Tanggal:04 May 2024

Ketahui 8 Faktor dalam Desain Produk Ini, Agar Brand Kamu Menarik!

1. Fungsional

Faktor dalam desain produk pertama adalah fungsional. Seperti yang diketahui bahwa setiap produk mempunyai fungsi atau kegunaan yang berbeda, hal ini tergantung untuk keperluan apa produk itu dibuat. Sehingga terdapat hubungan yang erat antara desain produk dengan bentuk dan fungsi dari produk itu sendiri. Oleh sebab itu, dalam membuat kemasan desain produk kamu perlu untuk mempertimbangkan salah satu elemen penting yaitu perlindungan yang dapat ditawarkan suatu paket. Tidak ada gunanya membuat kemasan yang menarik tetapi tidak bisa berfungsi dengan baik.

Dalam hakikatnya pengemasan produk memiliki banyak fungsi, namun yang utama adalah melindungi isi produk. Sebab itu, bukan sesuatu yang bisa dibanggakan apabila desain kemasannya bagus tapi bahan kemasannya tidak. Harus terdapat keseimbangan antara desain dan bahan kemasan yang digunakan.

2. Efektivitas

Faktor dalam desain produk kedua yang dapat membuat brand kamu menarik ialah efektivitas.  Dalam mendesain kemasan untuk suatu produk, efisiensi merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Bahan pengemasan harus sesuai dengan sifat dan kebutuhan produk yang akan dikemas. Sebab itu, jangan sampai kemasan yang digunakan tidak sesuai dengan produk yang akan dikemas karena berbeda dari fitur produk.

3. Standar dan Spesifikasi Desain

Standar dan spesifikasi desain merupakan salah satu faktor dalam desain produk. Keduanya  akan bersinggungan dengan bagian-bagian produk, seperti bahan dasar pembuatan, warna desain, dan ukuran desain yang dibutuhkan. Standar dan spesifikasi desain berfungsi untuk menyesuaikan ukuran keserasian desain dengan bagian lainnya ketika proses penyambungan, sehingga apabila disatukan menjadi satu kesatuan yang kuat. Misalkan untuk desain produk makanan dengan rasa pedas, penggunaan warna merah lebih tepat untuk menunjukan sensasi pedas dibandingkan dengan warna kuning.

4. Kemudahan Kemasan

Faktor dalam desain produk selanjutnya adalah kemudahan kemasan. Kemudahan kemasan yang dimaksud dalam mendesain produk ialah membuat desain kemasan produk yang memudahkan dalam segala hal. Seperti mudah untuk dibuka, mudah disimpan, mudah dituang, mudah untuk dibawa kemana-mana, mudah diambil dan berbagai kemudahan lainnya.

Desain produk seperti ini bertujuan untuk tidak membuat kesulitan untuk para konsumen dengan kemasan produk yang kamu buat. Karena semakin banyak kemudahan yang dimiliki, akan semakin banyak pula minat konsumen untuk membeli produk yang anda tawarkan.

5. Faktor Informasi dan Promosi

Faktor informasi dan promosi merupakan faktor dalam desain produk selanjutnya. Perlu diketahui desain produk yang baik merupakan desain yang dapat menjadi media informasi awal, sebelum konsumen menentukan keputusannya untuk membeli produk tersebut atau tidak.

Sebab itu, kamu perlu memanfaatkan bagian tertentu pada bagian kemasan untuk menjelaskan detail produk yang kamu produksi, sehingga konsumen dapat mengetahui dan tidak merasa tertipu. Selain itu, innformasi jelas yang konsumen telah dapatkan dari kemasan produk kamu,  dapat menjadi alat untuk media promosi yang akan dilakukan oleh para konsumen dari mulut ke mulut.

6. Faktor Ramah Lingkungan

Faktor keenam dalam desain produk adalah faktor ramah lingkungan. Saat ini, kesadaran konsumen untuk menjaga lingkungan sudah cukup meningkat. Sehingga konsumen saat membeli produk lebih memperhatikan jenis kemasan tertentu, seperti kemasan ramah lingkungan. Kemasan ramah lingkungan merupakan kemasan yang diproduksi menggunakan bahan-bahan yang mudah terurai tanah, bisa di daur ulang, dan tidak berbahaya bagi lingkungan serta manusia.

Namun perlu diingat, efek kemasan ramah lingkungan belum terlalu terasa jika harus dikaitkan dengan progress penjualan. Tetapi kamu dapat memperkirakan bahwa ini bisa menjadi peluang besar untuk menarik konsumen. Apalagi jika dipadukan dengan desain kemasan yang tidak biasa, tentu akan menghasilkan hasil yang menjanjikan.

7. Produk Mudah Dikenali

Faktor dalam desain produk yang selanjutnya ialah produk mudah dikenali. Sudah menjadi harapan setiap pembisnis ketika mengeluarkan sebuah produk, produknya tersebut dapat dikenal, populer dan memiliki ciri tersendiri dari setiap produk pesaing lainnya. Dan yang menjadi kunci produk mudah dikenali adalah dari desain kemasan produk.

Sebab itu, desain produk harus dibuat sedemikian rupa agar mudah dikenal dan diingat oleh konsumen. Selain itu desain kemasan produk juga harus dibuat unik agar dapat menjadi pembeda dari produk lain khususnya untuk jenis produk serupa dari para kompetitor.

Untuk membuat desain kemasan produk yang mudah dikenali, kamu bisa bekerjasama dengan jasa desain kemasan produk yang profesional. Faktor ini juga merupakan salah satu strategi pemasaran produk yang efektif dan efisien bagi setiap kalangan pebisnis.

8. Keaslian

Faktor dalam desain produk yang terakhir adalah keaslian. Desain kemasan yang efektif  harus memiliki karakteristik yang asli, khas dan berkesan. Perlu diingat, terdapat ribuan produk yang ada di pasaran yang sedang bersaing untuk mendapatkan perhatian pelanggan potensial. Salah satunya cara untuk menonjol adalah menjadi berbeda, menjadi otentik. Sehingga penting untuk seluruh pembisnis menciptakan dan mengeksplorasi aspek-aspek desain kemasan. Seperti merancang desain yang tidak biasa dengan standar visual yang tinggi.

autocad
adobe illustrator
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *