Tanggal:21 July 2024

5 Cara Menolak Tawaran Kerja Secara Profesional, Agar Reputasimu Terjaga!

Seperti yang diketahui untuk mendapatkan tawaran pekerjaan bukanlah perkara mudah. Namun, terkadang kamu dihadapkan oleh beberapa situasi yang mengharuskan kamu menolak beberapa tawaran kerja yang sudah kamu diterima. Banyak hal yang bisa menjadi faktor penyebabnya, diantaranya ketika kamu diterima bekerja di dua perusahaan sekaligus atau tawaran yang diberikan perusahaan tidak sesuai dengan ekspetasi kamu baik dari segi benefit, gaji serta aturan kerja.

Ada banyak hal yang harus kamu lakukan ketika memutuskan menolak tawaran. Kamu harus bisa memastikan untuk menolak tawaran kerja tersebut dengan baik, tanpa merusak citra baik kamu di mata perusahaan. Untuk itu, agar tetap bisa meninggalkan kesan baik walaupun menolak tawaran kerja, kamu dapat mengikuti beberapa cara menolak tawaran kerja dengan profesional berikut ini.

1. Beri Keputusan Secepatnya

Segera sampaikan keputusanmu. Sumber: pexels.com

Biasanya tawaran kerja dikirim melalui email atau ada yang dihubungi secara langsung melalui sms ke nomor pribadi atau ditelepon langsung. Jika kamu memang sudah yakin untuk menolak tawaran tersebut, lebih baik kamu langsung memberikan keputusan mengenai penolakan ke perusahaan terkait.

Jangan membuang waktu pihak Human Resourcess Department atau HRD dengan keputusan yang tidak pasti. Hargai mereka dengan memberikan kabar atas hasil keputusan kamu sesegera mungkin. Jangan sampai kamu menyulitkan pekerjaan mereka. Sebab setelah penolakan yang kamu berikan, dengan tengat waktu yang ada mereka harus mencari lagi kandidat baru dan harus melewati semua sesi perekrutan lagi dari awal seperti tes, wawancara, dan lain sebagainya.

2. Tunjukkan Rasa Terima Kasih

Ketika kamu memutuskan untuk menolak tawaran kerja, kamu tetap perlu mengucapkan rasa terima kasih atas peluang pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan. Hargai kerja keras seorang HR dengan mengucapkan terimakasih pada email balasan yang akan kamu kirim atau pesan ke nomor pribadi. Gunakanlah kalimat yang sopan seperti:

“Terimakasih telah memberikan kesempatan kepada saya untuk penawarannya, mohon maaf atas penolakannya. Semoga kedepannya kita bisa bertemu di lain kesempatan yang lebih baik lagi dan sekali lagi terimakasih atas kerja kerasnya”.

Walaupun pesan utamanya adalah penolakan setidaknya dengan mengucapkan terimakasih dan usaha kamu dalam menyampaikannya dengan baik bisa membuat perekrut menjadi merasa dihargai. Dan tentunya, hal tersebut berdampak baik kepada kamu yang akan diingat sebagai mantan calon kandidat dengan attitude dan pribadi yang baik.

3. Berikan Alasan Penolakan yang Baik dan Jelas

Sampaikan alasan yang jelas. Sumber: pexels.com

Saat kamu menolak tawaran kerja berikanlah alasan yang baik, jelas dan jujur sebagai salah satu bentuk menghargai kerja mereka. Jangan menghindari tawaran kerja yang akan kamu tolak hanya karena takut akan responnya. Sampaikan dengan sejujurnya, bila kamu sudah terlanjur diterima di perusahaan lain. Atau jika kamu memang merasa penawaran kerjanya kurang cocok untuk kamu maka jabarkanlah dengan jelas.

Alasan yang jelas dan jujur yang kamu sampaikan bisa menjadi sebagai bahan pembelajaran dan evaluasi mereka dalam memperbaiki kontrak penawaran kerja yang ada. Intinya alasan yang jelas, jujur dan disampaikan dengan cepat bisa membantu banyak pekerjaan dari perekrut.

4. Harus Bersikap Sopan

Dalam dunia bekerja selalu ada kemungkinan yang terjadi. Bisa jadi perusahaan yang kamu tolak saat ini menjadi tempat kamu bekerja di waktu berikutnya. Maka, dari itu tetap jagalah kesan yang baik dimana pun kamu akan melamar kerja bahkan di perusahaan tempat kamu bekerja saat ini. Walaupun akan menolak tawaran bekerja bukan berarti kamu bisa lakukan dengan bersikap seenaknya, merasa tidak butuh serta tidak akan bertemu lagi dengan orang-orang yang ada di perusahaan tersebut.

Perlu kamu ingat kesan yang buruk bisa menjadi boomerang unuk kamu suatu saat nanti. Sebab itu, upayakan untuk tetap berlaku sopan bahkan dalam menolak tawaran kerja sekalipun. Baik itu dalam bentuk tulisan seperti email atau sms, lisan seperti melalui telepon atau bahkan ketika bertemu langsung. Penuturan kata yang sopan dan sikap yang baik haruslah tetap kamu terapkan dimana saja dan kepada siapa saja terutama dalam ranah dunia kerja.

5. Terus Berhubungan Baik

Tetap jaga hubungan baik. Sumber: pexels.com

Menolak tawaran pekerjaan bukan berarti hubungan kamu dengan perekrut selesai. Dunia kerja merupakan dunia yang saling berkaitan satu sama lain. Bisa jadi suatu saat perusahaan yang kamu pilih menjalin kerjasama dengan perusahaan yang telah kamu tolak. Maka jangan sia-siakan kesempatan  kamu untuk menjaga hubungan baik dengan perekrut.

Tidak ada salahnya untuk menyampaikan sedikit basa-basi ketika kamu menolak tawaran kerja. Jika kamu memiliki topik yang bisa menyangkut hubungan kamu dengan perekrut atau perusahaan terkait, maka sampaikanlah. Hal tersebut, bisa menjadi salah satu cara kamu untuk menjaga hubungan baik.

Itulah cara menolak tawaran pekerjaan secara professional dan sopan, sehingga tidak menyinggung perusahaan yang bersangkutan. Semoga cara tersebut berguna, jika kamu menghadapi situasi serupa. Ingat, upayakan untuk selalu memberikan kesan yang baik!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *