Tanggal:22 June 2024

Pengertian AIDA Beserta Contoh Penerapannya

Ap aitu AIDA? (sumber: xendit.co)

Apa Itu AIDA Marketing?

Model pemasaran AIDA adalah metodologi pendekatan pemasaran, periklanan dan penjualan yang dirancang untuk memberikan wawasan ke dalam pikiran pelanggan dan mewakili langkah-langkah yang diperlukan untuk menumbuhkan prospek dan menghasilkan penjualan.

Model AIDA diperkenalkan oleh pengusaha Elias St. Elmo Lewis pada akhir abad ke-19. Sebagai akronim, AIDA memecah menjadi langkah-langkah yang diperlukan untuk pemasaran yang sukses: Perhatian, Minat, Keinginan (atau, dalam beberapa variasi, Keputusan) dan Tindakan. Model pemasaran AIDA adalah landasan pemasaran modern, sejauh kehilangan satu langkah dianggap hampir menjamin hasil yang tidak berhasil.

Sekarang mari kita definisikan arti AIDA. Inisialnya singkatan dari Attention, Interest, Desire, Action.

Attention

Untuk membuat pelanggan sadar akan penawaran, pemasar perlu menarik perhatian dan memperhatikan mereka atau mengambil media visual. Berbagai pendekatan dilakukan untuk menarik perhatian calon pelanggan, seperti penempatan iklan di tempat yang tidak biasa namun mencolok. Pesan yang dipersonalisasi, seperti yang digunakan dalam pemasaran satu lawan satu, lebih sulit diabaikan daripada proposal umum. Iklan nilai kejutan, seperti penggunaan gambar grafis, juga menarik perhatian dengan memancing reaksi emosional yang tajam.

Interest

Anda harus mempertahankan minat mereka. Buatlah tentang mereka, bukan Anda. Banding ke klien potensial Anda secara pribadi, dengan fokus pada kebutuhan, keinginan, dan poin rasa sakit mereka. Menggunakan media, seperti gambar dan video, dapat membantu menangkap dan mempertahankan minat. Minat yang memikat adalah kunci keberhasilan langkah selanjutnya. Pertimbangkan kata-kata dengan hati-hati; katakan apa yang perlu Anda katakan untuk membuat kesan.

Desire

Dengan menjual fitur produk, menunjukkan keunggulan atas produk serupa dan menunjukkan keserbagunaan. Menciptakan hubungan emosional dengan produk Anda penting untuk membuat langkah ini berhasil. Personalisasi akan membantu menumbuhkan hubungan ini.

Cara untuk menciptakan keinginan:

  • Penawaran “Hanya satu kali” atau “kesempatan terakhir”
  • Diskon atau penjualan
  • Mempresentasikan produk Anda sebagai solusi untuk masalah tertentu
  • Menciptakan kelangkaan dengan penghitung waktu mundur

Action

Jika pelanggan sudah sejauh ini, ada minat. Langkah terakhir adalah menutup penjualan dan meyakinkan pelanggan untuk bertindak berdasarkan minat, yang mungkin melibatkan mengatasi keberatan dan membuat ajakan bertindak (CTA). Dalam CTA, suatu produk mungkin mulai dengan harga yang lebih tinggi yang akan diturunkan, seringkali hingga sepertiga dari harga aslinya. Produk mungkin ditawarkan dua-untuk-satu dan/atau dengan pengiriman gratis. Meningkatkan nilai yang dirasakan dapat memotivasi pelanggan yang ragu-ragu. Namun, jika langkah-langkah lain dilakukan dengan baik, pelanggan harus meninggalkan kesan positif yang bertahan lama terhadap produk meskipun mereka memilih untuk tidak membeli.

Beberapa cara mudah untuk mendorong tindakan:

  • Tombol ajakan bertindak
  • Formulir pendaftaran
  • Penawaran unduhan
  • Tautan ke situs web Anda

Bagaimana Contoh Penerapan AIDA?

1. Awareness

Bagaimana kita membuat pembeli sadar akan produk atau layanan kita? Apa strategi penjangkauan kami? Apa kampanye kesadaran merek kami? Alat atau platform apa yang kami gunakan? Apa yang seharusnya menjadi pesan?

2. Interest

Bagaimana kita mendapatkan minat mereka? Apa strategi konten kami? Bukti sosial tersedia untuk mendukung reputasi kita? Bagaimana kami membuat informasi ini tersedia dan di mana? yaitu. di situs web, melalui video, penilaian pelanggan

3. Desire

Apa yang membuat produk atau layanan kita diinginkan? Bagaimana kita berinteraksi secara pribadi untuk membuat hubungan emosional? Obrolan online? Tanggapan langsung ke umpan Twitter? Berbagi tips dan saran?

4. Action

Apa ajakan untuk bertindak dan di mana kita menempatkannya? Apakah mudah bagi konsumen untuk terhubung dan di mana mereka akan menemukannya? Pikirkan tentang saluran/platform pemasaran mana yang Anda gunakan dan bagaimana cara terlibat, mis. di seluruh email, situs web, halaman arahan, panggilan telepon masuk, dll.

Mempresentasikan produk sebagai salah satu langkah terakhir menuju tujuan konsumen mengambil tindakan, yang mengarah pada kesuksesan Anda dalam menjual produk Anda.

Penggunaan pemasaran AIDA yang baik dan cerdas dapat membawa merek Anda ke sana. Manfaat mentode ini jika Anda ingin mendapatkan hasil yang baik dari kampaye yang Anda jalanin.

itulah pengertian dari AIDA yang bisa kita berikan untuk kamu, dan jika kamu tertarik untuk mengikuti kursus Vocasia, kamu bisa klik tautan dibawah ini, jangan sampa ketinggalan diskon!

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *