Tanggal:22 November 2024

Definisi Public Relation Menurut Para Ahli dan Fungsinya

Apa itu public relation (pexels.com/August de Richelieu)

Pengertian Umum Public Relation

Public relation adalah peran yang membangun dan mempertahankan hubungan baik dan bermanfaat antar organisasi dengan publik hal ini sangat mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi tersebut. Public relation juga bisa diartikan sebagai interaksi dan menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan untuk kedua belah pihak, dan profesi yang mempunyai kedudukan penting dalam mencapai tujuan organisasi secara tepat dan merupakan kelangsungan hidup organisasi yang bersangkutan.

Baca Juga : Jenis Alat Untuk Memaksimalkan Kinerja Public Relation

Pengertian public relation adalah: Interaksi dan menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan untuk kedua belah pihak, dan merupakan profesi yang profesional dalam bidangnya karena merupakan faktor yang sangat penting dalam pencapaian tujuan organisasi dengan secara tepat dan dengan secara terus menerus karenapublic relation merupakan kelangsungan hidup organisasi yang bersangkutan (Maria, 2002).

Marston mengatakan “public relation adalah suatu perencanaan dengan menggunakan komunikasi persuasif untuk mempengaruhi persepsi masyarakat” (1999). Scholz (1999) mengatakan bahwa “public relation adalah suatu perencanaan yang mendorong untuk mempengaruhi persepsi masyarakat melalui pelaksanaan tanggung jawab sosial berdasarkan suatu komunikasi timbal balik untuk mencapai keuntungan pada kedua belah pihak.

Baca Juga : Memahami Konsep Dasar Public Relations

Definisi Public Relation Menurut Para Ahli

Definisi public relation menurut para ahli (pexels.com/mentatdgt)

Definisi public relation menurut para ahli (pexels.com/mentatdgt)

  1. Menurut Center dan Brown definisi public relation adalah sebuah bagian dari fungsi menajemen.
  2. Menurut Crystallizing Public relation adalah proses interaksi dimana public relation menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan kedua belah pihak, dan menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik, bertujuan menanamkan keinginan baik, kepercayaan saling adanya pengertian, dan citra yang baik dari publiknya.
  3. Menurut Widjaja,2001. Public Opinion menyebutkan bahwa public relation adalah profesi yang mengurusi hubungan antara suatu perusahaan dan publiknya yang menentukan hidup perusahaan itu
  4. Menurut Cutlip, Center dan Brown, public relation adalah fungsi manajemen secara khusus yang mendukung terbentuknya saling pengertian dalam komunikasi, pemahaman, penerimaan dan kerja sama antara organisasi dengan publiknya
  5. Menurut John E.Marston, public relation adalah komunikasi persuasive yang dirancang untuk mempengaruhi public secara signifikan
  6. Menurut Robert T.Relly, public relation adalah seni dan ilmu sosial untuk menganalisis tren, memprediksi konsekuensinya, menasihati pemimpin organisasi, dan menerapkan program tindakan terencana yang melayani kepentingan organisasi dan publik.
  7. Menurut IPRA, public relation merupakan suatu kegiatan yang saling pengertian untuk mendapatkan sisi positif atau citra baik dari masyarakat.
  8. Menurut IPR (Institue Public Relation), public relation adalah praktek humas yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan (terus-menerus) dalam rangka menciptakan dan mempertahankan niat baik (goodwill), serta sikap-sikap yang saling pengertian yang bersifat timbal balik (Mutual Understanding) antara suatu organisasi atau perusahaan dengan segenap khalayaknya. (Frank Jefkins, 1996:8)
  9. Menurut Sukandel (1990) dan Ardianto (II004), Suatu metode komunikasi untuk penciptaan citra positif dari mitra institusi atas dasar kesadaran untuk menghormati kepentingan bersama.

Baca Juga : Peran Public Relation Dalam Penanganan Konflik Dan Krisis Organisasi

Sukandel mendefenisikan beberapa hal penting yaitu:

  1. Public relation adalah sebuah ilmu yang memiliki banyak arti yang berasal dari ilmu komunikasi. Public relation mempunyai dasar berpikir yang dapat dijelasakan dan dapat dipertanggung jawabkan melalui metode logika dari berbagai ahli keilmuan.
  2. Citra adalah obyek dari publik relation yang telah menjadi kebutuhan dari institusi layaknya sumber daya yang telah ada seperti sumber daya manusia, sumber daya keuangan, sumber daya peralatan bahkan sumber daya pengetahuan.
  3. Mitra adalah subyek dari publik relation disamping institusi itu sendiri. Mitra adalah bagian dari operasi sebuah institusi, tanpa mitra sebuah institusi tidak dapat berjalan.

Fungsi Public Relations

Fungsi dari Public Relation adalah sebagai berikut :

  • Mengetahui secara pasti dan mengevaluasi pendapat umum yang berkaitan dengan perusahaannya.
  • Menasehati para eksekutif mengenai cara-cara menangani pendapat umum yang timbul.
  • Menggunakan komunikasi untuk mempengaruhi pendapat umum
  • Menciptakan hubungan yang harmonis diantara organisasi atau juga perusahaan dengan publiknya, sekaligus untuk dapat menciptakan opini publik
  • Menciptakan opini publik yang dapat diterima serta juga dapat menguntungkan semua pihak.

Baca Juga : Fungsi Manajemen Public Relation

Itu semua adalah pembahasan mengenai pengertian dan definisi public relation dari berbagai macam ahli – ahli ilmu komunikasi. Apakah Anda berniat menjadi public relation? Ikuti Masterclass Public Relation – Strategi menghadapi krisis dan membangun reputasi hanya di Vocasia! Klik disini untuk info selengkapnya, Jangan sampai ketinggalan! 

Baca Juga : Sejarah Perkembangan Public Relation Di Indonesia

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *