Tanggal:17 May 2024

File Hilang atau Terhapus? Ikuti Cara-Cara Ini Untuk Mengembalikannya!

Saat kita sedang mengerjakan tugas sekolah ataupun tugas pekerjaan, pasti pernah kan mengalami kejadian yang sangat bikin jengkel? Contohnya saja kamu sedang mengerjakan tugas dalam sebuah file di komputer. Lalu, secara tiba-tiba file tersebut hilang entah kemana. Padahal, kamu sudah di tengah jalan, bahkan sudah selesai. Sebenarnya ada solusinya tidak ya? Apa benar-benar hilang? Tentu tidak! 

Terkadang, komputer kamu akan mengalami error atau glitch yang kamu tidak bisa hentikan. Tetapi tenang saja kok, saat itu terjadi, kemungkinan file dan aplikasi yang kamu sedang buka akan kembali dalam beberapa saat, atau kamu harus restart terlebih dahulu. Lalu, kalau hilang bagaimana? Itu juga terkadang tidak sepenuhnya hilang kok! Mungkin file tersebut suka ngumpet kali ya? 

Jadi, ada cara-caranya tidak untuk mengembalikan file yang hilang atau terhapus itu? Tentu saja ada! Yuk kita simak bareng-bareng cara-caranya! 

1. Backup 

Cara pertama ini ternyata hanya berlaku untuk kamu yang tidak menggunakan software pada Windows 7, 8 dan 10. Tapi jangan lupa juga, jika kamu ingin file-mu kembali, kamu harus memiliki data backup terbaru di Windows ya! Jangan sampai lupa!

2. Backup & Restore 

Melanjutkan poin nomor satu, berikut adalah langkah-langkahnya yang dapat kamu ikuti di perangkat Windows ya, selamat mencoba! 

  • Klik Start lambang Windows 
  • Klik Control Panel 
  • Lalu Pilih System & Maintenance, dan pilih Backup & Restore 
  • Klik Backup dan tunggu prosesnya!

3. Trash/Recycle Bin 

Cara selanjutnya adalah di fitur Trash atau Recycle Bin nih! Kalau di komputer atau Pc kalian ada fitur-fitur tersebut dan  kalau file kamu hilang atau terhapus, bisa jadi file kamu terdapat di Trash. Jika kamu menemukannya dan ingin mengembalikan file tersebut, jangan lupa klik pada filenya dan pilih Restore ya!

4. Aplikasi Tambahan 

Untuk cara yang terakhir, kamu bisa saja dengan menggunakan aplikasi tambahan. Tentunya, sebelum kamu menggunakan aplikasi-aplikasi tambahan ini, kamu harus download-nya terlebih dahulu. Lalu kamu dapat menggunakannya. Beberapa aplikasi tambahan yang dapat kamu gunakan adalah Recuva dan Wise Data Recovery.

Nah kamu sudah tahu nih ada beberapa cara untuk mendapatkan file kamu kembali jika hilang atau terhapus. Jangan lupa untuk diikuti cara-caranya ya!

kursus pelatihan pemograman laravel vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *