Tanggal:08 September 2024

Genre Musik Keroncong, Karakternya Bagaimana Sih?

Apa sih musik keroncong itu? Kamu sudah tahu belum awal mulanya? Keroncong adalah musik khas Indonesia yang memerlukan alat-alat musiknya seperti suling, dawai, dan suara vokal. Lalu, keroncong sendiri kapan dibentuk dan terbuatnya sih? Pada abad ke-16, banyak sekali jenis musik portugis yang masuk ke Indonesia yang diperkenalkan oleh para pelaut dan budak kapal pada zaman itu. Untuk letak persisnya, musik ini pertama kali masuk di daerah Malaka lalu dimainkan di Maluku oleh para budak. 

Setelah itu, bangsa Portugis mulai melemah pada abad ke-17 di Nusantara dan musik yang baru datang seabad sebelumnya tidak hilang begitu saja. Musik keroncong sendiri berasal dari Tugu yang juga disebut keroncong Tugu. Seiring berjalannya waktu, mulai perlahan-lahan unsur-unsur yang terdapat di dalam nusantara masuk ke dalam musik keroncong tersebut. Hal tersebut dapat dilihat dari penggunaan alat musiknya, seperti gamelan dan seruling. 

Abad selanjutnya yaitu abad ke-19, musik keroncong mulai populer di seluruh sudut nusantara, bahkan sampai ke negara tetangga yang dulunya masih disebut Semenanjung Malaya. Hingga akhirnya pada tahun 1960-an dimana musik ini berada di masa puncak jayanya. Tidak lama setelah itu, genre-genre musik lainnya seperti rock, pop, dan masih banyak lagi. Tetapi, musik keroncong masih banyak dinikmati oleh warga Indonesia dan Malaysia sampai saat ini lho! 

Lalu, karakteristik-karakteristik apa saja sih yang bisa disebutkan dari musik keroncong ini? Salah satunya sendiri ada di melodi dan penggunaan alat musik untuk keroncong itu sendiri. Kalau genre-genre lain yang sudah memiliki ciri-ciri khas sendiri, tentunya keroncong juga punya hal tersebut. Pada saat awal-awal keroncong dijadikan seni campuran, alat-alat musik seperti rebab, suling bambu, gong, gamelan adalah alat-alat musik yang dipakai. 

Kalau saat ini, alat-alat musik yang dipakai ada ukulele, gitar, biola, flute, selo dan kontrabas. Pergantian ini tentunya tidak merubah musik keroncong dari asal-usulnya. Seperti halnya di setiap genre musik, pasti banyak sekali improvisasi dan evolusi di masing-masing genre, hal ini juga terdapat di keroncong dalam pergantian alat-alat musik yang sudah disebutkan tadi. Dengan itu, ini menjadi salah satu karakteristik musik keroncong yang sampai saat ini masih menjadi salah satu genre musik yang digemari di tanah air hingga negara tetangga. 

Selain itu, musik keroncong juga memiliki beberapa karakteristik seperti: 

  • Bentuk Harmoni 
  • Bentuk Ritme 
  • Alat-Alat Musik 
  • Pembawaan Musik  

Kalau kamu sendiri sudah pernah dengar musik-musik keroncong belum? Kalau belum, coba dengerin dan beri tahu kita bagaimana pendapat kamu ya!

Baca Juga | Karakter Musik Jazz

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *