Tanggal:09 May 2024

Bagaimana Foto Untuk CV? Ini Tips dan Penjelasannya

Pernahkah sobat berfikir apakah memasang foto di CV itu penting atau tidak? Atau seberapa penting memasang foto di CV? di beberapa negara seperti Amerika dan Inggris, penggunaan foto pada CV sangat tidak di sarankan. Hal ini disebabkan oleh potensi diskriminasi yang dapat muncul  yang membuat rekruter kurang fokus pada kemampuan dan kredibilitas pelamar kerja. Namun, di Indonesia keputusan apakah akan menggunakan foto di CV atau tidak sama-sama baik. Yang terpenting, foto yang sobat lampirkan harus terlihat menarik dan profesional.

Lantas, pertanyaannya adalah apakah sobat seharusnya mencantumkan foto di Curriculum Vitae saat melamar pekerjaan? Temukan jawabannya di artikel berikut ini!

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Melampirkan Foto di CV

Ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan pada saat memutuskan untuk mencantumkan foto di CV. Pada saat sobat sudah memerhatikan hal ini, dapat dipastikan foto yang sobat cantumkan terlihat profesional dimata rekruter.

Baca Juga: 7 Contoh CV Beasiswa Beserta Fungsi Dan Cara Membuatnya

1. Memilih Foto Terbaru

Usahakan menggunakan foto terbaru pada saat melampirkan foto di CV, karena rekruter membutuhkan representasi dari sobat. Sobat dapat menghindari melampirkan foto yang sudah 3 tahun lalu tujuannya agar rekruter tidak akan susah mengenali sobat pada saat wawancara kerja.

2. Pilihlah foto CV yang Dapat Memperlihatkan Wajahmu dengan Jelas

Hindari foto menghadap kesamping, pastikan sobat foto menghadap kedepan agar foto terlihat jelas dan menarik. Agar foto sobat terlihat rapih, sobat harus memastikan wajah tidak tertutupi rambut dan juga usahakan bagian telinga tetap terlihat.

3. Gunakan Pakaian yang Formal dan Make-up Natural

Untuk memberikan kesan profesional, pastikan foto sobat menggunakan baju formal. Untuk laki-laki bisa menggunakan jas, pakaian berkerah, kemeja putih, dll.  Dan untuk perempuan bisa menggunakan blouse, kemeja putih, dll. Sobat perlu mengingat agar recruiter melihat penampilan sobat apa adanya, sebaiknya menggunakan make up dan penataan rambut yang natural.

4. Berikan Ekspresi Wajah yang Positif

Cobalah untuk memberikan ekspresi wajah yang positif, seperti senyum lembut atau ekspresi serius yang profesional. Ekspresi ini akan mencerminkan sikap sobat yang positif dan serius terhadap pekerjaan yang dilamar.

Baca Juga: 10 Cara Membuat CV Di HP

5. Jangan Menggunakan foto Selfie

Hindari menggunakan foto selfie. Foto selfie biasanya kurang profesional dan tidak sesuai untuk CV. Lebih baik meminta bantuan seseorang untuk mengambil foto sobat atau pergi ke fotografer profesional.

6. Jangan Menggunakan Foto lebih dari 1 orang

Pastikan foto yang sobat pilih hanya memuat gambar diri sobat sendiri. Menggunakan foto dengan lebih dari 1 orang dapat mengganggu dan membuat sulit bagi perekrut untuk mengidentifikasi diri sobat.

7. Background foto tidak boleh menggunakan warna gelap

Sobat dapat menggunakan background dengan warna bersih dan netral, hindari menggunakan background dengan warna yang gelap. Background yang sederhana akan membuat fokus tetap pada diri sobat.

8. Foto Blur/Pecah

Kualitas foto sangatlah penting. Pastikan bahwa foto tidak buram atau pecah, sehingga tampilan sobat terlihat tajam dan jelas. Foto yang buram atau pecah dapat memberikan kesan kurang profesional.

Ukuran dan Format Foto Pada CV

Sobat dapat menyesuaikan ukuran foto dengan permintaan perusahan. Umumnya ukuran foto pada CV  adalah 2 x 2 cm atau 5 x 5 cm. Jika perusahaan meminta foto full body, maka ukuran yang dipakai tentu lebih besar. Oleh karena itu, sobat harus memperhatikan persyaratan foto CV yang di minta oleh perusahaan, supaya tidak terjadi kesalahan.

Baca Juga: Contoh CV Mahasiswa Yang Masih Kuliah Dan Tipsnya

Ciri-Ciri Foto CV yang Baik

Bagaimana kita tahu foto yang kita pilih untuk CV sudah cukup baik atau belum? Berikut beberapa ciri-ciri penting yang bisa membantu sobat menilai apakah foto sobat sudah sesuai dengan standar CV yang baik:

1. Kualitas Resolusi Tinggi

Foto CV yang baik harus memiliki kualitas resolusi tinggi. Ini berarti foto tersebut harus tajam, jelas, dan tidak buram. Kualitas gambar yang baik akan mencerminkan profesionalisme.

2. Pencahayaan yang Ideal

Pencahayaan yang baik adalah kunci. Pastikan wajah sobat terang terlihat tanpa bayangan yang menganggu. Terlalu banyak atau terlalu sedikit cahaya dapat merusak foto sobat.

3. Pakaian Formal dan Rapi

Pastikan sobat memakai pakaian yang formal yang sesuai dengan pekerjaan yang sobat lamar. Penampilan rapid an profesional akan meningkatkan kesan positif terhadap diri sobat.

4. Ekspresi Wajah yang Sesuai

Ekspresi wajah adalah hal yang penting dalam foto CV. sobat dapat memilih ekspresi yang serius yang dapat menunjukkan kesungguhan sobat atau senyum lembut yang menciptakan kesan ramah. Hindari menggunakan ekspresi yang terlalu berlebihan.

Baca Juga: Membuat CV Yang Menarik: Panduan Langkah Demi Langkah Untuk Mendapatkan Pekerjaan Impian Kamu!

5. Ukurannya yang Tepat

Foto CV sebaiknya memiliki ukuran yang sesuai. Dikutip dari resumecoach secara umum ukuran yang sering digunakan pada foto CV adalah 2 x 2 cm.

6. Make-up yang Natural

Jika sobat menggunakan make-up, pastikan make-upnya terlihat natural. Make-up yang berlebihan dapat memberikan kesan kurang profesional.

7. Tidak Perlu Full Body

Dikarenakan foto CV hanya berukuran 2 x 2 cm, pastikan sobat memilih foto headshot dan hindari foto full body agar wajah sobat terlihat jelas.

Tips Melampirkan Foto di CV

Melampirkan foto di CV dapat meningkatkan peluang sobat dalam mencari pekerjaan. Namun, sobat perlu melakukannya dengan hati-hati agar foto tersebut mendukung kesan profesional dan positif. Berikut beberapa tips melampirkan foto di CV yang dapat sobat ikuti:

1. Pilih Foto yang Dapat Menunjukkan Kepribadian

Pilihlah foto yang dapat memperlihatkan kepribadian sobat sebagai individu yang ramah dan profesional.

2. Pertimbangkan Gaya Berpakaian

Kenakan pakaian yang sesuai untuk lamar pekerjaan. Untuk laki-laki dapat menggunakan kemeja putih atau menggunakan jas sedangkan untuk perempuan menggunakan blouse atau kemeja putih.

3. Gunakan Foto Terbaru

Pastikan foto yang sobat lampirkan di CV adalah foto terbaru. Ini akan memberikan gambaran yang akurat tentang penampilan sobat saat ini kepada recruiter.

Baca Juga: 15 Skill Dalam CV Yang Dapat Kamu Cantumkan Saat Melamar Kerja

4. Gunakan Background Polos

Pilihlah warna background yang polos agar recruiter fokus kepada diri sobat bukan kepada background, tidak disarankan untuk menggunakan background yang terlalu mencolok.

5. Hati-hati dengan Editan Berlebihan

Jangan terlalu berlebihan dalam mengedit foto sobat. Penggunaan filter atau perangkat pengeditan lainnya sebaiknya tetap sederhana dan tidak mengubah penampilan asli sobat secara signifikan.

6. Pertimbangkan Ukuran dan Format yang Tepat

Pastikan ukuran dan format foto sobat sesuai dengan standar umum. Foto yang terlalu besar atau format yang tidak standar dapat membuat CV Anda sulit dibaca.

Contoh Foto pada CV yang Benar

Berikut beberapa contoh pencantuman foto di CV:

1. Contoh Foto CV 1

2. Contoh Foto CV 2

3. Contoh Foto CV 3

Lolos Proses Rekrutmen Bersama Vocasia

Sebagai platform edukasi online di Indonesia, Vocasia akan membantu sobat berhasil dalam proses rekrutmen. Kami menawarkan Kursus “Menyusun CV atau Reume yang Menarik” yang akan meningkatkan kesempatan sukses dalam proses seleksi. Dengan mengikuti kursus ini, sobat akan dapat memahami perbedaan keterampilan (hard skill dan soft skill) yang dituliskan dalam CV, cara menulis penjelasan mengenai diri dan pengalaman dalam CV, dan masih banyak lagi.

Manfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan sobat dalam menciptakan CV yang menarik dan mendapatkan keunggulan dimata HR. Dengan mengikuti kursus ini, sobat akan menguasai keterampilan kunci yang diperlukan untuk mendapatkan kesuksesan pada saat proses rekrutmen. Jangan lewatkan peluang ini dan mulailah perjalanan menuju pekerjaan impian!

Baca Juga: CV Vs Resume Apakah Berbeda? Berikut Penjelasannya

Demikian penjelasan dari minvo terkait penggunaan foto di CV. Sobat dapat mengikuti panduan pencantumannya seperti yang minvo jelaskan ya, agar CV sobat makin baik.

Jika sobat ingin meningkatkan peluang untuk lolos dalam proses rekrutmen, yuk ikuti kursus “Menyusun CV atau Resume yang Menarik” Klik Tombol dibawah ini sekarang!

Menulis Surat Lamaran - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *