Tanggal:22 June 2024

Profesi SEO Specialist: Gaji dan Tugasnya

Di era digital seperti sekarang ini mulai bermunculan pekerjaan baru yang mengandalkan internet serta mesin pencarian dalam proses kerjanya, salah satu contohnya adalah Search Engine Optimization Specialist atau SEO Specialist. Pekerjaan ini mungkin terdengar baru tapi bagi kamu yang bekerja di perusahaan startup tentu kamu familiar dengan SEO Specialist. For your information, profesi ini merupakan salah satu pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan dari berbagai sektor, lho.

Tahu nggak apa alasannya? Alasannya adalah sejak adanya mesin pencari atau search engine seperti Google, hampir semua orang mencari informasi secara online. Dari data yang dipublikasikan oleh Google, website yang menempati peringkat pertama sampai ketiga mendapatkan total klik kumulatif lebih dari 50 persen. Peringkat pertama sendiri mendapatkan lebih dari 20 persen. Ini menunjukkan betapa pentingnya SEO untuk website. Dengan bantuan SEO Specialist, situs web yang dikelola oleh perusahaan akan mendapatkan ribuan hingga puluhan ribu pengunjung per harinya.

Ilustrasi mesin pencari atau search engine (freepik)

Nah, sekarang kamu penasaran kan tentang apa itu SEO Specialist, besaran gaji, dan bagaimana tugas SEO Specialist? Rasa penasaran kamu akan terjawab karena pada artikel ini Vocasia telah merangkum seluk beluk profesi SEO Specialist mulai dari pengertian hingga tugasnya. Yuk, disimak!

Baca Juga : Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Mengenal SEO Specialist

SEO Specialist merupakan pekerjaan yang selalu berkutat pada optimisasi mesin pencarian (freepik)

Seperti namanya, search engine optimization berarti optimisasi mesin pencarian. SEO Specialist selalu berkutat pada optimisasi mesin pencarian dan pekerjaan mereka adalah memastikan halaman situs web yang dikelola mendapatkan peringkat tertinggi dalam search engine. Pada dasarnya profesi ini memiliki tanggung jawab untuk mengatur strategi konten yang akan diunggah. Konten tersebut akan diisi oleh keyword atau phrase tertentu yang dapat meningkatkan traffic website perusahaan, serta meningkatkan ranking pencarian tentang perusahaan di berbagai macam mesin pencarian.

Baca Juga : Berikut Skill yang Harus Dikuasai Sebelum Memulai Karir

Pekerjaan SEO Specialist erat kaitannya dengan dunia digital sehingga mereka harus memiliki pengetahuan tentang komputer dan elektronik, khususnya di bidang analisis sistem dan pemrograman. Tak hanya itu, ia juga harus memiliki pengetahuan tentang SEO copywriting, desain layout, serta teknik iklan yang dapat meningkatkan traffic website dengan maksimal. SEO Specialist tentunya harus bisa menangani search engine marketing yakni teknik marketing melalui mesin pencarian populer seperti Google, Yahoo, dan Bing untuk memaksimalkan profit.

Tak hanya memahami sistem atau mesin, profesi SEO Specialist juga harus memahami manusia melalui kemampuan komunikasi. Kemampuan komunikasi yang baik perlu dimiliki oleh seorang SEO Specialist karena kamu akan membutuhkan berbagai macam skill komunikasi seperti mediasi, mengajar, serta memberikan informasi terhadap sistem organisasi di perusahaan kamu serta kepada para shareholder.

Baca juga: 7 Cara Membangun Karir Dengan Kemampuan Berkomunikasi Yang Baik

Gaji SEO Specialist

Ilustrasi seorang SEO Specialist (freepik)

Pentingnya SEO Specialist untuk meningkatkan traffic website perusahaan tentu membuat perusahaan mencari seseorang yang ahli di bidang ini. Lalu, berapa kisaran gaji seorang SEO Specialist? Gaji SEO Specialist bergantung pada pengalaman dan portofolio. Besarannya berkisar antara Rp 1.050.000 hingga Rp 10.000.000. Namun, gaji rata-rata profesi SEO Specialist adalah Rp 5.000.000 sampai Rp 6.000.000. Gaji seorang SEO Specialist bisa saja mencapai dua digit apabila dilakukan dengan tekun untuk terus belajar dan memperdalam ilmu tentang SEO yang tidak ada habisnya karena SEO terus berkembang dari waktu ke waktu.

Baca juga: 10+ Fasilitas Yang Diharapkan Selain Gaji, Kamu Wajib Tahu!

Tugas SEO Specialist

Apa saja tugas SEO Specialist (freepik)

Apa sih yang dilakukan oleh seorang SEO Specialist? Apa saja tanggung jawab dan tugas SEO Specialist? SEO Specialist bertanggung jawab untuk mengoptimalkan web di laman mesin pencarian. Seseorang dengan pekerjaan ini juga bertugas mengatur strategi konten yang hendak di posting di internet. Tugas utamanya adalah meningkatkan traffic website agar bisa masuk di halaman pertama search engine seperti Yahoo, Bing, dan Google. Hal ini akan memudahkan perusahaan untuk branding dan meningkatkan penjualan produknya melalui web.

Selain tanggung jawab utama di atas, ada tugas lainnya yang harus dilakukan oleh seorang SEO Specialist, yaitu:

  1. Merancang arsitektur teknis untuk pengembangan SEO perusahaan.
  2. Menganalisa website baik dari sudut pandang mesin pencari dan user untuk memaksimalkan optimasi website.
  3. Memastikan seluruh konten sudah teroptimasi dengan maksimal pada semua platform internet seperti blog, website, video, smartphone, dan lainnya.
  4. Mempromosikan sebuah website baik secara off site ataupun onsite.
  5. Membuat laporan secara terperinci mengenai kinerja website yang sudah dioptimasi.
  6. Meningkatkan serta mempertahankan aspek seperti profil, traffic dan interaksi dengan pengguna yang menentukan ranking web di mesin pencarian.
  7. Mengestimasi perubahan apapun yang ada di algoritma Google.
  8. Mempunyai pengetahuan dan skill SEO copywriting, teknik iklan dan desain layout.
  9. Menangani segala hal yang berkaitan dengan search engine marketing.
  10. Memahami pola mesin pencari untuk menemukan formula yang tepat agar traffic website mencapai target yang diinginkan.

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu mulai tertarik untuk meniti karier menjadi SEO Specialist? Jika iya, kamu bisa memperkaya diri kamu dengan melatih skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang SEO Specialist. Seorang SEO Specialist membutuhkan tools yang akan membantunya dalam proses optimasi sebuah website. Tools pertama adalah Google Analytics dan Google Adwords. Kamu harus menguasai bagaimana cara menganalisis algoritma Google agar dapat memprediksi perubahan jenis apa yang akan muncul dalam algoritma Google.

Tak hanya itu, kemampuan mengembangkan web menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript juga menjadi poin plus bagi seorang SEO Specialist, lho. Nah, untuk melatih kemampuan kamu mengembangkan web, Vocasia menyediakan kursus membuat website menggunakan HTML dan CSS yang bisa kamu akses di sini. Bagi kamu yang masih awam tentang HTML dan CSS tak perlu khawatir karena kursus ini memuat pengetahuan dasar tentang website yang cocok bagi pemula.

Yuk, ikut kursusnya sekarang untuk menjadi SEO Specialist handal!

Baca juga: Intip Prospek Kerja Menjanjikan Sosial Media Specialist 

Baca Juga : 7 Prospek Kerja Lulusan Manajemen Bisnis

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *