Tanggal:22 June 2024

10+ Contoh Copywriting Instagram Beserta Tipsnya

Di zaman serba digital ini, membuat para pelaku usaha mengalihkan dagangannya dengan berjualan di sosial media, khususnya instagram. Instagram menjadi platform paling banyak digunakan untuk berjualan sehingga menimbulkan pesaingan bisnis di dalamnya.

Terutama untuk para pembisnis online shop. Pernahkan kamu berpikir bahwa kompetitor online shop-mu banyak yang laris terjual, padahal produk yang dijual sama dan media untuk berjualan pun juga sama yaitu Instagram? Hal tersebut ada yang harus kamu perhatikan tentang konten jualan yang kamu posting di Instagram.

Konten untuk berjualan, gambar yang estetik saja tidak cukup untuk memenuhi hasrat keingintahuan konsumen. Kamu perlu memberikan informasi dan copywriting yang persuasif, sehingga konsumen akan tertarik dengan produk yang kamu jual.

Untuk itu, agar konten jualanmu mampu menarik hati konsumen, ada beberapa tips dan contoh copywriting yang bisa jadi referensi untuk penjualanmu di Instagram.

Tips Membuat Copywriting di Instagram

1. Memberikan Spesifikasi Produk

Karena konsumen tidak bisa melihat secara langsung seperti apa bentuk produk yang dijual, maka kamu harus menjelaskan secara detail bagaimana spesifikasi produk tersebut. Dengan menggunakan data dan angka, tentu pembeli juga akan lebih percaya pada produk tersebut. Selipkan kata-kata motivasi atau cerita supaya lebih menarik. Dengan itu, secara tidak langsung kamu memecahkan masalah dan menghibur calon konsumen.

Contoh copywriting spesifikasi produk

“Keren itu gak perlu jadi orang lain, fokus sama kelebihan yang kamu punya dan kembangkan itu. Tetaplah percaya diri dan jadilah versi terbaik dirimu sendiri. Biar makin percaya diri, pastinya kamu pakai blouse dari Mosmo fashion ini. Dengan bahan premium dan 3 pilihan warna (moca, hitam, abu), kamu bisa tampil kece dan elegan versi diri kamu sendiri”

Baca juga: 5+ Tools Copywriting Agar Tulisanmu Semakin Menarik!

2. Menonjolkan Fitur Manfaat

Tips copywriting di Instagram yang selanjutnya adalah dengan menonjolkan berbagai manfaat jika membeli produk tersebut. Pastikan kamu menuliskan keunggulan, manfaat, dan keuntungan yang diperoleh pembeli menggunakan bahasa iklan.

Meski begitu, jangan over claim. Sebab, jika iklan tidak sesuai dengan kenyataan, maka justru ini akan menjadi boomerang bagi bisnis kamu. Berikan manfaat sesuai dengan fakta produk secara realistis.

Contoh penulisan:

“Serum ini mengandung 5% Niacinamide yang mampu menghilangkan flek hitam dan mencerahkan wajah”

3. Menggunakan Strategi AIDA

Strategi Copywriting yang harus diketahui. Apa itu AIDA? AIDA  merupakan singkatan dari attention, interest, desire, dan action. Kamu harus membuat iklan yang bisa menarik perhatian dari audience, memberi informasi sesuai fakta, membuat audience menginginkan produkmu, dan mengajak audience untuk mengambil suatu tindakan.

Gagal diet karena kelaperan terus?? Minum flimty yuk!!. Flimty dengan kandungan sari buah-buahan kaya serat tinggi yang mampu mendorong lemak pada perutmu. Selain itu mengandung bahan X yang bisa membuat kamu kenyang tahan lama. Jadi kamu gak perlu takut kelaparan deh. Segera dapatkan produk ini di instagram @flimtyf.fiber sebelum kehabisan”

Baca juga: Pengertian AIDA Beserta Contoh Penerapannya

Pixabay

Selain mengikuti tips copywriting di atas, membuat copywriting yang menarik juga bisa disesuaikan dengan jenis produk, harga diskon launching, dll. Berikut contoh-contohnya.

  1. Solusi masalah Skintifik – “Siapa yang sering jerawatan, kemerahan dan bruntusan?? Eits!.jangan-jangan ada yang salah tuh dari skin barier kamu! Coba deh pake Moisturizer skintifik 5X Ceramide yang mengandung 5 bahan aktif yang bisa membantu menjaga dan memperbaikin skin bariermu”
  2. Rekomendasi Janji Jiwa – Hai Teman Sejiwa! Kali ini kami mau kasih rekomendasi tempat ngopi asik di Jaksel. Yuk tonton reels-nya sampai habis dan jangan lupa untuk ajak bestie-mu ngopi bareng di sini!
  3. Promo Xi Boba – 32 derajat celcius, panas banget! Tapi tidak perlu cemas, ada banyak minuman Xi Boba yang siap nemanin kamu siang ini.
  4. Inovasi produk MCD – Ada yang baru dan lembut dari MCD! Makan burger jadi lebih nikmat dengan sensasi kelembutan roti yang bikin ketagihan. Yuk buruan pesan hanya di MCD!
  5. Promo Eksklusif Erigo Apparel – Exclusive Erigo Summer Collection is here! Langsung check Erigo Official Store sekarang juga!
  6. Promosi event Tokopedia – Siapa bilang hiburan buat healing susah dicari? Nih, mendingan kamu langsung nonton keseruan event Tokopedia bareng BTS dan Blackpink! Jangan sampai kelewatan, karena bakal ada sesi bagi-bagi hadiah Apple Watch dan voucher jutaan rupiah!
  7. Promo msmo.id – Pas banget nih, Msmo punya 2 promo langka yang tidak boleh dilewatin. Hanya hari ini, semua outfit korean style diskon sampai 60%! Cek stories untuk tahu promo menarik lainnya, ya.
  8. Katalog baru Pizza Hut – JINJJA?? Ada cita rasa Busan baru di Pizza Hut?! Betulllss, ini lah Black Busan series! Langsung swipe untuk lihat apa saja menu baru yang hadir untukmu.
  9. Promosi Before VS After Leneige – Mana yang menggambarkan kondisi bibirmu sekarang: Bad Lips atau Good Lips? Punya good lips sekarang simpel banget, lho! Cukup mulai rawat bibir dengan Lip Balm Leneige.
  10. Review Shopee Beauty – Mau cobain blush hacks yang lagi viral nih!! Siapa yang tertarik cobain look ini juga? Cuss langsung klik link di bio untuk dapetin blush ini langsung dari Shopee.
  11. Review Azarine – 3X LEBIH AMPUH HEMPAS JERAWAT! Siapa yang jerawatnya langsung kempes usai totolin serum ini? Yess!! Serum ini super duper nampol untuk usir jerawat bandel. Yuk-yuk bagi testimoni kamu di sini!
  12. Promo Revou– Fullstack intensive bootcamp dengan harga spesial. Dilengkapi tutor dari berbagai background, paket materi komplit, dan harga paket. Registrasi sekarang juga di website Revou.

Nah, itula beberapa tips dan copywriting Instagram yang menarik. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 15+ Jenis Headline Beserta Penjelasan Dan Contohnya Lengkap!

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *