Tanggal:21 July 2024
Fitur-Fitur dalam Tokopedia Seller Center

Fitur-Fitur dalam Tokopedia Seller Center

Berkembangnya teknologi saat ini membuat semua aktivitas menjadi mudah. Adanya internet mempengaruhi berbagai bidang di kehidupan. Salah satunya bidang perekonomian, yang mana banyak bisnis atau usaha yang sebelumnya hanya memiliki toko offline beralih ke toko online. Selain itu, terjadinya pandemi Covid-19, mendukung masyarakat untuk berbelanja secara online untuk menghindari aktivitas kontak fisik. Hal ini membuat e-commerce semakin digemari oleh masyarakat dan banyak dari mereka yang melakukan aktivitas jual-beli melalui platform e-commerce tersebut, contohnya Tokopedia

Tokopedia merupakan perusahaan retail yang didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Keduanya dapat membawa Tokopedia menjadi sukses dan menjadi unicorn serta mendapatkan banyak pendanaan dari berbagai perusahaan besar dunia. 

Sebagai seorang pengusaha, platform Tokopedia merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk menjual produk Anda. Karena menjadi Tokopedia Seller merupakan salah satu cara mudah dan simple untuk mendapatkan keberhasilan di bisnis online. Selain itu, Tokopedia juga telah dikenal sebagai salah satu marketplace terbesar yang memiliki jumlah pengguna terbesar di Indonesia. Melihat adanya peluang tersebut, maka Anda sebagai pebisnis online dapat memanfaatkannya dengan bergabung menjadi Tokopedia Seller untuk meraih keberhasilan dalam bisnis online. 

Tokopedia memfasilitasi para penjual dengan Tokopedia Seller Center. Tokopedia Seller Center ini merupakan suatu platform yang khusus dibuat oleh Tokopedia untuk kebutuhan aktivitas bisnis para seller. Melalui layanan tersebut maka Anda bisa menjual berbagai produk dengan mudah dan simpel sehingga aktivitas bisnis dapat berjalan dengan lancar. 

Selain itu, Tokopedia seller center ini di desain dengan hanya bisa diakses melalui Tokopedia Seller login terlebih dahulu sehingga hal ini akan membantu dalam menjaga keamanan toko karena hanya Anda sebagai pemilik akun toko yang mengetahui Tokopedia Seller login dan bisa mengaksesnya. Adanya Seller Center Tokopedia ini membuat Anda dapat mengelola toko dengan maksimal. Berbagai macam fitur yang terdapat dalam Tokopedia Seller Center akan memudahkan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas dengan mudah. Beberapa fitur yang tersedia dalam Tokopedia Seller Center, sebagai berikut:

1. Manajemen Produk 

Fitur ini akan membantu Anda untuk mengelola detail produk yang akan dijual, seperti harga, stok, deskripsi, ukuran dan berat produk, dan lain-lain. Fitur ini akan membantu Anda untuk menjelaskan produk dengan lebih detail kepada calon pembeli sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan. 

2. Chat

Fitur ini akan membantu kelancaran bisnis Anda. Karena dengan adanya fitur ini makan akan membuat Anda dapat berkomunikasi secara personal dengan pembeli dengan mudah, cepat dan lancar sehingga memungkinkan penjualan yang menjadi lebih sukses. 

3. Diskusi 

Fitur ini berguna bagi pembeli. Melalui fitur ini pembeli dapat mengajukan pertanyaan tentang produk tertentu yang akan dibelinya. Selain itu, halaman diskusi juga dapat memberikan informasi kepada pembeli yang tertarik dengan produk tersebut. 

4. Manajemen Penjualan

Pada fitur ini, Anda dapat melakukan berbagai tugas dengan cepat, seperti melihat informasi tentang pesanan yang masuk, pesanan dalam proses, dan pesanan sudah selesai. 

5. Statistik 

Fitur ini membantu Anda untuk melihat statistic bisnis dengan mudah, seperti informasi tentang penjualan dan konsumen. Dengan fitur ini Anda dapat membuat strategi pemasaran, promosi, dan lain-lain. 

6. Search 

Fitur ini dapat Anda gunakan untuk mengakses berbagai informasi, seperti tentang penjualan, login penjual, layanan yang tersedia, stok barang, dan lain-lain. 

7. Voucher

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyediakan Voucher untuk konsumen. Voucher digunakan untuk meningkatkan penjualan. Dengan fitur ini, Anda dapat mengatur periode promosi, memilih jenis promosi, mengatur anggaran promosi, dan lain-lain. 

8. Rating 

Fitur ini membantu Anda untuk mendapatkan rating dari konsumen. Anda dapat memantau setiap rating dan ulasan yang diberikan oleh konsumen setelah melakukan pembelian di toko. 

9. Beriklan dengan TopAds

Dengan fitur ini, Anda dapat memasang dan membuat promosi iklan untuk bisnis Anda.

10. Balas Cepat (Quick Chat)

Fitur yang membantu Anda untuk membalas pesan konsumen secara cepat sehingga Anda tidak perlu membuka aplikasi untuk membalas pesan. Karena terdapat notifikasi pop up dan fitur quick chat. 

11. COD Tokopedia Seller 

Apabila Anda ingin menggunakan sistem COD (Cash on Delivery), maka Anda dapat mengaktifkan nya melalui aplikasi seller Tokopedia. 

Seller Center Tokopedia menjadi salah satu platform e-commerce yang bisa Anda manfaatkan untuk menjalankan bisnis online di Tokopedia. Berdasarkan fitur-fitur yang ada, maka banyak kemudahan yang bisa Anda manfaatkan pada platform Tokopedia sehingga bisnis online Anda berjalan dengan lancar. Bukalah dan manfaatkan berbagai keunggulan yang ada dari Seller Center Tokopedia agar bisnis Anda memperoleh keuntungan maksimal yang dapat Anda peroleh dari bisnis Online.

Penulis: Dhea Veronica (Kelompok A)

Mahasiswa Studi Independen Vocasia – Batch #4

Kursus digital marketing

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *