Tanggal:20 June 2024

Karakter Musik Jazz, Siapa Musisi Icon-nya?

Musik merupakan salah satu seni yang dapat kamu lakukan, mendengarkannya, dan membuatnya. Musik merupakan pekerjaan, hobi, bakat bagi banyak orang di luar sana. Banyak orang yang mengatakan bahwa musik itu adalah bakat yang harus dikejar, ada juga yang mengatakan musik adalah bakat keturunan dari keluarga. Contohnya musisi, mereka memiliki banyak sekali bakat seperti menyanyi, memainkan alat musik, hingga penulis lagu. Seorang musisi juga tidak hanya menyanyi, banyak dari mereka yang bisa melakukan semuanya dalam dunia musik. 

Musik memiliki genre-genre di dalamnya. Genre adalah pembagian dalam suatu bentuk seni menurut kriteria keunikan yang sesuai dari setiap genre tersebut. Genre-genre ini adalah Pop, Rock, Alternative, R&B, Classical, Blues, Hip-Hop, Dangdut, Pop Rock and Jazz. Dari beberapa yang sudah disebutkan, sebenarnya masih banyak sekali genre yang belum disebutkan. Tetapi untuk kali ini, kita akan membahas genre musik Jazz! Apa sih musik Jazz itu? 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setiap genre musik memiliki kriteria, deskripsi dan keunikannya masing-masing. Contohnya saja musik pop yang gampang dan enak untuk didengar dan memiliki melodi yang asik, musik rock yang sangat totalitas banget, musik classical yang bernuansa lagu-lagu era dulu, dan masih banyak lagi. Untuk musik jazz sendiri, adalah genre musik yang didalamnya memiliki harmoni, improvisasi, dan dimainkan oleh alat musik tertentu. Alat-alat musik ini sering kali digunakan untuk alat musik jazz, seperti terompet, piano dan gitar. Kamu pernah dengar lagu dari musik jazz belum? 

Sejarah Jazz 

Piano Abstract Illustration
Piano Abstract Illustration. Photo: iStock

Musik jazz seringkali dikatakan sebagai salah satu genre musik yang mementingkan unsur improvisasi. Musik jazz juga jenis musik yang dapat meluapkan semua jenis emosi, mulai dari bahagia, sedih, hingga emosi-emosi yang tidak dapat diekspresikan atau dikatakan dalam kata-kata. Genre musik ini pertama kali ditemukan dan dikembangkan oleh orang Afrika-Amerika pada tahun 1860-an. Lalu, musik ini konon terpengaruhi oleh budaya Eropa dan Afrika sehingga terbuatnya jazz. Sejak dulu, salah satu keunikan dari musik jazz ini adalah alat musik yang digunakan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, alat-alat musik ini termasuk terompet, gitar, dan piano.

Baca Juga :

Perkembangan 

Piano, One of the instruments of Jazz
Piano, One of the instruments of Jazz. Photo: iStock

Setelah hampir 2 abad telah berlalu, perkembangan dalam dunia musik sangat berkembang dengan cepat dan selalu memiliki hal yang baru tanpa meninggalkan hal yang lama, salah satunya genre musik yang satu ini. Jazz merupakan genre musik yang sangat mengutamakan dan mementingkan improvisasi. Sejauh ini, improvisasi yang dilakukan selalu membuat musik jazz memiliki sensasi yang baru setiap saatnya, contohnya saja dengan gaya yang digunakan. Terdapat beberapa gaya yang digunakan dalam musik jazz, yang pertama ada Dixieland, yang kedua ada Swing, dan yang ketiga ada Bebop. Setiap gaya yang digunakan memiliki ciri khas dan kriterianya sendiri, contohnya saja seperti Dixieland yang berasal dari New Orleans. Gaya ini merupakan gaya dalam musik jazz yang ditemukan dan digunakan untuk pertama kalinya dalam sejarah musik jazz. Bagaimana tidak, Dixieland juga merupakan gaya yang paling terkenal di genre musik jazz.

Musisi dan Penyanyi Jazz 

Frank Sinatra on the Hollywood Walk of Fame
Frank Sinatra on the Hollywood Walk of Fame. Photo: iStock

Setelah kita mengulik sejarah dan asal mula jazz, saatnya mencari tahu siapa dibalik keindahan genre musik yang satu ini. Banyaknya, genre musik jazz memiliki musisi-musisinya di negara Amerika Serikat. Beberapa contohnya seperti Nat King Cole yang sudah memproduksi lagu-lagu yang sangat legendaris, salah satunya yang berjudul ‘L-O-V-E’ dan masih banyak lagi. Lalu, Frank Sinatra, Louis Armstrong, Billie Holiday, David Foster, John Mayer, Michael Buble, dan masih banyak lagi. Tetapi, musisi dan penyanyi tersebut tentu bukanlah idola para masyarakat Indonesia tentunya, karena banyak sekali musisi dan penyanyi jazz di tanah air. Indonesia juga tidak kalah banyaknya dengan Amerika, musisi seperti Indra Lesmana, Andien, Tompi, Raisa, Maliq & D’essentials, Tulus, Ardhito Pramono, dan Monita Tahalea merupakan beberapa dari banyaknya musisi jazz di tanah air. Kalau kamu pilih siapa untuk jadi icon musik jazz di tanah air?

Kalau kamu mengidolakan siapa di musik Jazz?

Baca Juga :

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *