Hudson, Professor Linguistik dari University College of London, menciptakan istilah “hyperpolyglot” untuk orang yang menguasai 6 bahasa atau lebih.

Cara menjadi polyglot

Untuk menjadi polyglot terdapat banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan dalam menguasai banyak bahasa. Biasanya, setiap orang juga memiliki cara tersendiri dalam membantu mereka menjadi polyglot. Contohnya seperti ada yang mempelajari beberapa bahasa sekaligus atau mempelajarinya satu per satu bahasa.

1. Mempelajari satu bahasa dalam satu waktu

Cara efektif yang pertama untuk menjadi polyglot adalah menguasai satu bahasa dalam satu waktu. Hal tersebut bertujuan agar kamu bisa fokus dan tidak bingung dalam mempelajarinya. Sebab apabila kamu mempelajari dua bahasa atau lebih secara bersamaan, tentu tidak akan mudah bagimu untuk menyerap informasi yang ada.

2. Mengikuti kelas bahasa

Cara kedua yang efektif untuk membantu kamu menjadi polyglot ialah dengan mengikuti kelas bahasa. Dengan mengikuti kelas tersebut, kamu dapat mempelajari satu bahasa dengan terstruktur. Selain itu kamu pun bisa bertanya kepada para pengajar apabila kamu merasa kesulitan menyerap materi tertentu. Hal tersebut akan mempercepat kamu dalam menguasai bahasa yang sedang kamu pelajari.

Selain mengikuti kelas bahasa secara langsung, kamu juga bisa mempelajari bahasa dengan memanfaatkan aplikasi mobile yang banyak tersedia. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk menguasai satu bahasa secara mudah dan gratis.

3. Berlatih

Cara efektif dalam mempelajari bahasa selanjutnya adalah berlatih. Kunci keberhasilan untuk menjadi seorang polyglot adalah harus selalu rutin berlatih. Sebab semakin sering kamu berlatih, maka akan semakin baik juga kemampuanmu menguasai bahasa.

Supaya lebih mudah, kamu bisa mempertimbangkan untuk mencari teman berlatih. Kamu bisa mengajak teman kamu untuk berlatih bersama setiap harinya.

4. Menggunakan teknik Laddering

Cara efektif lainnya untuk menjadi polygot  yaitu menguasai banyak bahasa menggunakan teknik Laddering. Teknik laddering merupakan teknik menempatkan bahasa yang kamu ketahui dalam hierarki. Sebagai contoh, apabila kamu ingin menerjemahkan kalimat dari Bahasa Korea, cobalah untuk tidak langsung mengartikannya langsung ke Bahasa Indonesia. Namun, terjemahkan terlebih dahulu ke Bahasa Inggris, baru kemudian ke bahasa Indonesia. Pada dasarnya, teknik ini akan membantu kamu menghindari kebingungan antar bahasa yang kamu pelajari.

5. Pelajari satu buku dalam banyak bahasa

Salah satu metode efektif selanjutnya dalam meningkatkan keterampilan berbagai bahasa adalah mempelajari satu buku dengan banyak bahasa. Daripada membaca buku berbeda dalam bahasa yang berbeda, kamu cukup membaca satu buku sederhana dalam berbagai bahasa.

Banyak sekali buku-buku klasik yang diterjemahkan ke banyak bahasa. Salah satu contohnya adalah buku Harry Potter yang tersedia dalam berbagai versi bahasa seperti Inggris, Perancis, dan Jerman. Dengan banyaknya bahasa yang digunakan tersebut dapat membantu kamu mendalami bahasa yang sedang kamu mempelajari.

Selain itu, kamu juga bisa membeli beberapa buku yang dibuat khusus untuk polyglot. Umumnya buku tersebut ditulis dalam bahasa Inggris di halaman genap, lalu dalam bahasa lain di halaman ganjil. Sehingga akan memberikan pengalaman yang unik, terlebih jika kamu membaca buku tersebut sambil mendengarkan versi audiobook dari bahasa yang kamu baca.

6. Gunakan media dengan bahasa yang sedang dipelajari

Cara efektif keenam dalam menjadi polyglot ialah mempelajari bahasa dengan memanaaftkan berbagai media penunjang. Seperti film, musik, surat kabar atau podcast. Media tersebut bagus untuk kamu memperdalam berbagai bahasa yang sedang kamu pelajari. Sebab melalui media tersebut kamu akan banyak menemukan berbagai frasa, ungkapan, dan bahkan bahasa gaul dari bahasa tersebut. Selain itu, kamu mungkin juga akan menjumpai perbedaan atau persamaan dalam hal pengucapan, bentuk huruf, atau makna dari sebuah kata.

7. Gunakan teknik immersion

Terakhir, cara efektif yang dapat kamu coba dalam mempelajari berbagai bahasa adalah menggunakan teknik Immersion. Teknik ini merupakan teknik yang menempatkan pembelajar pada kondisi lingkungan yang menggunakan bahasa asing.

Sebagai contoh,kamu bisa mencoba untuk membiasakan diri menulis, berbicara, mendengarkan, atau mengubah bahasa telepon dengan bahasa asing yang sedang dipelajari. Kegiatan tersebut dapat membantu kamu untuk membiasakan diri dalam berbagai bahasa.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *