Tanggal:17 May 2024
Pengertian Majas Simile

12+ Contoh Majas Simile dan Pengertiannya

Adakah Sobat Vocasia yang hobi membaca karya sastra, seperti cerpen dan puisi? Karya sastra biasanya menyelipkan banyak bahasa kias di dalamnya. Bahasa kias disebut juga dengan majas. Majas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakannya dengan sesuatu yang lain. Ada beberapa kelompok majas dalam bahasa Indonesia, salah satunya adalah majas perbandingan. Majas perbandingan adalah majas yang digunakan untuk menggambarkan sebuah kondisi dengan membandingkan antara satu hal dengan hal lainnya. Adapun yang tergolong majas perbandingan adalah simile, alegori, metafora, personifikasi, hiperbola, dan lain-lain.

Pada artikel ini, Sobat Vocasia akan diajak untuk memahami lebih dalam tentang pengertian majas simile lengkap dengan contoh-contohnya. Yuk simak dengan seksama!

Pengertian Majas Simile

Pengertian Majas Simile

Majas simile merupakan pengandaian atau perumpamaan. Majas simile adalah gaya bahasa yang diungkapkan dengan membandingkan dua hal secara langsung. Perbandingan yang dimaksud dalam majas simile bukan secara wujud tetapi sifat atau karakter. Jadi, majas simile menggunakan perbandingan hal yang secara logika sangat berbeda.

Contoh perbandingan dan pengandaian majas simile adalah membandingkan seorang wanita cantik dengan keindahan bunga-bunga di taman. Secara bentuk, tentu manusia dan bunga tidak bisa dibandingkan. Namun, majas simile bisa mengungkapkan sifat atau karakter melalui perbandingan dan pengandaian tersebut.

Oleh karena itu, dikatakan bahwa pengertian majas simile adalah pertautan yang dua hal yang berbeda secara hakiki tetapi dipandang mengandung makna serupa. Majas simile dinyatakan secara eksplisit menggunakan kata bagai, seperti, laksana, seumpama, ibarat, bak, dan sejenisnya.

Baca juga: Bahasa Persuasif Adalah

Contoh Majas Simile

Nah, setelah paham pengertain majas simile, berikut adalah beberapa contoh majas simile. Kamu mungkin sudah sering menemui kata-kata berikut di berbagai karya sastra tetapi tidak menyadari bahwa itu adalah majas simile.

  1. Dia melangkah pergi dari hidupku seperti kiamat.
  2. Air matanya mengalir seperti sungai di musim hujan.
  3. Kakak beradik itu seperti kucing dan tikus.
  4. Kamu pergi begitu saja bagaikan pesawat tempur.
  5. Kakak sangat cerewet bagaikan burung beo.
  6. Masuk ruang kerja ayah bagaikan menginjakkan kaki di kutub utara.
  7. Pendiriannya sangat teguh ibarat tembok beton.
  8. Wajahnya tampak segar bak bunga baru mekar.
  9. Dia berteriak bak harimau mengaum.
  10. Tatapannya laksana mata elang.
  11. Langkahnya laksana singa yang siap menerkam mangsa.
  12. Cinta kita seumpama minyak dan air.
  13. Ikatan kita seumpama hutan dan hujan.

Baca juga:

Apakah rasa penasaran Sobat Vocasia akan majas simile sudah terpuaskan? Masih ada banyak jenis majas dalam bahasa Indonesia lho yang pastinya tidak kalah keren dan puitisnya dengan majas simile. Dengan mendalami penggunaan majas, kamu juga bisa merangkai kata-kata mutiara menjadi lebih indah. Bangga berbahasa Indonesia!

Baca juga: Istilah dan Tata Istilah dalam Bahasa Indonesia

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *