Tanggal:22 July 2024

7 Prospek Kerja Menjanjikan untuk Seniman

Seiring berkembangnya teknologi dan industri kreatif di Indonesia membuka banyak jalan untuk para seniman. Seniman sendiri menurut KBBI adalah sebutan untuk orang yang mempunyai bakat seni dan berhasil menciptakan dan menggelarkan karya seni.

Selain industri kreatif, seorang seniman juga dapat menitis karier di ranah media juga bidang periklanan. Sehingga saat ini jenis pekerjaan untuk seniman menjadi sangat beragam. Bahkan tidak sedikit yang memiliki peluang atau prospek kerja yang menjanjikan.

Hal tersebut dibuktikan dengan semua industri di Indonesia yang sudah pasti memiliki tim desain grafis untuk konten sosial media mereka. Selain desainer grafis masih banyak lagi profesi untuk seniman yang menjanjikan. Berikut ini Vocasia sudah merangkumkan 7 pekerjaan yang dapat menjadi prospek kerja menjanjikan untuk seniman.

1. Ilustrator

Prospek kerja yang menjanjikan untuk seniman yang pertama adalah ilustrator. Profesi ini cukup menjanjikan. Seorang illustrator bertugas untuk menciptakan gambar ataupun ilustrasi untuk kepentingan iklan ataupun mendukung produk perusahaan.

Dalam pengerjaannya, kamu dapat memilih untuk membuatnya secara manual atau melalui bantuan aplikasi grafis. Penghasilan yang dihasilkan dengan menjadi seorang ilustraror lumayan menjanjikan.

2. Desainer Grafis

Prospek kerja yang menjanjikan kedua ialah menjadi desainer grafis atau graphic designer. Desainer grafis merupakan sebutan seorang ahli di bidang grafis atau gambar atau apa saja yang berkaitan dengan proses penciptaan skema, logo, grafis, gambar, tanda, simbol, desain geometrik dan lainnya.

Tugas dari seorang desainer grafis sendiri ialah membuat grafis-grafis visual yang menarik untuk tujuan tertentu. Desainer grafis juga harus terlatih menggunakan program desain seperti Photoshop, Illustrator, Flash dan lainnya.  Sudah pasti, pekerjaan ini menjadi hal yang menarik. Terutama untuk yang memiliki keahlian di bidang tersebut, jika kamu geluti akan menjadi prospek kerja yang menjanjikan. Sebab penghasilan menjadi seorang desainer grafis, paling tidak mendapatkan sekitar Rp5.000.000 per bulan.

3. Desainer Interior

Prospek kerja menjanjikan untuk seniman yang ketiga adalah menjadi desainer interior. Istila desain interior sudah pasti tidak asing untuk kamu. Jasa ini banyak dibutuhkan untuk mempercantik atau mewujudkan desain interior impianmu pada suatu bangunan.Oleh karena itu, prosepek kerja ini sangat menjanjikan sebab banyak orang yang menginginkan memiliki bangunan dengan desain interior yang menarik. Terlebih saat ini bisnis coffee shop sangat menjamur, tentu banyak pengusaha yang menginginkan memiliki coffee shop dengan interior yang berbeda dibanding yang lain. Hal tersebut tentu membawa peluang yang besar untuk seorang desainer interior.

4. Kurator

Prospek kerja menjanjikan bagi seniman yang keempat ialah menjadi kurator. Mungkin untuk sebagian orang, asing dengan pekerjaan yang satu ini. Namun untuk orang yang menyukai seni yang bernilai sejarah menjadi kurator merupakan salah satu pekerjaan impian. Kurator memiliki tugas untuk memilih dan mengurus obyek seni museum ataupun karya yang akan dipamerkan. Penghasilan yang bisa kamu dapatkan dari pekerjaan ini ialah sekitar Rp4.000.000 per bulan.

5. Entrepreneur Seni

Prospek kerja menjanjikan untuk seniman yang kelima adalah menjadi wirausaha atau entrepreneur. Saat ini bidang seni dapat dimanfaatkan sebagai ladang bisnis yang menjanjikan. Kamu dapat mencobanya dengan membuka galeri sendiri dan memamerkan karya seni di sana.

Untuk penghasilannya sendiri termasuk tentative, tergantung dengan seberapa maksimal promosi yang kamu lakukan dan tingkat penjualan pada galeri seni yang kamu miliki. Alternatif lain kamu dapat menjadikan tempat usaha tersebut menjadi sebuah museum dan menerapkan tiket masuk.

6. Bisnis Clothing Arts

Prospek kerja yang menjanjikan bagi seniman selanjutnya adalah menjadi pengusaha di bidang clothing arts. Saat ini Clothing arts sedang populer dan sangat diminati oleh banyak orang, terutama remaja. Hal tersebut dapat kamu jadikan peluang untuk mengaplikasikan hasil karya senimu ke dalam bentuk baju.

Penghasilan yang didapatkan dari pekerjaan ini menyesuaikan dengan tingkat penjualan. Namun melihat peminat pasar yang banyak, tentu pekerjaan ini dapat menjadi prospek kerja yang menjanjikan untuk kamu.

7. Art Director

Prospek kerja menjanjikan untuk seniman yang terakhir ialah art director atau penata artistik. Profesi yang satu ini sangat dibutuhkan di banyak production house (PH), serta memiliki peran penting dalam produksi film atau acara televisi, iklan, marketing, dan produksi apapun yang membutuhkan penataan dari segi visual.

Selain PH, art director juga diperlukan di banyak agensi, startupkantor advertising, dan masih banyak lagi. Peluang yang dimiliki profesi ini tentu sangat besar dan lumayan menjanjikan. Sebab profesi ini sedang sangat dicari, karena banyak klien yang membutuhkan arahan artistik agar karya yang diproduksi memuaskan secara visual dan sesuai dengan konsep yang diinginkan.

basic excel training
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *