Tanggal:28 April 2024

Apa itu Portofolio? Yuk Simak Contohnya!

Portofolio adalah media bagi pihak lain untuk mengetahui informasi lengkap tentang diri seseorang secara profesional. Oleh karena itu, memiliki portofolio adalah hal yang penting dalam pengembangan karier. Kenapa hal itu penting? Karena portofolio merangkum semua informasi mengenai hasil, pekerjaan, keterampilan, pelatihan, dan pengalaman kerja yang telah dijalani.

Perlu diketahui bahwa portofolio tidak hanya digunakan untuk fresh graduate atau untuk lamaran kerja, tetapi juga dapat digunakan untuk apply beasiswa. Portofolio ini juga bisa dimiliki oleh pekerja yang sudah berpengalaman yang isinya mengenai laporan lengkap setiap pekerjaan yang telah diselesaikan.

Lalu, apa itu portofolio? Serta apa fungsi dan contohnya? Tenang, pada artikel kali ini kita akan membahas secara mendalam portofolio. Yuk, simak artikel ini!

Apa itu Portofolio?

Secara etimologi portofolio terdiri dari dua kata yaitu ‘port’ yang asalnya dari kata report yang artinya laporan dan ‘folio’ yang artinya lengkap atau full. Jika digabungkan, portofolio adalah kumpulan dokumen yang berasal dari pribadi, kelompok, organisasi, lembaga, perusahaan, dan lain sebagainya yang tersusun rapi dari semua pekerjaan yang telah dilakukan.

Baca juga: Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Menandatangani Kontrak Kerja

Fungsi dari Portofolio: 

  1. Sebagai dokumentasi pekerjaan yang dilakukan
  2. Menjadi acuan prestasi atau pekerjaan yang telah dilakukan oleh seseorang
  3. Menjadi sumber informasi tentang pengalaman bekerja dengan karya terbaik dan hasi terbaik yang pernah dicapai
  4. Seperti refleksi atau gambaran diri yang ditujukan kepada pembaca
  5. Untuk mendemonstrasikan keahlian kamu
  6. Sebagai alat penilaian berbasis kinerja yang sebenarnya setelah menyusun portofolio, penilai biasanya akan menilai apakah portofolio itu faktual atau tidak untuk diperhitungkan
  7. Sebagai alat pengajaran

Fungsi portofolio ini dapat lebih dikaitkan dengan dunia pendidikan. Portofolio merupakan komponen kurikulum karena memuat kinerja siswa yang menuntut siswa untuk menunjukkan karyanya.

Baca juga: 5 Berkas yang Harus Disiapkan untuk Melamar Pekerjaan

Contoh Portofolio

Contoh portofolio biasanya berisi data diri secara singkat, pendidikan, penghargaan yang pernah diraih, dan lain sebagainya. Berikut akan ditampilkan beberapa contoh portofolio yang bisa kamu jadikan sebagai acuan.

1. Portofolio pribadi

Sebagai mahasiswa kita harus giat membuat portofolio karena akan sangat berguna pada saat kita akan mulai terjun ke dunia kerja nanti. Betapa ribetnya kita apabila harus mendeskripsikan ulang dadakan pada saat kita akan melamar kerja. Hal itu akan membuang banyak waktu kita.

2. Portofolio melamar kerja

Biasanya portofolio kerja memuat deskripsi singkat tentang sang pelamar serta beberapa pencapaian yang pernah diraih sebelumnya. Jangan lupa untuk menuliskan kemampuan yang kamu miliki, terlebih apabila itu sejalan dengan posisi yang kamu incar di sana. Tidak menutup kemungkinan itu dapat menjadi poin plus bagi diri kamu. Buatlah portofolio semenarik mungkin! Bukan perihal design dari portofolio tersebut, melainkan skill juga self-selling yang kamu tampilkan di dalamnya. 

Baca Juga: 6 Cara Membuat CV ATS Friendly

3. Portofolio manajemen

Adanya portofolio manajemen tentu akan membantu para investor untuk mengetahui income maupun outcome sebuah perusahaan. Selain kedua hal tersebut, portofolio ini sedikit banyak dapat mencegah terjadinya kerugian tidak terduga di masa mendatang. Tentu keberadaan portofolio manajemen akan membuat sebuah perusahaan lebih terarah dalam pengendaliannya

Nah, itu dia artikel mengenai portofolio dan juga contohnya. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam menambah ilmu serta wawasannya. Nantikan artikel selanjutnya ya, hanya di Vocasia!

Baca juga: 5 Tips dan Cara Menjawab Alasan Melamar Pekerjaan saat Interview kerja, Jangan Jawab Gaji!

Jangan lupa untuk mengikuti kursus-kursus di Vocasia. Kursus di Vocasia bersertifikasi dan didampingi oleh mentor-mentor yang ahli di bidangnya. Selain itu, harga kursusnya sangat terjangkau dan bisa diakses selamanya! Yuk, daftarkan diri kamu sekarang juga dengan klik di sini. 

sukses wawancara - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *