Tanggal:15 May 2024

10 Rekomendasi Novel Terbaik & Terbagus 2022

Sedang mencari rekomendasi novel terbaik di tahun 2022? Jika ya, kamu masuk ke artikel yang tepat! Menjadi salah satu jenis bacaan yang banyak diminati berbagai kalangan, membuat industri penerbitan buku tiada henti dalam memproduksi buku dari setiap penulisnya, tak terkecuali pula dengan novel.

Sebagai salah satu karya fiksi prosa yang ditulis dengan gaya narasi maupun deskripsi, buku novel sering dimaknai sebagai kisah yang bersifat realistis. Maka tak heran jika ada seorang pembaca yang menemui cerita rekaan yang related dengan kehidupannya. Eits, tidak hanya sekadar relatable dan sebagai hiburan semata, membaca novel juga memberikan banyak manfaat, lho!

Baca Juga | Self Development: Pengertian, Cara Melakukan Dan Pentingnya

Manfaat yang akan didapat oleh para penggemar novel di antaranya adalah dapat meningkatkan kinerja otak seperti meningkatkan memori, meningkatkan keterampilan otak dalam berpikir, hingga mampu mengolah emosi para pembacanya. Di samping itu, dengan membaca buku novel juga bisa menambah nilai-nilai hidup.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut di bawah ini kami uraikan 10 rekomendasi novel terbaik 2022 yang kami rangkum dari berbagai sumber. Yuk simak satu per satu!

Baca juga | 10 Rekomendasi Terbaik Buku Self Improvement

10 Rekomendasi Novel Terbaik 2022

Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah membaca novel. Selain bisa menikmati kisah tokoh utamanya, mungkin kamu juga bisa terinspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, kamu pun akan menemukan kutipan kata-kata menarik yang bisa diunggah di media sosial. Berikut daftar rekomendasi novelnya.

Baca Juga | Mengenal Potensi Diri Beserta Contohnya

1. Laut Bercerita – Leila S. Chudori

Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori

Novel Laut Bercerita ini menceritakan kisah historical fiction. Namun, penulis juga menegaskan bahwa fakta-fakta yang diambil di dalamnya berdasarkan riset dari korban yang berhasil kembali. Ketika membaca kisah di dalam novel ini, pembaca akan dibawa untuk mengingat kejadian di era reformasi tahun 1998 yang sempat membuat dunia menjadi pahit pada kala itu.

Novel ini cocok dijadikan rekomendasi novel di tahun 2022, karena mengandung makna yang mendalam dan pelajaran berharga dari tokoh-tokoh laut dan rekannya yang hilang di rezim Orde Baru.

Baca Juga | Tips Serta Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

2. This Time Tomorrow – Emma Straub

This Time Tomorrow Karya Emma Straub

Novel ini baru dirilis pada bulan Mei 2022. Pembaca novel ini akan diajak menelusuri peristiwa Alice yang terbangun di tahun 1996. Ketika itu, Alice hendak berumur 40 tahun dengan suasana hidup yang terbilang cukup bahagia.

Namun, sesaat setelah sang ayah jatuh sakit, dirinya pun merasakan kejanggalan atau sesuatu yang hilang. Dari sinilah, Emma Straub membangunkan Alice yang berumur 40 tahun kembali menjadi Alice muda yang berumur 16 tahun.

Baca Juga | 10+ Podcast Bahasa Inggris, Ternyata Bisa Membantu Kamu Belajar Bahasa Inggris Loh!

3. Cantik Itu Luka – Eka Kurniawan

Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan

Novel Cantik itu Luka adalah suatu karya besar sastra yang luar biasa, terbit pada tahun 2002 dan berhasil diterjemahkan ke lebih dari 34 bahasa, serta pemenang World Readers Award pada tahun 2016. Novel ini ditulis oleh penulis asal Indonesia, Eka Kurniawan yang mana dirinya menyajikan dengan bahasa yang mampu membuat para pembacanya berpikir liar sebab alur ceritanya pun disuguhkan dengan terlalu rumit.

Lewat Cantik itu Luka, pembaca dapat melihat praktik Jugun Ianfu di dalamnya, yaitu para perempuan yang secara dipaksa agar menjadi budak seks oleh para tentara Jepang. Melalui praktik tersebut, kamu pun dapat mengetahui bagaimana tokoh Dewi Ayu, sosok perempuan Indonesia yang mempunyai keberanian dalam menjalankan kehidupan di atas kepatihan sejarah yang nyata. Pokoknya, novel ini recommended banget untuk dibaca!

Baca Juga | 7+ Situs Perpustakaan Online Bagi Pelajar Dan Mahasiswa

4. Kafka on the Shore – Haruki Murakami

Kafka on the Shore Karya Haruki Murakami

Novel Kafka on the Shore merupakan karya Haruki Murakami yang terbit pada tahun 2002. Sejak penerbitannya dalam bahasa Inggris pada tahun 2005, novel Kafka on the Shore telah menempati salah satu dari New York Times 10 Best Books of 2005 dan World Fantasy Award. Kemudian diterbitkan di Indonesia oleh Pustaka Alvabet pada Januari 2008.

Murakami menuliskan novel ini begitu mendalam, terperinci dan tepat, yang dapat membawa kita masuk dan ikut bertualang bersama tokoh-tokohnya ke dalam cerita. Novel ini dibuat sedemikian rupa oleh Murakami dengan alur yang berkelok-kelok, sudut pandang yang berganti dalam tiap bab, sehingga membuat pembaca seakan masuk ke dalam labirin kehidupan orang-orang berbeda.

Baca juga | 7 Novel Tentang Pendidikan, Menarik dan Memotivasi Banget loh!

5. Merahnya Merah – Iwan Simatupang

Merahnya Merah Karya Iwan Simatupang

Novel Merahnya Merah merupakan karya pertama Iwan Simatupang yang diterbitkan pada tahun 1968. Novel ini mengambil latar pasca revolusi, mengilustrasikan kehidupan para gelandangan yang hidup di semaraknya kota metropolitan beserta permasalahan yang ada. Kisah dimulai ketika ‘Tokoh Kita’ hadir ke gubuk gelandangan.

Merahnya Merah ini merupakan karya yang termasyhur, unik, dan avant-garde. Karangan prosa baru yang pada tiap tokohnya mempunyai pikiran, perasaan, dan tindakan sebagai suatu filsafat yang dipersonifikasikan atau filsafat in action. Eksistensialisme di dalam novel ini pun sungguh menjadi bentuk aliran yang diikuti dalam filsafat kehidupan. Kebebasan, pilihan hidup, kesepian, dan kesadaran sosial kerap menjadi isu pokok dalam novel Iwan Simatupang.

Baca Juga | Website Gratis Untuk Belajar Bahasa Inggris!

6. Little Men: Anak-Anak Plumfield – Louisa May Alcott

Little Men: Anak-Anak Plumfield Karya Louisa May Alcott

Novel Little Men dikatakan sebagai novel literatur anak yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1871, mengisahkan kehidupan Jo di Sekolah Plumfield yang didirikannya dengan sang suami, Profesor Bhaer. Little Men termasuk ke dalam novel klasik yang ceritanya cukup mengalir dengan kegiatan dari berbagai karakter anak-anak di sekolah Plumfield.

Terdapat 21 bab yang dimuat di dalamnya, novel ini memiliki tema utama yang mengusung tentang pendidikan anak. Novel ini sangat menarik untuk dibaca, terlebih bagi yang ingin menambah wawasan dan pengalamannya di dunia pendidikan anak. Membaca novel ini, kamu bisa memperoleh kesenangan akan alur ceritanya yang dekat dan bisa dikatakan relate dengan kehidupan sehari-hari, serta pengalaman dalam mendidik anak.

Baca Juga | Mengenal 3 Tipe Gaya Belajar Untuk Memudahkan Proses Belajar Kamu!

7. Aroma Karsa – Dee Lestari

Aroma Karsa Karya Dee Lestari

Dalam Aroma Karsa, Dee Lestari menjahit dengan apik segala fakta-fakta ilmiah menjadi fiksi. Buku 700 halaman ini bagai sebuah paket lengkap yang membungkus kisah romansa, petualangan, pencarian jati diri, fantasi, detektif, bahkan mitologi. Buku ini merupakan salah satu buku Dee Lestari yang best seller, lho.

Novel ini bercerita tentang obsesi Raras memburu Puspa Karsa, bunga sakti yang konon mampu mengendalikan kehendak dan cuma bisa diidentifikasi melalui aroma, memertemukannya dengan Jati Wesi, dengan hidung istimewa yang menjadikannya seorak peracik parfum. Sampai kemudian, Jati bertemu dengan Tanaya Suma, anak tunggal Raras yang memekerjakannya saat ini ternyata memiliki hidung yang sama istimewanya.

Baca Juga | 12 Aplikasi Belajar Bahasa Asing Yang Praktis Dan Mudah Kamu Gunakan

8. Harry Potter and The Philosopher’s Stone – JK Rowling

Harry Potter and The Philosopher’s Stone Karya JK Rowling

Bagi mereka yang menggemari seri kisah Harry Potter, pasti sudah tidak asing lagi dengan novel yang satu ini. Novel Harry Potter and The Philosopher’s Stone merupakan buku pertama dari JK Rowling yang sukses menjadi seorang penulis literatur di sepanjang masanya. Buku pertama dari 7 (tujuh) seri buku Harry Potter menjadi salah satu buku favorit bagi kalangan anak muda.

Buku ini menceritakan mengenai Harry Potter yang merupakan seorang anak laki-laki berusia 11 tahun, yang berhasil selamat dari sihir mematikan seorang penyihir yang sangat ditakuti di kerajaan bernama Britania Raya, atau yang tepatnya berada di wilayah Lord Voldemort. Untuk kamu yang tidak mengikuti seri ini, novel ini bisa menjadi referensi bacaanmu di tahun 2022 lho, sebab seri Harry Potter merupakan cerita yang bisa dinikmati sepanjang masa.

Baca juga | 8 Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Inggris Terbitan Terbaru!

9. Rindu – Tere Liye

Rindu Karya Tere Liye

Novel Rindu merupakan salah satu novel yang populer karya penulis Tere Liye. Novel ini berlatar perjalanan sebuah kapal yang akan berlayar dari Indonesia ke Jeddah, Arab Saudi. Dalam buku ini, kamu akan menikmati cerita menarik tentang cinta dari pasangan-pasangan yang menaiki kapal tersebut. Dalam novel ini juga, pembaca diingatkan mengenai toleransi beragama dan tak ada kehidupan yang sempurna.

Baca Juga | Cara Cepat Belajar Bahasa Korea Bagi Pemula

10. City of Girls – Elizabeth Gilbert

City of Girls Karya Elizabeth Gilbert

Dalam novel ini Elizabeth Gilbert menceritakan sosok Vivian Morris yang pada tahun 1940 datang ke New York membawa mesin jahitnya karena diusir oleh orangtuanya. Keduanya menganggap Vivian sebagai anak yang gagal dan terlihat seperti tidak mempunyai tujuan hidup.Vivian memulai petualangannya sejak dirinya diterima oleh Bibi Peg, seorang wanita pemilik teater ‘Lily Playhouse’ yang sedang diusahakan untuk hidup kembali.

Buku ini sangat recommended untuk pembaca dewasa yang menyukai novel romance – historical fiction dengan latar sejarah perang dunia kedua, yang berlatarkan tempat di New York City. Beberapa tokoh dalam novel ini dapat dikatakan unlikeable. Sementara deskripsi fisik tokoh maupun latar, penulis membuatnya begitu detail, bahkan suasana masa perang tergambarkan dengan baik di buku ini. Novel ini pun berisi pesan tentang banyak sisi kehidupan, mulai dari keluarga, persahabatan, jati diri, dan proses menjadi dewasa.

Baca juga | 4 Cara Simple untuk Meningkatkan Strategi Penjualan Buku Bekas Anda

Nah, itulah sepuluh rekomendasi novel terbaik 2022 yang bisa kamu nikmati sepanjang masa. Semoga rekomendasi di atas dapat memberikan kamu sebuah informasi yang bermanfaat. Di antara sepuluh rekomendasi novel tersebut, apakah kamu sudah membaca salah satunya? Jika belum, selamat membaca, ya!

Baca Juga | 8 Cara Efektif Atasi Malas Belajar, Bikin Semangat Kamu Bangkit!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *