Tanggal:15 May 2024

Cara Tepat Penggunaan 3 Preposisi In, On, dan At dalam Bahasa Inggris

Preposition atau preposisi merupakan kata penghubung yang digunakan untuk menyatakan arah, waktu, tempat, posisi, dan lain-lain. Preposition yang paling sering digunakan dalam kalimat Bahasa Inggris adalah “on”, “in”, dan “at”. Ketiga preposisi digunakan sesuai fungsinya masing-masing dan untuk menjelaskan arah, waktu, tempat, dan posisi. 

Kursus belajar TOEFL online Vocasia

Penggunaan in, on, dan at harus digunakan sesuai aturan karena setiap preposisi tersebut memiliki cara penerapan yang berbeda dan tergantung dari tujuan penggunaannya. Bagaimana penggunaan on, in, dan at yang benar?

Baca Juga: Cara Budidaya Bunga Anggrek

Contoh Penggunaan In, On, At

Contoh Penggunaan In, On, At. Sumber: pixabay.com

Meski ketiga preposition in, on, dan at terlihat mirip, penerapannya memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Hal ini bergantung dari cakupan yang diterangkan oleh preposition tersebut. 

  • In digunakan secara umum atau general, contoh: he drives in a car.
  • On digunakan untuk kalimat general tetapi lebih spesifik dibandingkan in, contoh: my glasses is on the table.
  • At digunakan secara spesifik, contoh: what are doing at garage?

Secara umum, penerapan preposition in, on, dan at dalam bahasa Inggris memiliki fungsi untuk menyatakan kata keterangan waktu (preposition of time) dan kata keterangan tempat (preposition of place). Setiap preposition memiliki fungsi berbeda sesuai peruntukannya masing-masing. 

Baca Juga: Pengertian Dependent Clause

Penggunaan preposition “in”

Preposition “in” bisa digunakan untuk menjelaskan keterangan tempat dan waktu. Untuk menerangkan waktu, preposition “in” digunakan untuk menjelaskan bulan, contoh:

  • My baby was born in October. (Bayi saya telah lahir di bulan Oktober.)
  • She graduate in August. (Dia lulus di bulan Agustus.)

Selain itu, preposition “in” digunakan untuk menerangkan musim, contoh: 

  • I like eating ice cream in Summer. (Aku suka makan es krim di musim panas.)
  • He always go outside in Raining. (Dia selalu pergi keluar di musim hujan)

Preposition “in” juga bisa digunakan untuk menjelaskan keterangan waktu dalam a day atau siang hari. Penggunaan keterangan waktu di malam hari menggunakan preposition “at”. Contoh kalimatnya sebagai berikut.

  • I clean the living room in the morning. (Aku membersihkan ruang keluarga di pagi hari)
  • I come home in the afternoon. (Aku datang ke rumah di siang hari.)

Dalam menerangkan tempat, preposition “in” digunakan untuk menjelaskan suatu hal yang lokasinya berarti “di dalam”. Biasanya digunakan untuk menjelaskan keberadaan seseorang atau suatu lokasi tempat dalam konteks geografis, contoh:

  • He study in Manchester now. (Sekarang dia sekolah di Manchester.) 
  • The campus is located in Italy. (Kampus berada di Italia)

Baca Juga: 8 Syarat dalam Menulis Judul Berita Calon Jurnalis Wajib Tahu

Penggunaan preposition “on”

Preposition “on” digunakan untuk menjelaskan waktu dan tempat. Dalam menjelaskan waktu, preposisi ini digunakan saat ingin memberi keterangan hari secara spesifik, contoh:

  • We usually bike to work on Mondays. (Kami biasanya bersepeda untuk bekerja pada hari senin.)

Preposition “on” dalam menerangkan tempat digunakan untuk menjelaskan subjek yang berada “di atas” baik tempat yang besar maupun kecil, contoh:

  • They do their homework on the 2nd floor. (Mereka mengerjakan pekerjaan rumah di lantai 2)

Preposisi ini juga bisa digunakan untuk menunjukkan lokasi suatu benda yang berada di atas permukaan tempat. Namun, penggunaan preposition “on” tidak sama dengan “above” yang juga menunjukkan suatu benda berada di atas. Penggunaan preposition “on” menjelaskan suatu benda yang berada di suatu bagian dalam sebuah permukaan. Sementara “above” menjelaskan sesuatu yang terletak di atas tempat yang lebih tinggi. Contoh:

  • The book you’re looking for is on the chair. (Buku yang kamu cari ada di atas kursi.)

Baca Juga: Tips dan Cara Foto Bayi Kamu dengan Benar

Penggunaan preposition “at”

Preposition “at” digunakan untuk menerangkan tempat dan waktu yang lebih spesifik. Dalam menerangkan waktu, preposition “at” digunakan untuk menjelaskan suatu hari dengan jam yang sudah pasti, contoh: 

  • I have a class at 8 a.m. (Aku ada kelas di jam 8.) 

Hal ini juga terjadi pada saat “at” digunakan untuk menerangkan suatu tempat atau lokasi. Penggunaan “at” akan menjelaskan tempat yang sudah spesifik, bukan hanya sekedar negara atau kota. 

  • I work at Nako as a part time Barista (Aku bekerja di Nako sebagai Barista paruh waktu.)

Baca Juga: Pengertian Present Perfect Continuous

Itu dia cara penggunaan preposition atau preposisi in, on, dan at dalam Bahasa Inggris! Walaupun kegunaannya sama-sama untuk menyatakan keterangan tempat dan waktu, tetapi masing-masing peruntukannya memiliki perbedaan dan batasan.  

Untuk membaca artikel menarik lainnya yang bisa menambah pengetahuan dan wawasan, kamu bisa klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang mempersiapkan salah satu tes TOEFL, IELTS, maupun TOEIC hanya dengan klik tautan berikut. Vocasia adalah platform online yang menyediakan berbagai pelatihan untuk membantu kamu dalam mengukur seberapa jauh penguasaan kemampuan dalam berbahasa Inggris. 

Yuk segera ikuti berbagai pelatihannya dan jangan lewatkan kesempatan khusus untuk mendapatkan potongan harga dan penawaran lainnya! 

Baca Juga: Pengertian Parallel Structure

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *