Tanggal:16 May 2024

5 Tips merawat & membersihkan kamera analog agar tetap awet dan tahan lama

Walaupun sekarang sudah jaman Digital dan serba Auto, namun masih banyak orang yang setia menggunakan kamera analog (film).

Kamera analog lebih awet memiliki resolusi yang lebih besar, serta warna yang dihasilkan lebih vivid.

Baca Juga: Pengertian Dan Unsur Sinematografi

Kamera analog memang memiliki banyak kelebihan mulai dari lebih awet, memiliki resolusi yang lebih besar, serta warna yang dihasilkan lebih vivid (hidup) karena film menangkap sinar objek apa adanya.

Namun, berhubung kamera analog kebanyakan termasuk barang tua, kita pun harus pandai untuk merawatnya.

Merawat kamera analog ini butuh perawatan yang rutin agar tidak mengurangi peforma kamera itu sendiri. Caranya tidak sulit asal terampil dan rutin.

Baca Juga: Cara-Cara Kamu Untuk Menjadi Fotografer Profesional!

Berikut ini adalah tips merawat kamera analog :

1. Merawat Body

Pada dasarnya merawat kamera analog tidaklah sesulit yang dibayangkan, karena sebenarnya kamera analog memiliki bodi yang kuat yang berbahan dasar besi dan kulit/aluminium.

Namun walau begitu, Kalian tetap harus rajin membersihkannya agar terhindar dari karat ataupun noda yang membandel, dengan membersihkannya menggunakan blower dan kain lembut.

Pertama yang harus dilakukan, bersihkan debu disudut-sudut kamera menggunakan blower lalu di lap menggunakan kain keseluruh body apabila ada noda-noda yang sulit dibersihkan gunakan cairan pembersih khusus dengan menyemprotkan terlebih dahulu ke kain baru ke body kamera.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Kamera Digital, Wajib Banget Tau!

2. Membersihkan Lensa

Lensa adalah inti utama pada suatu kamera, dengan merawatnya secara rutin dan dengan cara yang benar maka lensa pada kamera tersebut akan tahan lama.

Lensa adalah salah satu bagian yang terpenting dari sebuah kamera, untuk itu Kalian harus rajin membersihkannya guna menghindarkan lensa dari jamur.

Untuk itu Kalian bisa membersihkannya menggunakan blower serta tisu lensa, namun jangan menggunakan kain biasa karena dikhawatirkan akan merusak permukaan lensa.

Cara membersihkan lensa pada kamera adalah dengan menggunakan Tissue Lensa jangan memakai kain biasa atau Tissue biasa, karena dari segi tekstur sangatlah berbeda dikhawatirkan jika menggunakan kain biasa atau Tissue biasa akan menggores lapisan kaca lensa.

Baca Juga: Pengertian Hunting Foto, Ketahui Dahulu Sebelum Melakukan Hunting Foto

3. Penyimpanan Kamera

Siapkan dry box untuk menyimpan kamera Kalian, karena dalam dry box suhu dan kelembaban dapat diatur secara otomatis.

Namun, jika Kalian kebetulan tidak memilki dry box, Kalian bisa menyiasatinya dengan menggunakan box plastik lalu didalamnya diisi dengan silica gel dan terakhir simpan kamera ditempat sejuk dan kering.

Baca Juga: Ingin Membeli Kamera Bekas? Ini Dia 6 Tips Dalam Memilih Kamera Bekas

4. Jauhkan Dari Kapur Barus

Kapur barus adalah benda yang sangat di takuti oleh kamera, karena kapur barus dapat merusak PBC ( printed circuit board ) yaitu tempat dimana chip elektronik untuk kamera digital.

Untuk kamera analog bisa merusak body. Karena uap kapur barus juga dapat membuat flek flek pada lensa kamera Kalian.

Menurut berita kerusakan pada kamera yang di sebabkan oleh kapur barus sangat sulit diperbaiki dan bahkan mungkin tidak bisa di perbaiki lagi

Baca Juga: Ketahui 4 Tips Cara Merawat Kamera Mirrorless

5. Jauhkan Dari Paparan Sinar Matahari

Usahakan & Hindari sinar Matahari berlebihan. Panas sinar matahari yang berlebihan bisa merusak bagian bagian kamera Kalian yang terbuat dari plastik dan karet serta komponen elektronik di dalamnya.

Nah, itulah kira-kira tips untuk merawat kamera analog agar tetap awet. Oh ya, untuk kalian yang ingin mencari kursus online dengan harga terjangkau jangan lupa kunjungi Vocasia.id disana banyak sekali kursus yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga: Sejarah Dan Awal Mula Lahirnya Teknik Fotografi

Dengan membayar sekali Kalian dapat mengaksesnya seumur hidup loh, Jadi tunggu apa lagi segera kunjungi Vocasia.id sekarang!

Baca Juga: 8 Cara Efektif Meningkatkan Skill Fotografi

Kursus belajar jadi video editor vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *