Tanggal:21 June 2024

Aplikasi Control Panel Hosting Terpopuler

Baca Juga:

Banyak website yang berjalan menggunakan kontrol panel hosting sebagai host, sebagian besar website tersebut berjalan pada share hosting, VPS (Virtual Private Server) dan Dedicated Server. Kontrol Panel Hosting semacam ini akan memudahkan penggunanya untuk mengelola aplikasi atau software berbasi situs website untuk menyederhanakan proses pengelolaan server, tanpa penggunanya perlu untuk mengetahui tentang server administration.

Di jaman yang sudah serba digital seperti sekarang ini terdapat banyak sekali aplikasi kontrol panel hosting yang bisa kamu gunakan. Namun, akan lebih baik kamu menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi kontrol panel hosting terpopuler dan paling dikenal saat ini.

Aplikasi kontrol panel yang terbaik biasanya memerlukan biaya untuk bisa mengunduh dan menginstallnya alias aplikasi ini berbayar. Waktu pembayaran biasanya dibayar setiap bulan jika sudah terinstall pada server. Tak usah khawatir, ternyata masih ada beberapa aplikasi kontrol panel hosting yang gratis dan bisa kamu gunakan secara optimal. Aplikasi tersebut gratis karena sifatnya yang open source.

Buat kamu yang saat ini memiliki kebutuhan untuk menggunakan aplikasi kontrol panel hosting pada server, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini vokasia akan memberi tahumu tentang beberapa aplikasi kontrol panel hosting terpopuler yang bisa kamu gunakan secara gratis maupun versi yang berbayar.

Daripada terlalu lama berbasa-basi, yuk simak artikel di bawah ini sampai tuntas!

Baca Juga:

1. cPanel

Logo cPanel - @cpanel.net
Logo plesk – @cpanel.net

Aplikasi kontrol panel terpopuler yang pertama yaitu Cpanel. Aplikasi Cpanel merupakan aplikasi kontrol panel hosting yang berbasi Unix/Linux. Desain UI dari aplikasi ini juga akan membantumu mengelola website dengan cepat dan mudah. Aplikasi ini juga membuat kamu bisa mengakses penus atas berbagai elemen pengaturan pada situs web dan admin hosting, misalnya seperti Membuat database, membuat account email, auto responder, dan mengelola file website.

Baca Juga:

2. Plesk

Logo plesk
Logo plesk – @plesk.com

Aplikasi kontrol panel hosting terpopuler yang kedua memiliki kemiripan dengan aplikasi kontrol panel hosting yang pertama, Cpanel. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengelola akun hosting melalui desain UI berbasis website. Aplikasi ini bisa kamu instal pada VPS dan dedicated server.

Dengan plesk kamu dapat mengontrol banyak virtual host dalam satu mesin. Selain itu, plesk juga akan mengotomisasi banyak tugas sehingga akan menghemat biaya dan sumber daya. Hal ini juga akan meningkatkan profitabilitas, efisiensi dan kepuasan pelanggan.

Fitur yang ditawarkan oleh Plesk, yaitu seperti berikut ini:

1. Membuat akun FTP.
2. Mengelola dan membuat akun email dan database seperti MySQL dan PsotgreSQL.
3. Menambahkan domain dan subdomain.
4. Restore dan Backup data.
5. Mengelola DNS dan sumber daya lainnya.

Baca Juga:

3. ISPConfig

Logo isp config
Logo isp config – @ispconfig.org

ISPConfig adalah kontrol panel open source multi bahasa yang memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa server di bawah satu kontrol panel. ISPConfig berlisensi di bawah lisensi BSD. Kontrol panel open source ini juga mampu mengelola FTP, SQL, BIND DNS, database dan virtual server.

Fitur yang disediakan oleh ISPConfig adalah seperti berikut ini:

1. Dapat memanage lebih dari satu server dari satu panel kontrol.
2. Antarmuka web yang memudahkan untuk administrator, reseller dan klien login.
3. Mendukung webserver seperti Apache dan Nginx.
4. Konfigurasi mirroring dan cluster.
5. Mengelola akun email dan FTP.
6. Dan masih banyak lagi

Baca Juga:

4. Kloxo

Aplikasi kontrol panel hosting terpopuler selanjutnya adalah Kloxo. Aplikasi kontrol panel hosting ini bisa dibilang salah satu aplikasi kontrol panel yang paling canggih. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang sedikit pun untuk menggunakannya alias aplikasi ini gratis. Aplikasi ini memiliki fitur FTP, filter spam, PHP, Perl, CGi dan masih banyak fitur canggih lainnya.

Baca Juga:

Demikian daftar beberapa aplikasi kontrol panel hosting yang paling banyak digunakan. Semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman.

Kursus belajar pemograman dengan nuxt js
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *