Tanggal:22 April 2024

Empiris: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya

Sobat Vocasia, pastinya kalian pernah mendengar kata empiris? Sebenarnya arti dari kata empiris itu apa ya. Mungkin bagi kalian yang berkecimpung di bidang akademik pastinya tidak asing lagi dengan kata empiris. Biasanya kata empiris ini berkaitan dengan kegiatan penelitian yang dilakukan oleh akademisi.

Kursus online belajar grammar vocasia

Secara singkat, empiris merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani. Empiris sendiri memiliki arti pengalaman yang didapatkan melalui percobaan. Empiris ini sangat erat hubungannya dengan observasi yang dilakukan untuk mendapatkan data yang meyakinkan. Selanjutnya akan kita bahas lebih lengkap lagi apa itu empiris, kelebihan, kekurangan, serta contoh empiris pada sebuah penelitian

Apa Itu Empiris?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), empiris memiliki arti berdasarkan pengalaman terutama yang diperoleh dari penemuan, percobaan, dan pengamatan yang telah dilakukan.

Sesuai dengan pengertian yang dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, dapat disimpulkan bahwa empiris merupakan data ataupun keadaan nyata yang didapatkan melalui kegiatan penelitian, observasi, dan eksperimen yang memiliki tujuan untuk mendapatkan fakta ilmiah.

Jika melihat berdasarkan asalnya, Istilah empiris ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu empeiria. Empeiria disini memiliki arti sebagai pengalaman atau mencoba-coba.

Konsep empiris tidak bisa dipakai apabila mendapatkan sebuah kenyataan yang sama sekali tidak berkaitan dengan penelitian ilmiah. Empiris juga bisa diartikan sebagai bukti yang dapat dirasakan dengan menggunakan panca indera.

Empiris sendiri bertujuan untuk mengungkapkan bukti dari dugaan-dugaan yang ada di sekitar kita melalui pengamatan dan juga percobaan. Selain itu, empiris juga bertujuan mengembangkan dan memperbaharui ilmu pengetahuan yang sudah ada menjadi ilmu yang baru.

Kelebihan dan Kekurangan Penelitian Empiris

Tidak berbeda dengan penelitian yang lain, penelitian empiris mempunyai beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Beberapa kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki oleh penelitian empiris sebagai berikut.

Kelebihan Empiris

  1. Memiliki kepraktisan dalam mencari kebenaran/fakta.
  2. Lebih mengutamakan fakta yang diterima oleh indera manusia.
  3. Dapat dipakai untuk mengumpulkan data dan juga mencari bukti-bukti yang faktual.
  4. Teknik yang mempengaruhi kemunculan ilmu pengetahuan tertentu.

Kekurangan Empiris

  1. Indera manusia memiliki keterbatasan dalam mengamati suatu fenomena.
  2. Tidak bisa diterapkan pada semua ilmu, hanya ilmu tertentu.
  3. Penelitian empiris sangat terbatas karena bergantung pada kemampuan relatif indra sang pengamat.
  4. Ruang lingkup yang khas dan terbatas sehingga tidak dapat memberikan kebenaran yang mutlak.

Contoh dari Empiris

Empiris dapat ditemukan dalam berbagai bidang di kehidupan sehari-hari. Mulai dari bidang sosial, ekonomi, kesehatan, dan juga ilmu sains. Berikut beberapa contoh dari empiris.

1) Bidang Sosial

Contoh empiris yang dapat kita temukan di dalam bidang sosial adalah ketika adanya permasalahan banjir di suatu daerah. Oleh demikian, untuk mengetahui penyebab dan solusinya, yaitu dengan mengadakan survei ke saluran-saluran air.

2) Bidang Ekonomi

Pemerintah daerah yang turun langsung ke pasar untuk mengetahui penyebab naiknya harga bahan pokok. Dengan demikian, aktivitas itu akan membantu menemukan solusi untuk menurunkan harga pasar.

3) Bidang Kesehatan

Melakukan pengamatan secara langsung kepada pasien atau melakukan tes laboratorium. Aktivitas ini dilakukan untuk mengetahui penyakit atau gejala-gejala yang dimiliki oleh pasien. 

4) Bidang Sains

Terdapat fenomena yang menyebabkan pencemaran pada sungai di sekitar lingkungan tersebut. Untuk mengetahui zat apa yang mencemari sungai tersebut, sampel air harus diambil langsung dari sungai tersebut untuk dilakukan penelitian dan mengetahui sumber masalahnya.

Sekian penjelasan mengenai empiris. Semoga bisa berguna bagi sobat-sobat.

Nah, bagi Sobat Vocasia yang ingin mengetahui lebih banyak hal-hal yang berkaitan dengan dunia perkuliahan. Kalian bisa mengikuti kelas online Vocasia yang membahas tentang “Strategi Marketing Bisnis Untuk Menaikkan Penjualan”. Yuk, mumpung lagi ada promo langsung aja daftar, yaitu caranya langsung KLIK TOMBOL DI BAWAH INI!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *