Tanggal:14 May 2024

Apa Itu Alat Musik Harmonis Modern? Yuk Kita Cari Tahu!

Kamu sudah tahu dong alat musik tradisional harmonis apa saja, karena sebelumnya kita sudah membahas alat-alat musik tersebut. Kali ini, kita akan membahas alat musik harmonis dengan versi modern. Tetapi, bagi kamu yang belum tahu alat musik harmonis, sudah tahu belum apa itu? Alat musik harmonis adalah alat musik yang mampu memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan untuk digunakan dalam pembuatan harmoni pada sebuah lagu. 

Jika kamu yang suka dan berada dalam dunia musik, pastinya tahu bahwa dalam terdapat tiga komponen penting dalam musik, apakah kamu tahu apa saja? Komponen-komponen tersebut adalah harmoni, melodi dan ritme. Cara mendapatkan melodi dan harmoni sendiri adalah dengan mengatur nada. Fakta lainnya adalah alat musik harmonis berbeda dari jenis alat musik ritmis dan melodis, karena alat musik harmonis terbagi menjadi dua yaitu modern dan tradisional. 

Lalu, jenis alat musik harmonis modern ada apa saja sih? Kalau sebelumnya yang versi tradisional ada salah satunya yang populer dan mendunia, kalau yang versi modern ini hampir semua alat musiknya sudah sangat populer hampir di setiap sudut dunia. Jadi, kira-kira apa saja ya alat-alat musik ini?  Yuk kita cek bareng-bareng! 

1. Keyboard 

Keyboard – Source : pixabay.com

Kalau kamu tahu alat musik piano, pastinya kamu juga harus tahu keyboard. Alat musik ini adalah alat musik harmonis yang cara memainkannya sama dengan piano. Biasanya, keyboard digunakan oleh pecinta musik yang sering pergi ke tempat-tempat karena alat musik yang satu ini sangat mudah untuk dibawa saat bepergian. Perbedaan dari piano dan keyboard adalah keyboard membutuhkan listrik dan piano tidak. Tetapi, ada juga kok yang menggunakan baterai!

Baca Juga: 4 Alasan Belajar Drum Elektrik Untuk Pemula

2. Gitar 

Guitar – Source : pixabay.com

Siapa sih yang belum pernah memegang atau memainkannya walaupun hanya sekali dalam hidupnya? Alat musik yang satu ini sangat populer di seluruh letak dunia karena merupakan alat musik harmonis modern yang paling populer tentunya. Selain gitar, model yang sama ada juga ukulele dan guitalele lho! Gitar sendiri memiliki enam senar dan cara memainkannya adalah dengan dipetik dan digunakan untuk mengiringi sebuah lagu.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Gitar Akustik Untuk Pemula

Baca Juga :

3. Biola 

Biola – Source : pixabay.com

Kalau kamu ingin memainkan alat musik yang satu ini, kamu harus menggunakan dawai. Cara bermain biola pun gampang-gampang susah. Biola adalah alat musik harmonis yang cara memainkannya dengan cara digesek dan memiliki empat senar. Nada-nada yang terdapat pada senar tersebut adalah G, D, A dan E. 

4. Harpa 

Harpa – Source : pixabay.com

Harpa hampir mirip dengan alat musik yang bernama cello yang terdapat dalam list ini juga. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik dan dalam posisi duduk atau berdiri. Cara memainkannya juga berbeda walaupun harpa menggunakan senar seperti alat-alat musik pada umumnya yang menggunakan senar. Caranya adalah dengan menekan senar dengan salah satu tangan dan memetik senar pada tangan yang lain. Unik ya!

Baca Juga :

5. Harmonika

Harmonika – Source : pixabay.com

Harmonika merupakan alat musik yang cara memainkannya adalah dengan ditiup dan alat musik ini memiliki lubang hisap yang nantinya akan mengeluarkan suara. Asal alat musik ini adalah dari Cina yang disana disebut ‘Sheng’ dan merupakan salah satu alat musik tradisional. Kegunaannya sendiri adalah untuk mengiringi musik pop, country, blues, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Kenali Karakteristik Musik Keroncong

6. Cello 

Cello – Source : pixabay.com

Alat musik yang satu ini hampir mirip bentuknya dan cara memainkannya dengan biola, tetapi kedua alat tersebut memang berbeda. Cello sendiri adalah alat musik modern yang cukup jarang dan tidak terlalu populer di tanah air. Hal ini terjadi karena suara yang dihasilkan dari cello tidak masuk dengan musik-musik tradisional yang terdapat di Indonesia. Eropa adalah daerah yang sangat sering menjadikan alat musik ini sangat populer dengan pementasan dan pertunjukan-pertunjukan musik klasik. Ukuran dan bentuknya sendiri sangat besar dan kamu harus meletakkannya di lantai dan menggesek cello dengan posisi berdiri.

7. Saxophone

Saxophone – Source : pixabay.com

Di list yang terakhir kali ini, kita akan membahas salah satu alat musik yang sering ditemukan dan digunakan dalam genre musik jazz, kamu peminat musik jazz bukan? Kalau iya pastinya tahu alat musik saxophone ini! Saxophone berasal dari Belgia yang dibuat oleh seorang pemain clarinet Adolphe Sax pada tahun 1840. Cara memainkannya sendiri adalah dengan meniup dan menekan secara bersamaan agar mengeluarkan bunyi dari saxophone.

Alat musik harmonis modern mana aja nih yang sudah pernah kamu mainkan?

Baca Juga :

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *