Tanggal:December 6, 2022
Ilustrasi membuat artikel blog (pexels.com/Edmond Dantes)

5+ Tools Copywriting Agar Tulisanmu Semakin Menarik!

Bagi kamu yang suka menulis, untuk meningkatkan skill menulis itu penting bukan? Apalagi, orang-orang yang hobi menulis dan bekerja berhubungan dengan menulis, ataupun orang yang baru memulai blogging. Menulis bukanlah hal yang mudah, karena harus merangkai kata menjadi satu kalimat yang masuk akal, terdengar bagus, mudah dipahami dan dapat dirasakan saat membacanya. 

Apalagi, kamu sebagai seorang copywriter? Wajib untuk meningkatkan skill menulis harus diperhatikan dan dikembangkan pastinya! Karena seorang copywriter harus bisa menyampaikan pesan dalam tulisannya agar mudah dipahami oleh pembaca. 

Selain itu, dalam membuat copywriting yang menarik tentu memerlukan sebuah kreativitas dan kemampuan dalam menulis. Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak tools atau alat yang membantu memudahkan menyelesaikan aktivitas harian yang kita lakukan. Sebelumnya, apakah kamu tahu apa itu tools copywriting

Tools copywriting adalah alat yang akan membantu kamu untuk menulis sebuah copy. Tools yang tersedia sangat beragam, ada yang membantu kamu untuk rutin menulis, mempelajari kosa kata yang baik dan benar, dan masih banyak lagi pastinya. 

Baca JugaApa Itu Copywriting dan contohnya!

Memiliki kemampuan dan kreativitas tidak menjamin bahwa tulisan yang kamu buat dapat menarik perhatian orang loh! Maka sebagai seorang copywriter sangat dibutuhkan sarana atau tools yang dapat membantu kreativitas dan membuat tulisan lebih menarik serta memiliki konversi yang tinggi. Penasaran apa saja tools yang harus kamu coba? Simak berikut ini, ya!

Tools Untuk Copywriting 

 Terdapat beberapa tools untuk copywriter yang bisa kamu coba agar tulisan kamu semakin menarik, di antaranya:

1. Ejaan.id

Ilustrasi Haklaman Utama Ejaan.id (Sumber: Ejaan.id)

Ejaan.id salah satu laman penyuntingan online yang memanfaatkan teknologi. Berbasis ilmu linguistik dan sistem informasi, pengguna bahasa Indonesia dapat memperbaiki kesalahan penulisan bahasa Indonesia secara tersistem.

Ejaan.id merupakan tools  digunakan seorang copywriter untuk membuat tulisan yang baku dan lebih profesional, dengan tools ini akan memberikan koreksi tulisan yang telah dibuat, seperti pengecekan kata baku, standar PUEBI menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. 

Fitur Yang Terdapat Di Tools Ejaan.id (Sumber Ejaan.id)

Tools ini memiliki banyak fitur, di antaranya: berbasis website (mengedit secara gratis), bahasa Indonesia (melihat penggunaan bahasa Indonesia dengan benar), menggunakan PUEBI, meminimalisasi kesalahan, linguistik, sesuai KBBI. Kamu hanya sekedar letakan tulisan copywriting di kolom yang tersedia, lalu klik perbaiki ejaan, dan tulisan kamu akan dikoreksi. Selain itu, kamu bisa menyalin tulisan yang benar.

Baca JugaRekomendasi buku copywriting!

2. Lektur.id

Website Lektur.id, Sedang Diperasikan (Lexter.id)

Lektur.id adalah situs web yang menyediakan mesin pencari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Tesaurus Bahasa Indonesia (antonim & sinonim), Kamus Bahasa Inggris Terjemahan Indonesia dan juga penulisan kata baku dan tidak baku.

Tools ini khusus bahasa Indonesia, seperti mencari sinonim, antonim, dan juga research kata yang cocok digunakan dalam tulisan kamu. Dengan menggunakan tools ini, tulisan kamu akan semakin menggugah emosi pembaca karena tulisan kamu tersampaikan pesannya.

Selain itu, alat ini juga menyediakan fitur pemeriksaan ejaan bahasa indonesia. Kamu bisa mengakses fitur yang tersedia melalui kotak pencarian atau melalui menu. Jadi, saat kamu ingin menulis, “tamannya cantik”, kamu bisa mencari berbagai macam sinonim dari bagus, agar copywriting kamu bisa lebih unik dan menarik. Selain itu, tools ini juga dapat mengecek kata yang typo, loh!

Ilustrasi Pengecekan Tulisan Melalui lektur.id (Sumber Lektur.id)

3. KBBI Daring

KBBI Daring Bisa Diakses Melalui Internet

KBBI akronim dari Kamus Besar Bahasa Indonesia. Tools ini berguna untuk mencari makna dari sebuah kata. Namun, saat Kamu mencari sebuah kata yang tidak baku, tools ini tidak dapat menemukannya. Terdapat 2 fitur pengguna yang bisa dipakai di dalam tools ini, yaitu pengguna umum dan pengguna terdaftar. Fitur pengguna umum sangat terbatas, terbatas hanya bisa melakukan pencarian dalam website

Sementara itu, fitur pengguna terdaftar lebih banyak dan sangat menarik. Kamu bisa melihat kata-kata populer yang sering dicari orang, kamus bahasa daerah, sampai kamus kelas kata seperti bentuk terikat, adjektiva, adverbia, dan lain-lain. Jadi saat kamu menggunakan tools ini, pastikan kata-kata yang kamu cari menggunakan bahasa baku, ya!

4. Rima Kata

Menggunakan Tools Copywriting dengan memberanikan diri bertanding (Sembelum (Sesudah smp? (Rima Kata)

Menurut KBBI, rima adalah pengulangan bunyi yang berselang, baik di dalam larik sajak maupun pada akhir larik sajak yang berdekatan. Jika kamu penggemar pantun, pasti tidak asing dengan rima. 

Copy yang mengandung rima akan terlihat lebih menarik karena akan membuat pesan yang mau kita sampaikan lebih mudah dipahami dan diingat. Tulisan yang menggunakan rima itu lebih kuat, lebih mudah diingat, lebih disukai, lebih orisinal, lebih persuasif, dan lebih cocok digunakan untuk kampanye pemasaran.

5. Quora

Menggunakan Tools Dengan Quora (Sumber: Quora)

Quora merupakan sebuah media sosial tanya jawab. Namun, bisa dimanfaatkan dengan baik, menggunakan pertanyaan dan jawaban yang ada pada Quora untuk melakukan research konten dan sumber inspirasi dalam menciptakan sebuah copywriting yang menarik.

6. Power Thesaurus

Menggunakan Tools copywriting dengan Power Thesaurus

Tools ini sejenis kamus besar yang bisa digunakan untuk kamu seorang copywriter, loh! Karena tools ini menyediakan kata – kata yang bisa digunakan untuk memancing ide kamu dalam mencari sebuah kata yang menarik dalam tulisan. Power thesaurus menyediakan pilihan kata yang sering digunakan oleh para komunitas penulis yang didasarkan pada karya editorial mereka.

7. Copy.ai

Menggunakan Tool copy.ai untuk membuat copywriting (Pexels)

AI sendiri singkatan dari Artificial Intelligence. Ilmu dan rekayasa pembuatan mesin cerdas, melibatkan mekanisme untuk menjalankan suatu tugas menggunakan komputer. Walaupun tools ini menggunakan bahasa Inggris, cara menggunakannya cukup mudah. Kamu tinggal login ke Copy.ai secara gratis. Setelah selesai daftar akun, kamu bisa memilih beberapa jenis copywriting yang dibutuhkan. 

Namun, perlu diperhatikan, pastikan copywriting yang ingin kamu gunakan sesuai dengan buyer persona, ya. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah bahasa yang mereka gunakan. Karena bahasa Inggris dan bahasa Indonesia adalah dua hal yang berbeda.

Itulah, tools untuk copywriter yang dapat kamu coba. Selain tools di atas masih banyak lagi di luar sana tools yang bisa dicoba untuk membantu kamu dalam membuat sebuah tulisan. Kamu juga dapat join bareng kakak-kakak semuanya, dengan ikuti kursus bagaimana “Strategi Meningkatkan Omset Penjualan Dengan Copywriting”  Menurut kamu tools untuk copywriter apa lagi yang dapat membantu membuat tulisan yang menarik? Yang terpenting adalah konsistensi dan niat dalam membuat tulisan, agar tulisan kamu berkualitas, ya.

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *