Tanggal:17 May 2024

Kamu ingin membuka usaha desain? Ikuti 5 tips ini agar menambah wawasanmu

Desain grafis adalah bidang yang beragam yang mencakup berbagai spesialisasi, bakat, dan bidang fokus. Karena itu, ini adalah karier yang secara alami cocok untuk pekerjaan lepas, wirausaha, dan kontrak independen. Yuk simak, bagaimana sih cara nya agar kamu bisa membuka usaha desain dengan baik dan benar.

Ada beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan agar tidak bingung bagaimana langkah awal untuk membuka usaha desain.

Langkah – langkah memulai usaha Desain :

1. Skill

Source : Google

Sebelum memulai usaha desain pastikan kamu memiliki skill yang sudah kamu kuasai, entah itu dari segi grafis, desain website, dan lain – lain.

Karena jika kamu belum memiliki skill sama sekali, mungkin agak sedikit sulit untuk membangun kepercayaan pelanggan, kamu harus menciptakan testimoni agar banyak pelanggan yang tertarik untuk memakai jasa Desain kamu.

Baca Juga:

2. Promosi

Source : Google

Promosi adalah langkah umum yang dilakukan para pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya. Jadi, kamu juga harus membuat sebuah promosi produk kamu sendiri sedemikian rupa dan semenarik mungkin.

Bisa kamu lakukan promosi ini di Sosial Media, atau kamu juga bisa membuat sebuah Broadcast Promosi yang nantinya di kirimkan ke WhatsApp dan lain – lain.

Baca Juga:

3. Tools (Alat)

Source : Google

Pastikan juga kamu memiliki alat untuk memulai bisnis desain kamu seperti PC atau Laptop.

Bagi yang menjadi desain website bisa menggunakan aplikasi Figma atau semacamnya. pastikan juga kamu sudah tau skill apa yang menjadi kebutuhan para pelanggan jadi kamu pun tidak bingung untuk menentukan apa yang pelanggan inginkan.

Baca Juga:

4. Target Bisnis

Source : Google

Meskipun kamu mungkin tidak memiliki jawaban yang sempurna saat baru memulai, tidak ada kata terlalu dini untuk mulai memikirkan hal-hal seperti :

  1. Jenis layanan apa yang ingin kamu tawarkan atau dikenal?
  2. Apakah kamu akan mendirikan agensi kecil dengan toko sederhana atau sebagai perusahaan dengan banyak karyawan?
  3. Berapa banyak pelanggan dan klien yang kamu perlukan pada waktu tertentu untuk mempertahankan anggaran?
  4. Berapa jumlah waktu ideal yang dihabiskan per proyek atau tugas?
  5. Jenis model bisnis apa yang ingin kamu ikuti untuk kesuksesan jangka panjang?

Semakin spesifik kamu saat pertama kali menguraikan tujuan ini, semakin baik. Selain itu, sebaiknya tetapkan garis waktu untuk kapan dan bagaimana kamu akan menyelesaikan langkah-langkah tertentu.

Baca Juga:

5. Legalitas

Source : lektur.id/legalitas.jpg

Cara ini memang sedikit banyak persyaratan tapi ini juga tidak kalah penting untuk kamu yang baru memulai usaha desain agar cepat mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.

Lakukan penelitian menyeluruh dan putuskan apakah kamu ingin menjadi:

  1. Kepemilikan tunggal
  2. Kemitraan umum atau terbatas
  3. Perusahaan

Struktur hukum bisnis kamu memengaruhi segalanya mulai dari cara kamu membayar pajak negara , hingga cara kamu bekerja dengan karyawan, dan juga pengeluaran bisnis mana yang dapat mengurangi pajak.

Jika kamu tidak yakin bagaimana merencanakan langkah ini, Kamu perlu terhubung dengan akuntan yang berspesialisasi dalam membantu pemilik bisnis kecil membuat keputusan yang tepat sebelum peluncurannya.

Kamu juga harus siap untuk mengajukan dokumen hukum yang diperlukan dengan daerah kamu untuk menjalankan bisnis secara legal dan bertanggung jawab.

Mungkin segini dulu yang bisa saya share kepada kamu.

Akhir kata, jangan lah menjadi seseorang yang pesimis jika kamu ingin meraih cita – cita lakukan dengan sungguh – sungguh, jangan pernah menyerah. apapun yang kamu lakukan jika kamu yakin dibidang tersebut kerjakan dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat!

autocad
belajar photoshop
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *