Tanggal:06 May 2024

Contoh CV Bahasa Indonesia Yang Menarik Dan Tipsnya

Memperindah CV tidak hanya dengan harus mengikuti banyak kegiatan, kamu juga harus membuat tampilan dan isi CV kamu menjadi lebih menarik. Cobalah buat CV yang jika sekali dilihat orang lain, orang itu akan langsung tertarik dan ingin mengenalmu lebih jauh lagi. Untuk mewujudkan itu, sebelumnya kamu harus mempelajari bagaimana cara agar dapat membuat CV kamu menjadi lebih menarik.

Banyak tips-tips yang ditawarkan di internet bagaimana cara membuat CV yang  baik dan benar, tetapi CV yang baik dan benar saja sudah banyak sekali. Kamu harus membuat yang menarik agar orang tertarik untuk membacanya. CV memang sangat penting agar orang tahu seperti apa kamu di kehidupanmu.

Ingin membuat CV dalam bahasa Indonesia yang menarik tetapi masih bingung? Jangan khawatir, Sobat Vocasia. Yuk, simak rangkuman di bawah ini!

Apa itu CV?

Curriculum vitae atau CV merupakan dokumen penting yang berisikan tentang riwayat diri atau riwayat hidup, seperti data diri, pengalaman profesional atau kerja, prestasi akademik atau non akademik, hobi, keterampilan dan lain sebagainya.

Dokumen penting yang satu ini sering kali disamakan dengan resume atau cover letter. Padahal ketiga dokumen ini berbeda isi, tujuan dan fungsi dibuatnya. Curriculum vitae ini digunakan untuk menuliskan tentang kronologis selama hidup, pencapaian dalam hidup, kualitas hidup yang dideskripsikan menjadi lebih dari dua halaman.

Sedangkan resume merupakan dokumen yang berisi tentang pengalaman kerja dan prestasi sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Cover letter ini merupakan alasan dan motivasi melamar pekerjaan tersebut. Kedua dokumen penting ini ditulis kurang lebih 1 halaman.

Contoh CV Bahasa Indonesia yang Menarik

1. CV Content Writer

© Glints Website

2. CV IT

© Merdeka Website

3. CV Manager Finansial

© Pinterest

4. CV Desainer Grafik

© 99 Website

Tips Membuat CV yang Menarik

1. Sertakan Data Diri Secukupnya

Pada dasarnya, hal yang kamu cantumkan pada CV adalah hal-hal yang penting saja. Hal yang penting ini meliputi nama lengkap, nomor telepon, email. Pastikan untuk nomor telepon dan email yang kamu cantumkan itu dapat dihubungi ya.

2. Cantumkan Skill yang Sesuai

Tips selanjutnya, pastikan kamu mencantumkan soft dan hard skill yang spesifik dan relevan dengan job requirement pada posisi yang kamu apply. Dalam menulis bagian skill, utamakan hard skill dengan tingkat kemahiran yang paling kamu kuasai. Beberapa skill yang bisa kamu cantumkan misalnya public speaking, content marketing, social media marketing, microsoft literate, dan lain sebagainya.

3. Pastikan Pengalaman Kerja dan Organisasi Kamu Sesuai

Jika kamu memiliki segudang pengalaman sebelumnya, cantumkan saja yang belum lama dilakukan dan yang paling penting serta berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar. Jika kamu mencantumkan seluruhnya, CV kamu akan menjadi terlalu panjang dan bertele-tele. Kesempatan kamu dilirik HRD pun akan berkurang.

4. Sertakan Portofolio Jika Dibutuhkan

Sebagai suatu bukti hasil karya yang telah kamu kerjakan selama ini, portofolio akan sangat membantumu dalam meyakinkan perusahaan untuk memilihmu. Maka dari itu, pastikan dengan portofolio kamu bisa lebih menonjolkan kelebihan diri kamu. Hal ini sangat penting loh, apalagi untuk kamu yang ingin melamar pada bidang desain grafis ataupun content/copywriter.

5. Gunakan Font yang Mudah untuk Dibaca

Banyak sekali font yang dapat kita gunakan saat membuat CV bahasa Indonesia, akan tetapi tidak semuanya dapat kamu gunakan. Dalam membuat CV bahasa Indonesia, pastikan kamu menggunakan jenis dan ukuran font yang dapat dibaca. Ketika font kamu dapat dengan mudah terbaca, peluangmu untuk dilirik akan meningkat.

6. Buat Secara Unik dan Jangan Monoton

Saat ini banyak template CV bahasa Indonesia dengan desain unik agar dapat dilirik recruiter, CV yang menarik dan tidak monoton akan menjadi nilai tambah. Recruiter tidak memiliki banyak waktu untuk mengecek semua CV yang masuk secara detail. Maka itu, jika dalam 6 detik kamu sudah bisa menatik perhatian mereka, kemungkinan dilirik pun akan semakin tinggi.

Baca juga: 13 Contoh Deskripsi Tentang Diri Sendiri Di CV, Menarik Dan Disukai Rekruter

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *