Tanggal:25 April 2024

10+ Contoh Promosi Produk Untuk Tingkatkan Penjualan

Dalam berbisnis pastinya kita ingin produk kita banyak diketahui oleh khalayak umum. Pastinya kita juga ingin produk kita disukai dan dibeli oleh banyak orang. Hal tersebut tidak mungkin didapatkan secara instan. Ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar hal tersebut dapat terwujud.

Salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan mempromosikan produk kita. Adanya promosi yang efisien pastinya dapat mengembangkan bisnis kita menjadi lebih baik lagi. Tanpa adanya promosi, pastinya penjualan produk kita akan stagnan dan tak akan ada peningkatan.

Nah, untuk teman-teman yang baru mulai berbisnis dan masih bingung bagaimana contoh promosi produk yang dapat meningkatkan penjualan. Tenang saja karena artikel ini akan membahas beberapa contoh promosi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis kalian.

Contoh Promosi Produk yang Dapat Meningkatkan Penjualan

1) Diskon Special Pembelian Pertama

Salah satu contoh promo yang dapat kalian gunakan untuk menggaet konsumen baru, yaitu dengan menggunakan promo diskon spesial untuk pembelian pertama. 

Dengan memberikan diskon kepada pelanggan baru di pembelian pertamanya, kemungkinan besar ia akan membeli lagi.

Contoh : 

“Spesial Pembelian Pertama, diskon 50% dari harga normal”

2) Buy One, Get One

Setelah mengadakan promosi spesial pembelian pertama, cara lain yang dapat kamu lakukan dalam melakukan promosi adalah menerapkan promo Buy One Get One atau “Beli Satu, Gratis Satu”.

Pastinya konsumen akan merasa senang saat diberikan bonus secara gratis. Cara ini sudah terbukti ampuh, apalagi dengan jumlah produk yang terbatas. Konsumen akan berpikir cepat untuk memanfaatkan momentum Buy One Get One.

Contoh : 

“Beli 1 Gratis 1, Persediaan Stok Terbatas”

3) Garage Sale

Jika persediaan produk kalian di gudang masih banyak dan agak berlebihan. Ada salah satu cara promosi yang ampuh dalam mengatasi masalah tersebut. Satu-satunya cara adalah melakukan promosi Garage Sale. Promosi ini sangat ampuh untuk menghabiskan produk yang masih tersisa di gudang. Pastikan diskon dilakukan secara besar-besaran. Dengan demikian, konsumen akan lebih tertarik jika potongan harga yang diberikan cukup besar.

Contoh : 

“Cuci Gudang, Diskon Sampai 80%”

4) Potongan Ongkos Kirim

Salah satu promosi yang sering ditunggu-tunggu oleh konsumen adalah promo gratis ongkir. Karena dengan adanya promosi gratis ongkir, konsumen lebih merasa diuntungkan karena ia tinggal menunggu barang sampai di rumah tanpa harus memikirkan ongkos kirimnya. Biasanya promo ini dapat digunakan dengan minimal harga tertentu agar mendapatkan gratis ongkos kirim.

Contoh : 

“Gratis Ongkir Setiap Minimal Belanja Rp.100.000”

5) Flash Sale

Selain gratis ongkir, ada contoh promosi yang juga ditunggu-tunggu oleh konsumen, yaitu promo flash sale. Promo flash sale ini biasanya berlangsung dalam kurun waktu yang relatif singkat dan terbatas. Biasanya flash sale ini diadakan dalam hitungan menit, jam, hari, atau juga rutin dilaksanakan tiap minggu, bulan ataupun tahun. Biasanya ada beberapa konsumen yang membeli produk tersebut pada saat flash sale saja. Alhasil, flash sale salah satu contoh promosi yang efektif.

Contoh : 

“Buruan Diskon Flash Sale 50%, Hanya Di Jam Ini”

6) Dapatkan Cashback

Pastinya setiap konsumen ingin mendapatkan keuntungan lebih setelah membeli suatu produk. Oleh karena itu, salah satu cara promosi terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah cashback atau uang kembali. Biasanya besaran cashback ditentukan dari berapa persen total jumlah belanja. Cashback biasanya didapatkan dalam bentuk tunai atau juga poin, seperti melakukan pembayaran melalui OVO, GoPay; aplikasi Dana biasanya ada cashback yang konsumen bisa dapatkan.

Contoh : 

“Cashback sampai 50%, Khusus Pembayaran Melalui OVO”

7) Promo Hari Besar

Setiap tahun pastinya ada beberapa hari besar yang diperingati oleh masyarakat Indonesia. Nah, perayaan hari besar ini merupakan kesempatan besar untuk mengadakan promosi. Karena saat perayaan hari besar keagamaan, konsumen lebih memiliki banyak waktu untuk berbelanja bersama keluarga. Hal yang pastinya, mereka juga mengincar diskon besar-besaran di hari-hari besar, seperti Lebaran, Tahun Baru, Natal, Imlek, dan juga beberapa hari besar lainnya.

Contoh : 

“Diskon Spesial Natal, Dapatkan Diskon Hingga 90%”

8) Gift Box

Cara ini hampir sama dengan buy one get one, tetapi biasanya gift box ini bukan benda yang sama. Namun beberapa bonus kecil yang didapatkan konsumen setelah membeli produk kita. Pastinya itu akan memberikan kesan lebih terhadap produk kita, walaupun hadiah yang diberikan nilainya tidak seberapa.

9) Paid Promote

Cara lain dalam mengadakan promosi produk adalah menggunakan pihak ketiga, salah satunya adalah paid promote (promosi berbayar). Paid promote biasanya dilakukan oleh para influencer yang memiliki jumlah followers yang banyak. Biasanya kita membayar mereka untuk melakukan promosi dengan harga yang sudah ditentukan oleh sang influencer , biasanya disebut rate card. Dengan melakukan paid promote, kita bisa memperluas jangkauan produk kita sehingga lebih luas ketimbang sebelumnya.

10) Endorsement

Jenis terakhir ada endorsement. Promosi ini juga biasanya dilakukan oleh para influencer yang memiliki jumlah followers yang banyak. Bedanya adalah endorsement dilakukan dengan cara memberikan produk kita secara gratis untuk dipromosikan oleh influencer

Dengan demikian, ia tidak hanya mendeskripsikan produk kita. Namun juga memberikan pengalaman pada saat memakai produk yang kita buat.

Setelah mengetahui beberapa contoh promosi produk yang dapat kita terapkan ke dalam bisnis kita. Jika kita lihat lebih teliti, copywriting sangat penting dalam melakukan sebuah promosi. Dengan kata-kata promosi, kita bisa menarik perhatian konsumen untuk membeli produk kita.

Oleh karena itu, Vocasia mengadakan kelas online yang membahas  “Strategi Meningkatkan Omset Penjualan Dengan Copywriting yang Menawan“. Dengan begitu, kalian dapat lebih menguasai copywriting untuk meningkatkan kualitas promosi produk yang dijual. Untuk info lengkap dan pendaftaran, sobat segera KLIK TOMBOL DI BAWAH INI!

Public relation masterclass

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *