Tanggal:21 February 2024

5 Prinsip Desain Logo Efektif, Wajib Kamu Terapkan!

Setiap usaha atau perusahaan pasti membutuhkan logo untuk menjadi representasi brand yang dimilikinya ke pelanggan. Sebuah logo yang baik adalah logo yang memiliki ciri khas, tepat, praktis, sederhana dan dapat menyampaikan pesan yang dimaksudkan.

Untuk menghasilkan logo yang baik dan efektif, tentu tidak semudah yang dipikirkan. Terdapat prinsip-prinsip dalam mendesain logo yang harus kamu aplikasikan untuk menghasilkan logo yang baik. Berikut prinsip-prinsip dalam desain logo yang harus kamu terapkan.

1. Sederhana

Prinsip dalam mendesain logo yang pertama adalah desain logo harus sederhana. Desain logo harus bisa menjadi respresntasi perusahaan atau produk yang dijual. Desain yang sederhanan tidak akan menjadikan logo terlihat tidak menarik atau menarik. Namun dengan desain sederhana,  makna dan tujuan dari logo akan lebih mudah untuk dipahami oleh konsumen.

Selain itu, desain logo sederhana merupakan salah satu siasat untuk konsumen. Rata-rata konsumen hanya akan melihat logo secara sekilas, tidak lebih dari satu menit. Sebab itu desain logo yang rumit, hanya akan menjadikan logo sulit untuk diingat apalagi digambarkan kembali. Sebuah logo bukan dilihat dari banyaknya elemen yang merumitkan. Baik jenis tulisan atau warna. Sebisa mungkin elemen-elemen yang  terdapat pada logo harus menyatu satu sama lain.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Membuat Desain Logo yang Menarik

2. Mudah diingat

Prinsip kedua dalam mendesain logo ialah desain logo mudah diingat. Biasanya prinsip ini akan terpenuhi, jika prinsip yang pertama sudah terpenuhi. Sebab kunci dari mudah diingat adalah sederhana. Misalnya, kamu diharuskan melihat dua gambar antara gambar sebuah lingkaran dan terdapat satu bunga di dalamnya atau gambar lingkaran yang terdapat taman bunga yang beragam di dalamnya. Maka gambar mana yang lebih mudah kamu ingat? Gambar mana pula yang lebih mudah kamu deskripsikan atau bahkan menggambarnya kembali? Hal tersebut merupakan contoh sederhana dari logo yang mudah diingat. Sehingga brand dari logo tersebut dapat lebih mudah dikenali. Dan akan membantu mempercepat brand image.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Brand Identity

3. Abadi

Prinsip dalam mendesain logo yang ketiga adalah desain logo harus abadi tidak terlekang waktu. Tidak dapat dipungkiri, zaman dan segala aspek kehidupan akan terus berubah. Hal tersebut tidak dapat dicegah, sebab kehidupan selalu berjalan dinamis. Logo pun akan selalu mengalami banyak perubahan baik dari segi desainnya maupun cara membuatnya. Namun, logo yang akan digunakan untuk keperluan bisnis tentu harus abadi dan selalu dapat menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi.

Desain logo yang efektif tentu abadi dan berlaku untuk jangka panjang. Sehingga, sebelum memutuskan desain logo, kamu harus mempertimbangkan apakah logo tersebut masih akan efektif pada 10, 20 atau bahkan 50 tahun. Meskipun tidak menutup kemungkinan di kemudian hari, perusahaan yang kamu miliki mengganti logonya. Oleh karena itu, desainer harus mampu memprediksi perubahan yang akan terjadi dan membuat logo hasil karyanya tidak nampak tua dan ketinggalan jaman.

4. Serbaguna

Prinsip keempat dalam mendesain logo yaitu desain logo harus bisa serba guna. Logo yang efektif harus dapat diterapkan dalam berbagai medium. Sebab itu, desain logo yang baik seharusnya bersifat fungsional. Sehingga dapat ditempatkan baik secara vertical maupun horizontal. Serta dapat juga diletakkan di media cetak maupun media elektronik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, biasanya para desainer membuat logo dengan format vektor supaya dapat diterapkan dalam berbagai ukuran. Logo harus tetap berguna pada medium apapun.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menciptakan desain logo yang mampu menyesuaikan yang dapat diterapkan pada beragam media. Salah satu cara ntuk menghasilkan logo yang bersifat serbaguna, desainer terlebih dahulu mendesain logo dalam format hitam putih. Hal tersebut difokuskan pada bentuk konsep dan bentuk dari sebuah logo dibandingkan penggunaan warna. Selain itu, pertimbangkan biaya cetak untuk hitam putih atau full color.

5. Sesuai

Terakhir, prinsp dalam mendesain logo adalah kesesuaian desain logo. Perlu dipahami logo bukan sekedar pemanis atau formalitas semata. Logo merupakan identitas bagi perusahaan atau produk. Sehingga penting untuk menyesuaikan logo dengan entitasnya. Logo juga harus dapat menyesuaikan dengan tujuannya. Aspek-aspek yang harus disesuiakan untuk dapat membuat desain logo yang baik diantaranya pemilihan warnanya, ilustrasi maupun pemilihan font. Seperti halnya desain logo keperluan produk mainan anak dibuat dengan menggunakan warna terang, warna-warna yang disukai oleh anak-anak.

Baca Juga:

autocad
adobe illustrator
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *