Tanggal:05 May 2024
Brand community (rawpixel.com)

Apa Itu Brand Community dan Manfaat Membangun Komunitas Merek

Pengertian komunitas merek?

Dalam istilah yang paling sederhana, komunitas merek menunjukkan loyalitas merek yang terbaik. Orang-orang di komunitas merek Anda diinvestasikan secara emosional; mereka akan membeli dari perusahaan Anda, mencerna konten Anda, memberi tahu teman dan keluarga mereka tentang perusahaan Anda, dan banyak lagi.

Tetapi komunitas merek tidak sama dengan kesadaran merek. Hanya karena seseorang mengetahui atau telah membeli dari merek Anda tidak berarti mereka adalah bagian dari komunitas merek yang terlibat.

Sebaliknya, komunitas merek Anda adalah orang-orang yang mengikuti semua konten Anda di media sosial, yang membagikan produk/layanan dan konten Anda dengan orang lain, dan yang senang melihat semua yang dilakukan merek Anda.

Baca Selengkapnya: Apa saja yang perlu diperhatikan saat kolaborasi brand ?

Sederhananya, komunitas merek adalah tempat di mana orang-orang yang memiliki hubungan emosional dengan merek Anda dapat terhubung satu sama lain dan dengan merek Anda.

5 Manfaat Membangun Komunitas Merek Online

  1. Menghapus ketergantungan pada iklan dan promosi untuk traffic

Pikirkan tentang pembelian terbaru Anda dari merek favorit Anda. Apakah Anda menunggu mereka mengadakan obral, atau sampai Anda melihat iklan? Saya kira Anda tidak melakukan keduanya. Itu karena kami berbelanja dengan merek yang kami sukai karena bagaimana mereka membuat kami merasa, bukan karena mereka terus memberi kami diskon atau memasang iklan di depan kami.

Saat Anda memiliki komunitas online yang kuat, komunitas tersebut akan menarik orang ke merek Anda dengan memanfaatkan apa yang benar-benar memotivasi mereka: emosi mereka. Ini dilakukan dengan menghubungkan merek Anda dengan tujuan sosial, membuat pernyataan misi untuk merek Anda, dan bahkan dengan program penghargaan.

Pelanggan akan berinvestasi dalam merek Anda karena komunitas Anda mewakili nilai-nilai merek Anda, memungkinkan Anda untuk memutuskan ketergantungan Anda pada promosi dan iklan.

  1. Meningkatkan retensi pelanggan

Ketika anggota komunitas Anda terhubung dengan merek Anda dan komunitas di sekitarnya, itu menciptakan penghalang peralihan. Sebagai hasil dari dedikasi dan investasi mereka di komunitas, mereka tidak akan terlalu sensitif terhadap harga, dan cenderung tidak akan berbelanja.

Dengan memanfaatkan emosi yang melekat pada penampilan dan perasaan terbaik Anda, mereka telah membangun komunitas merek online yang besar, tanpa harus mempertimbangkan untuk menurunkan harga mereka untuk menjadi minyak kecantikan termurah di pasar.

Jadikan hubungan emosional sebagai landasan komunitas Anda. Apa pun yang Anda jual, pembeli satu kali Anda akan menjadi pembeli berulang yang berdedikasi sebagai anggota setia komunitas merek Anda.

  1. Menciptakan pendukung merek yang berharga

Komunitas Anda tidak dapat berkembang jika tidak ada yang mengetahuinya. Untungnya, ketika Anda menginspirasi anggota komunitas Anda, Anda dapat mengubah mereka menjadi pelanggan menjadi pendukung merek. Para pendukung menyukai merek Anda dan menjadi saluran pemasaran yang berharga, bertindak sebagai megafon komunitas untuk membantu membawa orang lain ke dalam pengalaman merek Anda. Plus, saat mereka menginjili untuk bisnis Anda, mereka bahkan menghabiskan dua kali lipat dari pembelanja rata-rata.

Ketika komunitas Anda tumbuh, itu hanya dapat berarti hal-hal positif untuk bisnis Anda. Dengan menginspirasi pendukung merek, mereka dapat berbagi nilai merek Anda untuk membantu mendatangkan pelanggan baru yang senang, dan menciptakan pengalaman komunitas yang lebih menarik.

  1. Membantu Anda memahami pelanggan Anda

Satu-satunya cara untuk membuat pengalaman pelanggan Anda lebih baik adalah jika Anda tahu apa yang dialami pelanggan Anda.

Membuat komunitas merek online memungkinkan Anda mempelajari apa yang membuat pelanggan Anda tergerak, serta apa yang mereka sukai dan tidak sukai tentang pengalaman pelanggan. Berbekal semua ulasan produk, formulir umpan balik, dan interaksi sosial, ada banyak cara untuk mengetahui semua yang dapat Anda lakukan untuk membuat setiap interaksi dengan merek Anda menyenangkan.

Baca Juga: Ide Pemasaran Tahun Baru Imlek Yang Kreatif Diskon Dan Promosi

Anggota komunitas telah memberikan waktu, tenaga, atau uang untuk merek Anda. Itu membuat mereka ideal untuk memberikan umpan balik, membantu Anda memahami apa yang benar-benar dihargai pelanggan Anda tentang merek Anda.

  1. Menciptakan nilai tambah bagi pembeli Anda

Pembeli yang menemukan komunitas online Anda belum selalu menjadi pelanggan. Sebelum mereka membeli sesuatu, Anda perlu menunjukkan nilai yang dapat diberikan merek Anda. Dengan menggunakan pemasaran nilai tambah, Anda dapat menciptakan nilai bagi komunitas Anda dan yang belum menjadi pelanggan Anda.

Baca Juga: 6 Tools Website Traffic Monitoring Terbaik Di 2022

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *