Tanggal:13 May 2024
mailing list

Apa Itu Mailing List? Berikut Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Satu per satu produk digital lahir sebagai solusi untuk meringankan beban pekerjaan, salah satunya adalah surat elektronik (surel). Sejak surel diciptakan, manusia dapat menyebarkan informasi secara cepat dan efisien. Seiring dengan berjalannya waktu, surel tidak hanya digunakan untuk memberi kabar kepada keluarga atau teman tetapi juga dimanfaatkan untuk kepentingan promosi bisnis. Muncullah inovasi mailing list yang disebut sebagai strategi jitu komunikasi hemat waktu dan tepat sasaran. Tidak jauh berbeda dengan surel pada umumnya, mailing list adalah layanan mengirim pesan ke banyak orang berbasarkan kategori tertentu.

Pengertian Mailing List

Mailing list adalah layanan yang membantu seseorang menyebarkan informasi secara cepat dan praktis. Pesan yang dikirimkan ke satu alamat sureal akan otomatis diteruskan ke alamat surel lain yang merupakan anggota dari kelompok tersebut. Artinya, sebelum pesan dikirimkan, pengguna mailing list sudah mengelompokkan alamat surel berdasarkan kategori tertentu, seperti: usia, minat, domisili, kebutuhan, dan lain-lain. Layanan ini memungkinkan seseorang mengirim surel sekaligus kepada suatu kelompok dalam sekali kirim.

Baca juga | Apa Itu Email Marketing dan Seperti Apa Contohnya

Fungsi Mailing List

Berikut adalah beberapa fungsi yang juga merupakan keunggulan tersendiri dari mailing list:

1. Berbagi Informasi dengan Cepat

Fungsi utama mailing list adalah mengirimkan pesan secara cepat, praktis, dan pastinya tepat sasaran. Pesan yang dibagikan secara otomatis akan diterima oleh sejumlah orang yang memiliki ketertarikan terhadap isi pesan tersebut. Hal ini tentu saja dapat meringankan pekerjaan daripada harus mengirim surel secara individual ke setiap orang.

Baca juga | 9 Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi Yang Banyak Dibutuhkan!

2. Sebagai Forum Diskusi

Mailing list juga dapat dimanfaatkan sebagai forum diskusi oleh suatu organisasi atau komunitas. Anggota yang terdaftar atau penerima pesan dapat memberikan balasan secara langsung atas informasi yang dibagikan.

3. Media Promosi Tepat Sasaran

Layanan ini sangat cocok digunakan oleh pebisnis karena menjadikan promosi lebih tepat sasaran. Audiens yang menerima informasi merupakan orang-orang yang memang memiliki ketertarikan untuk mengetahuinya.

Baca juga | Mengenal Digital Marketing, Yuk Simak!

4. Media Promosi Hemat Biaya

Mailing list adalah pilihan strategi promosi hemat biaya bila dibandingkan dengan layanan iklan. Pemasangan iklan memerlukan biaya yang cukup besar. Terlebih lagi, orang-orang yang melihat iklan tersebut belum tentu memiliki ketertarikan atas apa yang ditawarkan.

Baca juga | 5 Rekomendasi Email Marketing Terbaik

Jenis-jenis Mailing List

Setelah membahas pengertian dan fungsinya, jenis-jenis mailing list juga wajib untuk diketahui. Yuk simak baik-baik!

Announcement Type List

Jenis ini merupakan tipe komunikasi satu arah. Audiens hanya menerima pesan dan tidak bisa membalasnya. Jenis ini biasanya digunakan untuk memberi pengumuman, seperti: informasi penting dari perusahaan, perilisan produk baru, promo berlaku, peringatan ulang tahun pelanggan, dan lain-lain.

Baca Juga | Perbedaan Digital Marketing Dan Internet Marketing

Response List

Response list adalah tipe komunikasi dua arah. Namun, respons yang dapat diberikan oleh audiens sudah ditentukan. Contoh, apabila perusahaan melakukan survei ketertarikan terhadap produk baru, mereka akan mengatur opsi “Tertarik” dan “Tidak Tertarik” untuk dipilih oleh audiens.

Discussion Type List

Jenis ini menyajikan tipe komunikasi dua arah secara penuh. Audiens dapat membalas surel layaknya melakukan komunikasi normal.

Apakah kamu tertarik untuk mencoba mailing list? Apabila kamu belum pernah menggunakannya, mulailah mencoba-coba meskipun saat ini kamu merasa tidak butuh. Saat ini, sudah banyak perusahaan atau lembaga baik swasta maupun pemerintahan yang memanfaatkan mailing list sebagai media promosi dan penyebaran informasi. Oleh karena itu, tidak ada ruginya untuk mulai memahami mailing list. Siapa tahu pekerjaan di masa depan menuntut kamu untuk mampu mengoperasikannya.

Baca juga | Panduan Email Blast: Pengertian, Fungsi. Tips, Beserta Platformnya

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *