Tanggal:17 May 2024

Beberapa Dampak Positif Perkembangan IPTEK

Dampak positif perkembangan IPTEK sudah berjalan semakin baik. IPTEK atau ilmu pengetahuan dan teknologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perkembangan teknologi berdasarkan pengetahuan. Ilmu pengetahuan dan teknologi berjalan beriringan untuk membangun sebuah kemajuan dalam perkembangan global.

Sains menjadi studi tentang alam dan perilaku dunia fisik dan alam melalui metode ilmiah. Sains didefinisikan sebagai proses mengamati, mengidentifikasi, bereksperimen, mendeskripsikan, menyelidiki, dan menjelaskan secara teoritis fenomena alam tersebut.

Teknologi adalah kumpulan teknologi dan proses yang digunakan untuk menghasilkan barang atau jasa dan mencapai tujuan seperti penelitian ilmiah. Teknologi mengacu pada metode, peralatan dan sistem yang berasal dari pengetahuan ilmiah sebagai tujuan praktis.

Baca juga: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Teknologi Komunikasi

Dampak Positif IPTEK

  1. Membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat.
  2. Adanya pertumbuhan ekonomi bagi negara karena masuknya investasi di negara tersebut.
  3. Membentuk keterampilan serta pengetahuan baru.
  4. Berkembangnya dunia digital dengan adanya internet banking dan SMS banking di perbankan.
  5. Teknologi informasi dapat mempercepat penyampaian informasi sehingga dapat mempercepat pengambilan keputusan.
  6. Memudahkan konsumen atau pembeli dalam mencari dan mendapatkan produk yang dibutuhkan.

Di balik dampak positif perkembangan teknologi, terdapat pula dampak negatif dari perkembangan teknologi. Pertama, hilangnya budaya tradisional. Dengan berdirinya berbagai bangunan mewah seperti mall, hotel, dan lain-lain telah menyebabkan hilangnya budaya tradisional, misalnya kegiatan perdagangan yang sebelumnya disebut pasar tradisional kini menjadi pasar modern. Budaya saling sapa antar tetangga juga semakin tergantikan, terutama di kawasan perkotaan elit.

Yang kedua adalah penggunaan teknik yang sering disalahgunakan. Ini merupakan momok besar yang belum tertangani hingga saat ini. Secara khusus, akses mudah ke video porno berdampak fatal bagi perkembangan psikologis anak, yang berujung pada kasus kriminal seperti pelecehan seksual, pemerkosaan, dan pembunuhan.

Sikap yang paling bijak dalam menghadapi perkembangan teknologi adalah dengan memanfaatkan fasilitas yang diciptakan oleh perkembangan teknologi dengan baik untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Nah, itu dia dampak positif serta negatif dari perkembangan IPTEK. Pasti kamu sudah merasakan keduanya, kan? Yuk, ikut andil dalam kemajuan pengetahuan dan teknologi untuk perkembangan Indonesia!

Baca juga: Beginilah Perkembangan Media Massa Di Indonesia

Kursus belajar pemograman untuk anak vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *